ular anaconda

Fakta Mengejutkan Tentang Anaconda yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

Anaconda berasal dari negara Amerika Selatan, di bagian sebelah timurnya Andes. Tapi kebanyakan Anaconda hidup di sungai Amazon. Sebagian orang ada yang berkata bahwa ular ini juga ada di Kalimantan, tapi bukti nyata bahwa ular anaconda ada di Kalimantan belum terbukti. Ular anaconda tergolong ular boa. Yang mana ular boa terkenal dengan tubuhnya yang besar.

Ular anaconda dari masa purba sudah ada, bahkan sampai sekarang juga ada. Banyak yang bertanya bagaimana ular ini bisa mencapai dengan ukuran yang begitu besar. Pada saat zaman purba dahulu, banyak ular yang ukurannya lebih besar dari pada ular anaconda termasuk ular titanoboa. Tapi karena sudah banyak yang punah, maka sekarang anaconda tergolong ular yang berukuran besar.

Habitat ular anaconda berada di rawa-rawa dan semak belukar, karena mereka sangat suka dengan tempat yang berair dan banyak semaknya. Anaconda akan memulai proses reproduksi di saat mereka berusia masih muda. Untuk anaconda betina ukurannya lebih besar dari pada anaconda yang jantan. Ular anaconda betina ada yang beranak dengan cara bertelur ataupun melahirkan, tapi kebanyakan ular anaconda itu beranak dengan bertelur. Dan mereka mengalami masa kehamilan dalam waktu enam bulan. Yang mana mereka dapat beranak 40 ekor bahkan sampai 100 ekor.

Ketika anaconda baru lahir mereka dibiarkan beberapa jam dan setelah itu mereka sudah bisa berenang, berburu, dan merawat dirinya sendiri. Karena memang dari fisiknya saja anaconda yang baru lahir tubuhnya sudah panjang yaitu sekitar 60 cm. Tapi kalau mereka sudah melalui proses perkawinan mereka akan tumbuh dengan waktu yang lambat. Panjang tubuhnya bisa mencapai 8 meter kalau mereka sudah mencapai usia dewasa dan berbobot mencapai 250 kg. Dengan ukuran tubuhnya yang besar, menjadikan ular yang terpanjang dan tersbesar di benua Amerika.

Walaupun anaconda memiliki tubuh yang sangat besar, ular anaconda sama seperti ular python, mereka tidak memiliki racun tapi memiliki lilitan yang sangat kuat untuk memakan mangsanya. Nah, makanan ular yang satu ini adalah ikan, kura-kura, buaya, rusa, dan hewan pengerat lainnya.

Cara anaconda ketika akan memangsa makanannya, anaconda akan meremas mangsa terlebih dahulu sampai mati lemas kemudian langsung memakannya. Dan ular anaconda saat memakan mangsanya tidak dikunyah terlebih dahulu, karena gigi yang ada di mulut anaconda tidak berfungsi untuk mengunyah makanan, tapi berfungsi untuk menangkap mangsanya agar tidak mudah lepas.

Anaconda memiliki gigi yang banyak seperti jarum yang digunakan untuk memakan mangsanya yang telah di remas hingga mati. Agar anaconda bisa memposisikan tubuhnya untuk menggulung mangsanya. Fakta unik yang dimiliki ular anaconda ini adalah bagian kepala, yaitu anaconda memiliki mata dan lubang hidung di atas kepala. Fungsinya untuk mengambil udara ketika anaconda sedang berenang di atas air karena seluruh tubuh anaconda akan menyelam di dalam air. Maka dari itu pemangsa buas ini susah untuk dicari didalam air dan biasanya disebut dengan pemangsa semi-aukatik.

Biasanya anaconda akan makan dalam sehari sebanyak 20 kg. Dan setelah makan banyak, anaconda akan mampu bertahan hidup selama beberapa minggu tanpa makan. Anaconda tidak akan meninggalkan jejak ketika mereka melewati daratan. Dan hal tersebut akan mempersulit bagi para ilmuwan untuk menemukannya dan penelitiannya.

Jenis anakonda dibagi menjadi dua, ada anaconda raksasa berwarna hijau dan anaconda selatan yang berwarna kuning. Anaconda hijau memiliki nama Latin Eunectes murinus. Anaconda hijau identik lebih besar dari  pada yang berwarna kuning. Ular yang berwarna hijau memiliki totolan-totolan berwarna hitam dan berbentuk oval. Sedangkan anaconda yang berwarna kuning kehijauan memiliki totolan-totolan hitam yang tumpang tindih.

Walaupun anaconda memiliki tubuh yang besar yang mungkin saja dapat menelan tubuh manusia yang lewat. Tapi sebenarnya ular anaconda tidak se-agresif itu. Karena makanan utama anaconda adalah hewan ternak dan hewan pengerat. Anaconda adalah hewan pemalu yang sangat sering menyendiri dan mereka sangat pintar dalam bersembunyi. Sehingga sulit untuk ditemukan.