hewan terbesar di dunia

Hewan Terbesar di Dunia Yang Membuat Merinding

Posted on

Dunia adalah tempat tinggalnya seluruh makhluk hidup. Jadi dunia itu dipenuhi dengan seluruh makhluk hidup, baik yang paling kecil bahkan sampai yang paling besar. Nah, jika membandingkan diri kita dengan hewan terbesar di dunia, kita akan merasa seperti semut, tidak ada apa-apanya.

Apa saja hewan terbesar di dunia?

  1. Paus biru (Balaenoptera Musculus)

paus biru

Mamalia laut ini adalah hewan yang paling besar di dunia. Bahkan dikatakan lebih besar dari pada dino saurus. Paus biru memiliki panjang lebih dari 30 meter dan memiliki berat sekitar 200 ton. Jantungnya saja berukuran sebesar mobil, yang beratnya sekitar 600 kg.

Dan jantungnya akan berdetak setiap 10 detik. Kalau lidahnya memiliki berat sekitar 2.7 metrik ton atau setara dengan berat gajah Asia. Mereka akan bertahan hidup dengan cara melakukan pertukaran oksigen. Mereka melakukan pertukaran oksigen dengan cara yang cepat dan efisien.

Paus biru dapat menyelam selama sekitar satu jam 100 meter di bawah laut. Sehinga paus biru memilik paru-paru yang efisien. Kelemahan dari paus biru adalah mereka tidak memiliki penglihatan yang baik. Sedangkan mulutnya mampu untuk menampung 100 manusia, sehingga setiap menangkap mangsa hingga 6.000 Kg krill.

  1. Beruang Kutub dan Beruang Coklat

beruang kutub

Dua karnivora ini juga termasuk hewan yang paling besar di dunia. Beruang kutub memiliki berat sekitar 1000 Kg. Sedangkan beruang coklat memiliki berat sekitar 1.135 Kg. Sebenarnya dua karnivora ini adalah hewan yang sangat menakjubkan.

Dengan bulunya yang lebat dan lucu, sehingga seakan-akan ingin memeluknya. Tapi yang harus kamu ketahui, beruang bukanlah hewan yang jinak dan sulit untuk dijinakkan. Seandainya sudah jinak pun harus tetap berhati-hati dengan karnivora yang satu ini. Karena jika sudah membuat hatinya tidak enak maka hewan ini akan langsung menyerang pada sesuatu yang dianggapnya adalah musuhnya.

  1. Salamander China

salamander china

Salamander ini termasuk salamander terbesar di dunia. Tingginya saja mencapai 180 Cm. Dan beratnya mencapai 52 Kg. Tapi sayangnya salamander china ini sudah sangat jarang di temukan dan sudah terancam punah. Penyebabnya adalah perburuan ilegal dan polusi yang menyerang salamander.

  1. Buaya air asin (Crocodylus Pororus)

buaya air asin

Buaya air asin adalah reptil terbesar yang pernah ada di dunia ini. Reptil ini pertama kali di temukan di Australia bahkan sampai di Asia Tenggara dan India bagian selatan. Beratnya mencapai 1000 Kg, tapi kalau buaya yang sudah dewasa beratnya mencapai 1000 Kg lebih. Untuk ukurannya memiliki panjang mencapai 6 meter. Buaya ini cukup mengerikan, karena setiap ada mangsa yang mendekati atau memasuki daerah kekuasaanya, buaya air asin ini akan langsung memburunya baik itu di daratan ataupun di air.

  1. Gajah Laut di Kutub Selatan

gajah laut

Gajah laut ini juga termasuk karnivora terbesar di dunia. Hewan ini memiliki ukuran sangat besar, dan berat betina dengan jantan itu berbeda jauh. Kalau yang betina berbobot 500 sampai 900 Kg, sedangkan yang jantan beratnya mencapai 2.000 sampai 4.000 Kg. Dan panjangnya mencapai 5 sampai 6 meter. Makanan gajah laut adalah ikan-ikan dan cumi-cumi. Jadi gajah laut selalu menyelam untuk mencari mangsa.

  1. Gajah Afrika

gajah afrika

Gajah Afrika adalah makhluk darat yang paling besar di dunia. Gajah Afrika yang betina memiliki bobot hingga 3 ton dan tingginya mencapai 5.5 sampai 7 meter. Sedangkan gajah Afrika yang jantan memiliki bobot hingga 6 ton dan tingginya mencapai 7.5 meter. Hewan ini tidak memiliki predator alami, penyebabnya adalah ukurannya yang terlalu besar, sedangkan anak gajah Afrika yang baru lahir biasanya akan menjadi sasaran mangsa untuk Hyena.

  1. Anaconda Hijau

anaconda hijau

Ular terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang adalah ular Anaconda Hijau. Ular ini hidup di sungai tropis dan yang paling banyak hidup di sungai Amazon. Berdasarkan penemuan, ular ini memiliki panjang hingga 7.5 meter dan berta sekitar 250 Kg. Hewan ini cenderung lebih suka bersembunyi di rawa. Dan jarang untuk keluar dari sungai, kecuali jika mangsanya ada di luar sungai.

  1. Hiu Paus

hiu paus

Hiu paus termasuk jenis hiu terbesar di dunia. Dan hiu paus masih hidup hingga saat ini. Tapi yang berbeda dari hiu ini adalah ia tidak seperti hiu yang lainnya yang terkenal agresif dan pemangsa. Justru hiu paus ini berenang sangat lambat dan mangsanya adalah plankton. Berat paus ini mencapai 15 ton, dan mereka hanya mampu hidup hingga 70 tahun.

  1. Kura-kura Galapagos

kura-kura galapagos

Kura-kura ini adalah kura-kura terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini. Kura-kura ini ditemukan pertama kali di pulauSsanta Cruz, kepulauan Galapagos. Hewan ini memiliki bobot hingga 250 Kg. Dan mereka hidup lebih dari 100 tahun.

  1. Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea)

penyu belimbing

Penyu ini adalah penyu terbesar yang pernah ada di dunia dan hingga saat ini penyu belimbing masih hidup. Penyu ini sudah di juluki dengan penyu penjelajah lautan. Dan penyu belimbing memiliki panjang hingga 3 meter dan beratnya mencapai 900 Kg.

Itulah hewan terbesar di dunia sesuai dengan jenisnya masing-masing. Jika kita sudah pernah bertemu dengan hewan terbesar di atas, mungkin kita tidak akan percaya. Karena hewan biasa yang kita lihat tidak sebesar hewan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat.