Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Waspadai Gejala Awal Gagal Ginjal

Posted on

 

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal mengalami kegagalan dalam menjalankan fungsinya. Jika tidak segera diobati akan menimbulkan berbagai masalah, bahkan bisa menimbulkan kolpikasi yang serius. Oleh karena itu, sangat penting mengenali gejala gagal ginjal sejak awal supaya tidak terlambat dalam menanganinya.

Apa Gagal Ginjal Itu?

Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Letak ginjal, yaitu terletak di kedua sisi tulang belakang, lebih tepatnya terletak di atas pinggang. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah, ginjal akan memisahkan limbah beracun, mengatur keseimbangan cairan elektrolit dan juga mengontrol keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Ginjal juga berfungsi memprodukdi hormon dan enzim yang dapat membantu dalam mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah dan juga menjaga tulang tetap kuat.

Apabila ginjal gagal dalam menjalankan tugasnya, artinya ginjal tidak bisa menyaring kotoran yang ada di dalam tubuh, tidak bisa mengendalikan tekanan darah, dan juga tidak bisa mengontrol jumlah air yang ada di dalam tubuh. Sehingga membuat racun dan cairan berbahaya akan menumpuk di dalam tubuh dan akan berakibat fatal jika tidak segera di obati.

Ada Berapa Tahap Gagal Ginjal Itu?

Gagal ginjal terbagi menjadi 2 tahap, yaitu:

Penyakit Gagal Ginjal Akut (GGA).

GGA terjadi ketika ginjal tiba- tiba mengalami kerusakan dan secara mendadak sehingga tidak berfungsisebagaiman mestinya.

Penyakit Gagal Ginjal Kronis (GGK).

GGK terjadi ketika fungsi ginjal mulai menurun secara progsesif dalam waktu beberapa bulan atau beberapa tahun yang sering hilang timbul. Pada umumnya GGK timbul karena kerusakan ginjal yang sudah parah dan juga bersifat permanen.

Penyebab Gagal Ginjal Akut.

Ada 3 hal yang menyebabkan cedera ginjal umum, yaitu:

  • Kurangnya aliran darah menuju ginjal.
  • Kerusakan langsung pada ginjal.
  • Penyumbatan urin ginjal.
  • Trauma cedera dengan kehilangan darah.

Para atlit yang tidak cukup minum biasanya menderita gagal ginjal akut. Hal ini disebabkan oleh kerusakan jaringan otot secara mendadak, sehingga melepaskan sebagian besar protein ke dalam aliran tubuh atau bisa disebut myoglobin yang dapat merusak ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal Kronis.

  • Gagal ginjal kronis terjadi saat ginjal mengalami kerusakan dan penurunan fungsi setelah lebih dari 3 bulan. Penyakit yang satu ini sangat berbahaya, karena mungkin saja anda tidak memiliki gejala gagal ginja apapun sampai akhirnya menjadi parah.
  • Penyebab umum gagal ginjal kronis adalah diabetes (tipe 1 dan 2), dan juga tekanan darah tinggi. Sedangkan secara umum penyebabnya adalah:
  • Kondisi system kekebalan tubuh (lupus) dan penyakit viru kronis (HIV/AIDS, Hepatitis B, Hepatitis C).
  • Infeksi saluran kemih di dalam ginjal (pielonefritis).
  • Peradanga pada filter kecil (glomeruli) yang terjadi setelah infeksi strep dan kondisi lain yang tiketahui penyebabnya.
  • Penyakit ginjal polikitis, yaitu di mana kista berisi cairan yang terbentuk di ginjal dari waktu ke waktu.
  • Cacat bawaan, cacat ini kadang di temukan saat bayi masih dalam kandungan, sering diperbaiki melalui pembedahan oleh ahli urologi obat dan racun.

Tahap akhir dari penyakit ini, yaitu sekitar 90% dari fungsi ginjal telah hilangg. Bagi orang yang mengalami gejala ini mungkin juga akan mengalami mual, muntah, lemas, kelelahan, sulit berkonsentrasi, kebingungan dan juga kehilangan nafsu makan. Untuk mendiagnosanya bisa dengan melakukan tes darah dan urin.

Gejala Awal Gagal Ginjal Yang Harus diwaspadai.

Gejala gagal ginjal sulit terdeteksi, karena penyakit ini dimulai dari gejala gagal ginjal yang ringan dan samar- samar. Perlahan tapi pasti penyakit ini akan bertambah seiring berjalannya waktu. Penderita gagal ginjal biasanya telah hidup bersama penyakit gagal ginjal selama beberapa tahun sebelum ciri- ciri gagal ginjal itu muncul. Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal yang harus diwaspadai.

Kelelahan.

Fungsi ginjal yang menurun menyebabkan penderitanya merasa lelah, lemah, dan sulit untu berkonsentrasi. Komplikasi lainnya adalah anemia yang dapat menyebabkan kelelahan dan juga kelemahan.

Kulit Kering Dan Gatal.

Gejala yang satu ini bisa menjadi pertanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai gagal ginjal stadium lanjut. Gejala ini muncul karena ginjal tidak lagi mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang ada di dalam darah.

Kencing Berdarah.

Ginjal yang sehat akan menjaga sel darah yang ada dalam tubuh, namun jika filter ginjal rusak maka sel dara akan bocor ke dalam urin. Namun, tidak semua kencing berdarah itu menjadi gejala gagal ginjal, bisa saja sebagai indikasi dari penyakit lainnya, misalnya batu ginjal atau infeksi.

Kencing Berbusa.

Busa berlebihan pada urin yang mengharuskan kalian untuk menyiramnya beberapa kali ini menunjukkan protein dalam urin. Busa yang ada pada urin bisa anda temui juga saat anda sedang mengocok telur. Karena protein yang biasa ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama pada teur.

Pembengkakan.

Pembengkakan biasanya terjadi pada kaki, tangan, lengan, bahkan wajah. Hal ini disebabkan oleh akumulasi cairan yang berlebih dalam tubuh. Penurunan fungsi ginjal menyebabkan retensi natrium yang dapat menyebabkan pembengkakan.

Nyeri Pinggang.

Para penderita gagal ginjal biasanya mengeluhkan rasa nyeri pada bagian piinggang kanan atau kiri. Karena letak ginjal berada pada sisi kanan dan kiri di atas pinggang maka rasa nyeri ini patut dicurigai.

Cara Memastikan Gejala Gagal Ginjal.

Tes laboratorium merupakan satu- satunya cara yang bisa anda lakukan untuk memastikan apakah anda mengalami gejala gagal ginjal atau tidak. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Selama ini perawatan hanya terfokus pad acara mengurangi gejala dan mengontrol perkembangan penyakit agar dapat mencegah komplikasi yang lebih serius. Yang terpenting sekarang adalah dengan memulai menerapkan gaya hidup sehat, terutama untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit ginjal.

Obat Gagal Ginjal:

Dialisi atau Cuci Darah.

Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Obat gagal ginjal ini sering juga disebut sebagai perawatan cuci darah, yang mana berfungsi untuk menyaring dan memurnikan darah menggunakan mesin. Cara ini dapat memperpanjang hidup anda, jika anda melakukannya secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mungkin anda juga bisa mengikuti diet rendah garam dan kalium sebagai pendamping obat gagal ginjal.

Transplantasi Ginjal.

Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Jika anda menggunakan cara ini anda harus menunggu lama untuk menerima donor ginjal yang cocok dengan tubuh anda. Keuntungan dengan melakukan cara ini adalah ginjalbaru yang anda miliki dapt bekerja dengan sempurna dan tidak lagi memerlukan cuci darah lagi.

Setelah melakukan operasi transplantasi ginjal anda harusmengambil obat imunosupresif. Obat- obatan memiliki efek samping dan ada beberapa obat yang dapat menimbulkan efek samping serius. Dan perlu diingat melakukan operasi transplantasi atau cangkok ginjal ini tidak selalu berhasil. Jadi, sayangi ginjalmu mulai sekarang!

Cara Mencegah Penyakit Ginjal:

Panduan Pola Makan.

Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Konsumsilah makanan yang sehat, perbanyak makan buah- buahan dan juga sayur- sayuran. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Anda dapat menerapkan diet DASH untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah bila anda mengalami hipertensi.

Apabbila anda ingin mengonsumsi kkeju, susu, atau produk lainnya pilihlah yang rendah lemak. Batasi juga asupan garam (maksimal 1 sdt), Gula (maksimal 4 sdm), dan lemak (maksimal 5 sdm).

Panduan Perubahan Gaya Hidup Sehat.

Gejala Gagal Ginjal
Gejala Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat menyerang siapapun. Untuk itu hindarilah faktor- faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit gagal ginjal, seperti diabetes dan juga hipertensi. Cukupi juga kebutuhan cairan dalam tubuh. Konsumsilah air 2 liter/hari. Cairan itu juga bisa anda daptkan dengan mengonsumsi sup, sayur dan juga buah- buahan.

Lakukanlah olahraga secara rutin. Dengan olahraga mampu menjaga berat badan tetap stabil dan juuga mampuu menurunkan tekanan darah. Berhati- hatilah dalam mengonsumsi obat- obatan, karena beberapa obat mengandung asam amino yang dapat mengganggu kerja ginjal.

Hindarilah rokok,karena rokok dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Hindari stress dengan melakukan beberapa hal yang mampu membuat anda senang, misalnya berolahraga, yoga, mendengarkan musik atau mengobrol dengan teman- teman.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai penyakit gagal ginjal. Kesehatan itu mahal, jadi mulailah pola hidup sehat agar badan tetap sehat, bugar dan kuat. Sayangi diri anda maka diri anda akan sayang pada anda.