Ingin Tahu Seputar dan Manfaat Blog? Wajib Baca Ini!

Posted on
blog
blog

Blog, kali ini artikel saya membahas tentang blog. Menurut Anda blog itu apa ya? apa manfaat dari blog? Nah,pasti bingung kan, di zaman serba canggih ini banyak teknologi yang bisa kita pelajari mulai dari internet,jaringan dll. Salah satunya yang dapat dipelajari yaitu blog. Blog adalah singkatan dari web log yang terdapat pada internet. Dulu blog itu sebagai sarana untuk menulis pengalaman mereka sendiri atau istilahnya diary yang dapat dibagikan secara online. Kini, blog sekarang selain berbagi pengalaman sendiri dapat digunakan untuk bisnis,mengisi waktu luang dll. Hm,ingin tahu seputar dan manfaat blog? Untuk selengkapnya,yuk simak artikel berikut ini!

  • Apa itu Blog ?

Blog adalah suatu web log atau website yang terdapat pada internet berupa halaman berisikan format tulisan dan gambar,atau jurnal. Tujuannya untuk berbagi situs, informasi, pengalaman, atau pengetahuan secara online. Biasanya dibagikan kepada para pengguna internet. Selain itu, blog juga dapat dijadikan sebagai bisnis baik individu atau perusahaan. Sekarang blog sudah trend, banyak orang memilih yang simple untuk mencari pendapatan dari menulis blog.

Selain blog ada juga namanya artikel. Artikel hampir sama dengan blog, Namun, bedanya kita hanya menulis di website orang lain dan halamannya lebih simple tidak ada kreasi background ataupun pengenal lebih detail tentang penulis. Tapi, sekarang sudah banyak orang yang menulis, baik di artikel maupun di blog. Di Indonesia ada sekitar 3 juta lebih yang menjadi seorang blogger. Nah, Anda pasti juga bingung kanpasti mendengar ada yang namanya blog,blogger ataupun blogging. Baik, Saya akan mengulas satu-satu pembahasan tersebut.

blogger
blogger

Blog :

Blog adalah sebuah halaman berupa tulisan secara online yang disampaikan para penulis blog,seperti yang dibahas di atas tadi.

Blogger :

Blogger adalah seseorang yang menulis di blog tersebut. Atau disebut sebagai pencipta tulisan itu sendiri.

Blogging :

Kegiatan seseorang atau para blogger ketika menulis di web log atau situs halaman online, biasanya sering disebut sebagai ngeblog.

  • Bagaimana Sejarah Blog ?

Sebenarnya blog sudah ada sejak dulu. Namun,belum direalisasikan oleh goggle. Blog pertama kali mun cul di tahun 1994, bernama Justn Hall yaitu links.net. kemudian kata “Web Log” muncul diprakarsai oleh Jorn Barger. Kemudian berkembang dan diakuisisi oleh google pada tahun 2002 bernama Blogger.com dan yang menciptakan adalah Pyra Labs. Saat itu lah banyak aplikasi open source yang diperuntukkan kepada pengguna blogger.

  •  Kapan Blog Berkembang di Indonesia?

Blog pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1998, dibagi menjadi 3 generasi yaitu tahun 1998-2001 generasi kedua 2001-2002 generasi ketiga mulai di tahun 2004 kemudian berkembang sampai saat ini. Tahukah Anda, ternyata blog pertama kali yang memprakarsai adalah Enda Nasution yang disebut “Bapak Blogger Indonesia” http://enda.goblogmedia.com/. Inilah yang membuat blog menjadi lebih berkembang dan sebagai peluang bisnis bagi para penulis yang ingin mengembangkan hasil karyanya di situs online.

Saat ini sudah banyak para blogger, sehingga mereka membuat komunitas blogger karena memiliki tujuan tertentu untuk menncapai kesuksesan bersama. Dari adanya komunitas blogger ini, mereka bisa saling berbagi pengalaman dalam karya tulisannya. Mereka juga membuat komunitas blogger berdasar kesamaan tertentu, seperti hobby,asal daerah,kampus dll. Dalam acara komunitas blogger menjalin kegiatan bersama dan menambah keakraban. Banyak manfaat yang didapatkan ketika menjadi seorang blogger dan mengikuti komunitas blogger. Tapi, biasanya untuk menjadi komunitas blogger harus memenuhi tujuan tertentu.

Menjadi seorang blogger tentu bermanfaat baik untuk dirinya, pendapatan ataupun orang lain khusunya anak muda. Di zaman serba canggih ini banyak anak muda yang tertarik dengan teknologi dan akses internet sehingga mereka bisa berpeluang menjadi blogger muda dan professional. Selain itu agar mereka tidak hanhya memanfaatkan sebagai social media saja,tapi juga berbagi pengalaman dan menambah wawasan.

  • Manfaat dan Tujuan Menjadi Blogger

menjadi blogger
menjadi blogger
  1. Sebagai Sarana Hobi atau Menulis Diary

Para blogger mereka sangat hobi dalam ngeblog karena dapat menulis diary mereka,biasanya yang mereka tulis itu berupa diary atau pengalaman yang ekstrim atau menegangkan.

  1. Mengisi Waktu Luang dan Menambah Wawasan, Baik yang Update

Para blogger, kenapa mereka berhasil menjadi blogger? Karena dalam hidupnya mereka memiliki waktu luang yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan ngeblog, sehingga mereka selain mengisi waktu luang juga  bermanfaat bagi dirinya untuk menambah wawasan. Selain itu, mereka njuga mengetahui seputar informasi terkini dan update karena mereka selalu membaca blog baik milik pribadi taupun orang lain.

  1. Bisa Dijadikan Ilmu Marketing

Nah, Selain menjadi hobi dan medapat wawasan secara tidak disadari, Anda juga mendapatkan pengetahuan seputar ilmu marketing. Dengan Anda ngeblog setiap hari perlahan Anda sudah mengetahui teknik marketing terutama dalam mempromosikan barang. Karena Anda pasti tahu kan bagaimana cara membuat posting agar menarik banyak orang, memberikan mangfaat dalam social media,meningkatkan traffic sehingga banyak pengunjung yang datang ke blog Anda dll.

  1. Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

Mereka yang ahli ngeblog atau para blogger, mendapatkan penghasilan dari hasil ngeblog. Mereka tidak perlu bersusah payah untuk mencari pekerjaan diluar,cukup dengan bermodal laptop/komputer dan jaringan internet. Mereka juga bisa negblog kapan dan dimana saja sesuai yang mereka inginkan. Pemghasilan pun juga bertambah. Selain itu, ngeblog adalah tujuan utama untuk terjun ke bidang lain  seperti bisnis online,marketing,ataupun menjadi youtuber. Semua itu harus didasari dengan rajin menulis atau ngeblog. Bagaimana, Tertarik bukan?.

  1. Memberikan informasi dan Jasa Seputar hasil Ngeblog

Nah,selain mendapat penghasilan, dengan rajin ngeblog kita juga mendapatkan informasi update dan terkini. Kita juga lebih semangat ngeblog untuk mencapai hasil terbaik, berlomba-lomba agar mendapat traffic atau pagerank yang banyak. Traffic adalah agar nama kita bisa terkenal di google sehingga hasil blog kita bisa mendapat rank pertama dalam pencarian google yang sesuai dengan SEO.

  1. Menjadi Blogger Selalu intropeksi Untuk Lebih Baik dan Bermanfaat Bagi Orang Lain

Menjadi seorang blogger mereka juga punya pahala sendiri loh,hehe, Karena mereka memberikan informasi,pengetahuan atau pengalaman kepada orang lain, sehingga para pembaca menjadi tahu seputar informasi yang mereka dapatkan dari blog. Yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, Nah,apakah itu bukan amalan kebaikan? Sehingga blogger juga mendapatkan pahala kan, kaena memberikan informasi yang jelas melalui tulisan.

Nah, bagaimana dengan penjelasan di atas, apakah Anda tertarik dan ingin menjadi seorang blogger? Jika Anda memiliki niat,tekad dan usaha yang keras, pasti Allah memberikan jalan bagi Anda. Karena di dunia ini tidak ada yang mustahil bagi Allah. Insyallah pasti keinginan Anda tercapai.

Sekian artikel saya,semoga bermanfaat dan mendapat pengetahuan bagi Anda.