resep diet praktis dan sehat
resep diet praktis dan sehat

Resep Diet Praktis dan Sehat, yang Wajib Kamu Coba!

Posted on

Resep diet praktis dan Sehat yang Wajib Kamu Coba – Buat kamu yang memiliki postur tubuh besar atau gemuk, seringkali mendengar kata diet itu pasti membuat dirimu sangat menakutkan. “Ah takut lapar, ah pasti menyiksa, ah diet itu pasti ketat, dan lain sebagainya. Namun ternyata melakukan diet tidak seperti apa yang kalian pikirkan, diet itu juga tidak harus ketat loh. Sangat banyak cara diet yang mudah untuk dilakukan dan bahkan sangat mudah untuk kamu lakukan dalam menjalankan program diet.

Apa saja sih cara diet yang praktis dan sehat untuk menurunkan berat badan dengan mudah yang dapat kamu lakukan di rumah? Penasaran? Langsung saja simak berikut ini:

diet praktis dan sehat
diet praktis dan sehat
  1. Mengkonsumsi Air Putih yang Banyak

Dengan kamu mengkonsumsi air putih yang banyak, sangat baik untuk tubuh kamu. Air putih dapat membuat metabolism tubuh tetap bekerja dengan baik. Dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan, ini adalah merupakan resep diet praktis dan sehat.

Mengkonsumsi air putih sebelum makan memiliki tujuan yaitu dapat menjadikan makan kamu lebih sedikit. Untuk pria membutuhkan minum air putih 3 liter di setiap harinya, sementara untuk wanita membutuhkan sekitar 2 liter air putih. Tentunya dengan semakin besar ukuran tubuhmu, juga semakin banyak pula air minum yang dibutuhkan.

  1. Mengkonsumsi Buah

Buah dapat disajikan sebagai hidangan penutup. Mengkonsumsi buah sangatlah baik dalam menjalankan program diet. Karena dengan mengkonsumsi buah setelah makan, dapat terhindar dari makanan penutup lainnya yang berkalori tinggi.

Serat yang dimiliki buah juga membuat kita lebih terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Paling tiak kita juga membutuhkan untuk mengkonsumsi empat buah di setiap harinya. Hal ini merupakan resep diet yang sederhana paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengkonsumsi Sayuran

Dengan mengkonsumsi sayuran disetiap harinya dalam menjalankan diet, tentunya hal ini merupakan pilihan yang tepat. Selain dengan mengkonsumsi buah, resep diet praktis dan sehat selalu menyertakan sayuran ke dalam menu makanan diet sehari-hari. Sayuran yang memiliki rendah karbohidrat dan rendah lemak sanagt baik untuk menunjang program diet dirimu. Hanya dengan butuh lima porsi sayuran pada setiap harinya, membuat tubuhmu selalu berenergi dan tidak mudah sakit.

  1. Memilih Lemak Baik

Mengkonsumsi lemak yang terdapat seperti pada minyak zaitun, alpukat dan kacang-kacangan sangat lah baik dan ini merupakan resep diet praktis dan sehat. Dengan memilih lemak baik akan menjaga kestabilan insulin dalam tubuh yang dapat mencegah terjadinya pertambahan berat badan.

  1. Mengkonsumsi Protein

Jika kamu mengkonsumsi karbohidrat yang terlalu banyak dapat mempercepat naiknya berat badan. Sehingga kamu hanya perlu mengganti karbohidrat dengan protein. Jadi perlu di pastikan jika kebutuhan protein kamu tercukupi di setiap harinya, bila perlu kamu dapat mengganti karbohidrat dengan mengkonsumsi protein. Kenapa kita harus lebih memilih protein? Karena protein dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Sekaligus dengan protein mampu untuk menjadikan sumber energi bagi tubuh kita.

Kalau mengkonsumsi karbohidrat yang tak terpakai akan berubah menjadi gula. Namun tidak seperti protein. Maka dari itu, untuk mempercepat kurus secara alami, sangatlah penting untuk memperbanyak mengkonsumsi protein pada setiap harinya.

Resep diet praktis dan sehat jangan membuat pola hidup yang kamu jalani menjadi tersiksa. Kalau kamu pandai dan cermat dalam memadukan aneka menu makanan yang rasanya lezat, kamu pasti tak akan merasa tersiksa ketika diet. Zaman sekarang ini, sangat banyak lho makanan sehat dan bergizi yang dapat memuaskan seleramu tanpa harus takut kalori berlebihan.

Demi menurunkan berat badan dengan secara permanen, sebaiknya menurunkan berat badan secara perlahan. Nah, ada kabar baiknya nih. Banyak ahli yang berpendapat, bahwa kita bisa mendapatkan tubuh yang langsing tanpa harus melakukan “diet”.

Hanya cukup melakukan sedikit perubahan secara sederhana dalam gaya hidupmu. Memiliki tubuh langsing bukan hanya impian belaka. Setengah kilogram lemak sama dengan 3500 kalori. Mengurangi 500 kalori per harinya dapat melalui kombinasi diet dan olahraga. Dengan demikian itu, kita bisa mengurangi 0,5 kilogram lemak dalam seminggu.

Nah, buat kamu yang bosan dengan berbagai metode diet dan memiliki keinginan berat badan turun secara permanen, kamu hanya perlu melakukan cara-cara dibawah ini yang mampu membantumu untuk mendapatkan berat badan ideal tanpa harus melakukan pendietan.

berat badan ideal tanpa harus melakukan pendietan
berat badan ideal tanpa harus melakukan pendietan
  1. Jangan lupa sarapan untuk Resep Diet Praktis dan Sehat

Sarapan adalah faktor yang paling terpenting untuk membuat berat badanmu tetap stabil. Jika kamu memiliki keinginan berat badan turun secara permanen, maka jangan lupa untuk sarapan ya!

“Banyak dari sebagian orang yang berfikir bahwa dalam melewatkan sarapan merupakan cara yang bagus untuk mengurangi kalori. Tapi biasanya, bagi mereka yang makan lebih banyak sepanjang hari”. Inilah ungkapan dari Elizabeth Ward.

  1. Atur Jadwal Makan

Tentukan waktu dimana kamu harus berhenti makan. Dengan seperti ini, kamu tak lagi tergoda pada makanan saat larut malam, atau pada cemilan ketika menonton televise. Menurut ahli gizi kesehatan, dengan semangkuk kecil es krim atau yogurt beku adalah makanan yang baik dikonsumsi jika kamu ingin menikmati makanan yang manis.

  1. Berhati-hati dengan Minuman Berkalori

Mengkonsumsi minuman yang manis dengan mengandung kalori tinggi, tidak mampu untuk mengurangi rasa lapar seperti makanan padat. Jika kamu merasa kehausan, lebih baik mengkonsumsilah air putih, air jeruk, susu rendah lemak, serta jus buah murni dalam porsi kecil.

Jika merasa lapar sebelum jam makan tiba, cobalah untuk mengkonsumsi segelas jus sayuran yang bergizi dan rendah kalori untuk menunda rasa lapar.

  1. Kurangi Porsi

Jika kamu tidak tertarik dengan cara lain untuk mengurangi berat badan, kamu dapat mencoba langkah yang satu ini. Cobalah untuk mengurangi porsi makan sebesar 10-20 persen. Sebagian porsi yang disajikan entah di restoran, maupun di rumah lebih besar dari yang kita butuhkan. Namun tetap mencobalah untuk mengurangi porsi makanmu.

  1. Kontrol Lingkungan

Strategi yang lainnya adalah mengendalikan lingkungan. Kamu dapat memulainya dengan memasak sendiri, daripada membeli makanan di restoran. Berarti, kamu harus bisa menghindari godaan restoran yang banyak menyediakan berbagai  jenis makanan yang dapat menggoda lidah.

Bagaimana nih, dengan artikel resep diet praktis dan sehat? Kamu masih berfikir bahwa diet itu susah? Pasti tidak kan. Maka dari itu mencobalah resep diet praktis dan sehat diatas agar dapat menurunkan berat badan cepat terjadi.

Semoga resep diet praktis dan sehat yang kami posting ini dapat membantu untuk memudahkan Anda dalam hal menurunkan berat badan. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, dadah..