FAKTA MENARIK DARI PERKEMBANGAN PUBERTAS

FAKTA MENARIK! Tentang Perkembangan Pubertas

Posted on

Pubertas, kalau seseorang sudah memasuki masa ini maka inilah yang merupakan periode dalam rentang perkembangan pada seorang anak anak yang akan berubah menjadi seseorang yang tadi nya aseksual menjadi seksual. Pubertas sendiri di ambil dari bahasa latin yaitu artinya kedewasaan.

Pada masa pubertas maka seorang anak akan mengalami sebuah kematangan di organ reproduksinya. Serta, memiliki perubahan dalam pertumbuhan fisik dan juga dalam psikologisnya.

Perubahan hormonal dan juga tubuh merupakan hal yang terlibat dalam periode pubertas ini. kematangan fisik yang terjadi begitu cepat khusus nya masa masa remaja. Nah, disini pun saya akan menjelaskan tentang perkembangan psikoloogis pada saat masa pubertas.

 

Pada Masa Pubertas Terjadi Periode Tumpang Tindih.

Bingung apa maksudnya? Jadi guys, masa yang di sebut pubertas ini atau tumpang tindih karena pada masa itu remaja akan mengalami transisi dari anak anak akhir dan remaja sehingga jenis gangguan emosional pada anak akan sering terjadi. Sebelum seorang anak matang dalam segi seksual, maka dia akan di sebut anak puber. Saat anak sudah matang secara seksualnya maka baru akan berubah ke fase remaja.

 

Saat pubertas adalah periode yang singkat

Pubertas akan berlangsung dalam waktu singkat bisa kalian kita dua hingga empat tahun sehingga peran orang tua sendiri dalam perkembangan sosial emosional anak sangat penting dan di butuhkan.

Seseorang yang mengalami pubertas akan mengalami masa transisi tersebut kurang dari dua tahun. Maka dalam jangka itu akan di katakan cepat matang. Sedangkan untuk seorang anak sendiri butuh waktu hingga empat tahun akan di anggap lambat dalam pematangan. Dan dalam segi pekembangan pematangan nya pun anatar laki laki dan perempuan memiliki perbedaan, yaitu pada masa nya perempuan cenderung lebih cepat dibandingkan laki laki.

 

Pada Masa Puber Sendiri di Bagi Beberapa Tahap

  1. Tahapan pra-puber

Pada tahapan ini perkembangan dengan satu hingga dua tahun terakhir masa kanak- kanak yaitu bukan lagi seorang anak namun juga belum ke fase remaja. Jadi bisa dibilang ini adalah tahap pertengahan. Dalam tahap ini, ciri ciri yang bisa di tampilkan adalah seks sekunder bisa terlihat meski organ reproduksinya belum berkembnagn sepenuhnya.

 

  1. Tahapan puber

Tahap ini terjadi di garis pembagi antara sifat kekanakan dan masa remaja dimana kematangan seksual sudah bisa terlihat seperti menstruasi pada perempuan dan mimpi basah yang di alami laki laki. Dalam tahap ini pun, ciri seks sekunder sudah berkembang dan sel yang ada di reproduksi dalam organ seks serta gangguan psikologis bisa saja terjadi.

 

  1. Tahapan pascapuber

Tahap ini tentu akan terasa jika sudah melewati dua tahapan di atas guys. Tahapan ini juga berlangsung anatah rahun pertama atau kedua masa remaja. Dalam hal ini, ciri seks sekunder seseorang bisa berkembang dengan baik dan organ seks juga sudah berfungsi optimal atau matang.

 

 

Masa Puber = Masa Pertumbuhan

Perubahan pesat yang terjadi selama masa nya puber bisa menyebabkan keraguan, perasaan yang tidak nyaman dan tidak bisa mengendalikan diri dengan baik. Hal ini biasa nya orang orang menyebut dengan kata  “labil” atau “ ABG : anak baru gede”

Dan dalam masa pubertas ini lah seorang anak akan mengalami  banyak perubahan, mulai dari ketertarikan yang berbeda terhadap lawan jenis, pakaian, pilihan dan sebagainya.

 

Bagaimana menurut kalian sendiri? untuk yang sudah melewati masa pubertasnya. selamat datang di fase selanjutnya 🙂