Fakta Unik Ikan Arapaima
Fakta Unik Ikan Arapaima

Ini Dia Fakta Unik Tentang Ikan Arapaima!

Posted on

Ikan arapaima adalah ikan predator yang menghuni sungai amazon. Ikan yang satu ini sedang ramai dibicarakan, pasca pelepasan belasan ikan arapaima di Sungai Brantas, Mojokerto. Ikan arapaima memiliki ukuran tubuh yang besar sehingga membuat gempar masyarakat.

Menteri perikanan Indonesia melarang dengan tegas ikan arapaima hidup bebas di perairan Indonesia, sebab ikan ini dianggap dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Serta dapat menyebabkan populasi ikan lokal berkurang, karena menjadi santapan arapaima.

Fakta Unik Ikan Arapaima
Fakta Unik Ikan Arapaima

Nah, selain dianggap membawa dampak buruk untuk perairan Indonesia, ternyata ikan arapaima memiliki beberapa fakta yang menarik, lho. Kali ini kami akan memberikan beberapa fakta menarik tentang ikan arapaima. Berikut ulasannya!

Disebut Sebagai Monster Air Tawar.

Arapaima disebut sebagai monster air tawar salah satunya karena ukurannya yang sangat besar, dengan panjang rata- rata lebih dari 2 m dan beratnya lebih dari 100 kg.  Yang lebih mengejutkan lagi, ada ikan arapaima yang beratnya mencapai 200 kg dengan panjang tubuh lebih dari 4,5 m. Wow!!!

Namun data rekaman tentang arapaima terbesar itu sudah dicatat ratusan tahun silam, yaitu pertengahan abad 18. Untuk saat ini belum pernah dijumpai lagi ikan arapaima dengan ukuran lebih dari 2,5 m di alam bebas.

Dijuluki Sebagai Makhluk Jaman Kuno.

Ikan air tawar tropis ini berasal dari Amerika Selatan, ikan ini dianggap sebagai fosil hidup. Alasannya karena ikan arapaima memiliki karakter morfologis dan juga anatomi yang mirip dengan makhluk jaman kuno. Ada juga yang menyebutnya sebagai ikan piracucu. Ikan ini termasuk makhluk prasejarah, lho! Karena ia hidup di sungai amazon sejak priode jurasik.

Dikenal Sebagai Ikan Yang Rakus Dan Super Kuat.

Bentuk tubuhnya yang ramping dan efisien serta sirip pada punggungnya dan di daerah anal dan juga ekornya membuat ikan ini menjadi perenang yang kuat. Bahkan, ikan ini dapat melompat keluar dari air dan memakan mangsanya seperti burung, katak, belalang dan lain sebagainya. Karena kemampuan yang ia miliki ikan arapaima mampu membalikkan sampan nelayan yang ia tabrak. Wow, Benar- benar kuat bukan?

Arapaima juga disebut sebagai predator yang rakus karena ia membutuhkan banyak makanan untuk hidup, sehingga ikan ini dapat mengakibatkan ikan lokal megalami kepunahan. Selain itu, ikan arapaima juga dapat merusak ekosistem. Jadi wajar saja kalau ikan ini dilarang hidup bebas di perairan Indonesia.

Mampu Bertahan Tanpa Air Seharian.

Ikan arapaima dapat hidup di peraian yang minim oksigen. Ikan ini memiliki kemampuan dalam menghirup udara, setiap 10- 20 menit sekali arapaima akan berenang ke permukaan untuk bernafas. Hal ini dikarenakan iakn arapaima memiliki swim bladder atau kandung kemih yang telah dimodifikasi dan digunakannya sebagai paru- paru untuk bernafas.

Menjadi Lawan Yang Cukup Tangguh Bagi Ikan Piranha.

Ikan ini memiliki pertahanan yang sangat luar biasa salah satunya adalah memiliki sisik yang berwarna hijau kehitaman yang dilapisan luarnya termineralisasi keras dan juga bergelombang serta di bawahnya terdapat beberapa lapisan serabut kolagen. Hal ini membuat ikan arapaima terlindung dari gigitan piranha yang tajam, sehingga ikan arapaima mampu bertahan di sungai yang mana ikan lain tidak sanggup bertahan.

Memiliki Daging Yang Rasanya Enak untuk Dikonsumsi.

Ikan arapaima memang terkenal karena penampilannya yang seperti moster, namun dibalik semua itu ikan arapaima ternyata memiliki daging yang sangat lezat, lho. Selain rasa dagingnya yang enak lidah ikan ini dapat dijadikan sebagai obat cacing usus dengan dikombinasikan bersama guarana. Selain itu, sisiknya juga dapat dijadikan sebagai perhiasan. Wow, keren bukan?

Termasuk Spesies Yang Dilindungi.

Permintaan akan ikan ini membuatnya diburu banyak orang. Selain itu, ikan ini juga sering muncul ke permukaan sehingga sangat mudah untuk ditangkap. Hal ini menyebabkan ikan arapaima terancam punah, sehingga pemerintah Amerika menetapkan ikan arapaima sebagai spesies yang dilindungi.

Tidak Berbahaya Untuk Manusia.

Selama ini belum pernah ada laporan mengenai penyerangan arapaima terhadap manusia. Meskipun arapaima memiliki tubuh yang besar dan terkenal rakus namun ikan arapaima tidak berbahaya untuk manusia.  Penyerangan yang mungkin terjadi adalah ikan arapaima yang menabrak sampan nelayan sampai terbalik itupun arapaima tidak memakan nelayannya.

Jadi kalian tidak perlu takut dengan ikan yang satu ini, meskipun ia dijuluki monster air tawar tapi ia tidak berbahaya untuk manusia, kok. Jadi jangan khawatir yah kalau kalian melihat ikan yang satu ini!