Manfaat Biji Selasih

Inilah Beberapa Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Anda tidak usah asing dengan biji yang berwarna hitam yang kecil ini dan juga di kelilingi warna putih bening di bagian luar. Biji ini merupakan selasih yang ukurannya sebesar wijen. Selasih ini sudah biasa di manfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai campuran minuman dingin sebagai pelengkap. Kalau ingin mencoba membuat biji selasih sendiri, selasih juga dapat di buat dengan bunga daun kemangi yang sudah kering.

Pada saat bunga kemangi sudah kering, maka akan mengeluarkan biji yang berukuran kecil dengan berwarna hitam. Untuk mendapatkan biji ini, maka bijinya harus di rendam dengan air, sehingga akan muncul seperti selaput di pinggirnya yang berwarna putih bening. Selasih ini yaitu tumbuhan terna yang banyak sekali di khasiatkan pada bagian buahnya, daunnya dan juga bijinya. Biji ini mempunyai nama ilmiah yaitu ocinum, selasih ini termasuk ke dalam kelompok pembagian terstruktur tentang tumbuhan yang berkerajaan plantae. Biji ini mempunyai khasiat rempah dan juga mempunyai rasa yang langu, manis, harum dan juga sangat menyegarkan. Salah satu dari jenis selasih ini ada juga yang bisa membuat orang mabuk, ada juga yang beranggapan bahwa ini berasal dari Negara india.

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

1. Mampu Mengurangi Efek Buruk Nikotin

Selasih ini juga sangat berperan penting di dalam meminimalisir efek yang negative dari nikotin yang di hirup bersama dengan rokok. Bagian dari tanaman ini yang dapat di gunakan yaitu daunnya.

2. Mampu Menguatka Imunitas Di Dalam Tubuh

Selasih juga sangat efektif di dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena oleh kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang ada di dalamnya.

3. Dapat Menyembuhkan Sembelit dan Perut Kembung

Biji selasih ini mempunyai efek karminatif. Efek inilah yang membantu menyembuhkan sangat banyak masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, berak tidak beraturan dan yang lain-lain. Untuk menyembuhkan radang lambung, anda hanya memerlukan 5 gram biji selasih, lalu di rebus bersama dengan 200 cc air, kemudian masukkan 1sdm madu, minumlah airnya pada saat masih hangat. mengkonsumsi ini pada saat pagi hari dan pada petang hari, masing-masing setengah.

4. Mampu Menyembuhkan Batuk

Biji selasih ini mempunyai antispasmodic yang berguna untuk membentu menyembuhkaan batuk rejan. Biji ini sudah tidak jarang di manfaatkan untuk ekspektoran maupun obat batuk. Caranya adalah, secangkir teh di campurkan dengan biji selasih.

5. Mampu Meredakan Stres

Biji ini mempunyai efek yang menenangkan dan juga bias untuk memperbaiki suasana hati, dan mampu menyembuhkan kelelahan, syaraf tegang, migraine dan juga depresi. Biji bunga kemangi ini jarang di gunakan sebagai bahan aromaterapi.

6. Meredakan Gangguan Pada Pernafasan

Minuman jahe yang di campurkan dengan biji selasih dan juga madu ini bisa di gunakan untuk obat alami di dalam mengatasi gangguan saluran pernafasan seperti penyakit brnkitis dan juga asma. Caranya dengan merebus kedua bahan itu bersama dengan segelas air dalam beberapa menit. Setelah dingin, lalu di saring airnya, keudian di tambahkan madu secukupnya.

7. Menyembuhkan Luka dan Infeksi Pada Kulit

Minyak alami yang ada dalam ekstrak biji selasih bisa di gunakan di dalam membantu proses untuk penyembuhkan infeksi kulit dan juga luka di bagian tubuh.

8. Menurunkan Kdar Gula Dalam Darah

Kemampuan biji selasih ini untuk membentu menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2, selasih ini juga sangat efektif di dalam mengontrol gairah makan.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.