dampak pemanasan global
dampak pemanasan global

Mari Ketahui Tentang Dampak Pemanasan Global

Posted on

Mari Ketahui Tentang Dampak Pemanasan Global

Hai kawan, sahabat membaca jempol tangan dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang dampak pemanasan global. Dampak ini perlu kita ketahui karna, dampak pemanasan global sangat membahayakan bagi kesehatan bumi dan juga berdampak pada seluruh makhluk yang ada di bumi.

Pemanasan global juga sudah didefinisikan banyak oleh para ahli bahwa pemanasan global adalah hal yang paling penting dalam pembahasan seputar pemanasan global. Maka dari itu, saya disini mau membahas tentang pemanasan global. Sebelum kita kedampak pemanasan global kita membahas pengertian pemanasan global, apa itu pemanasan global?

Pemanasan global atau biasa disebut dengan global warming, merupakan termasuk peristiwa alam yang besar karna pemanasan ini memiliki dampak yang sangat luar biasa, bukan hanya dampaknya yang signifikan, tapi juga semua lingkup wilayah yang  luas. Maka dari itu, pemanasan global merupakan peristiwa yang harus kita perhatikan dan demi menyelamatakan makhluk yang ada dibumi.

Mengingat pemanasan global ini dapat menimbulkan akibat yang sangat signifikan, kita disini akan membahas secara lengkap mengenai dampak pemanasan global. Berikut ini adalah beberapa dampak dari pemanasan global,

Dampak terhadap iklim dan cuaca

iklim dan cuaca
iklim dan cuaca

Pemanasan global ialah, peristiwa yang panasnya melebihi suhu rata-rata dipermukaan bumi atau kerak bumi yang bisa menyebabkan bumi menjadi lebih panas. Dan dari situlah, disadari atau tidak disadari pemanasan global akan mempengaruhi iklim dan cuaca. Adapun beberapa dampak pemanasan global pada iklim dan cuaca sebagai berikut,

  • Cuaca yang tidak menentu

Cuaca ini termasuk salah satu dampak pemanasan global, karna ini yang paling terasa dan mencakup iklim dan cuaca yang akan menjadikan cuaca tidak bisa diprediksi. Seperti kita sangat sullit untuk memprediksi cuaca yang akan terjadi dalam waktu tertentu. Karan, ketika memprediksi hari ini akan cerah ternyata tiba-tiba turun hujan.

Karna, hal ini menyebabkan kesulitan untuk melakukan ramalan cuaca. Seperti yang kita ketahui bahwa cuaca adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya untuk penyelenggara acara, event, dan acara lainnya. Cuaca juga sangat penting lagi bagi pilot untuk melakukan penerbangan, karna apabila cuaca tidak dapat dipredeksi akan menyebabkan kecelakaan.

  • Musim yang tidak datang sesuai musimnya

Musim yang tidak sesuai ini juga termasuk dampak dari pemanasan global. Karna biasa waktu musim datang dengan secara teratur menurut tanggal jadi, kita bisa memprediksi kapan akan menjumpai musim tertentu. Tapi, akhir-akhir ini musim tidak sesuai dengan masanya karna sekarang pemanasan global sudah memasuki  bumi.

Musim yang ada dibumi mulai datang secara tidak beraturan dan tidak sesuai dengan masanya. Seperti sekaramg ini seharusnya musim hujan tapi masih aja musim panas.

  • Cuaca atau iklim mulai terasa lebih panas

Cuaca yang lebih panas ini juga merupakan dampak dari pemanasan global, karna cuaca panas sekarang ini melebihi cuaca panas biasanya. Karna, ketika pemanasan  terjadi itu akan membuat kulit terasa terbakar dan cepat merasa panas dan gerah.

  • Musim panas dan musim hujan tidak sesuai lamanya

Musim panas dan hujan tidak sesuai lamanya karna, pemanasan global yang sudah melanda dibumi. Seperti diindonesia sekarang ini, seharusnya sekarang musim hujan tapi musim panas masih berlangsung. Seharusnya musim hujan dan panas itu berlangsung sama yaitu selama 6 bulan.

Nah, inilah pemanasan global yang dampaknya mempengaruhi pada cuaca dan iklim bukan hanya di indonesia saja, tapi juga terjadi dibelahan bumi lainnya.

Dampak pada kenaikan air laut dan keadaan laut

dampak pada air laut
dampak pada air laut

Pemanasan global juga mempengaruh pada peristiwa  alam dan juga mempengaruhi berbagai segi yang ada di bumi, salah satunya yaitu dari segi permukaan ekosistem permukaan laut. Karna, air laut merupakan sumber kehidupana bagi ekosistem yang ada dilaut, adapun dampak dari pemanasan global yang terjadi dilaut adalah sebagai berikut:

  • Permukaan air laut mengalami kenaikan

Permukaan air lau mengalami kenaikan ini termasuk salah satu pemanasan global yang terjadi dilaut. Kenaikan air pada permukaan laut memang tidak terlalu banyak tapi lama-kelamaan air laut pada permukaan laut ini akan kita rasakan. Seperti, banyaknya tempat yang dulunya ada sekarang tidak ada karna terkena air laut, lalu terjadibanjir dibeberapa tempat yang mengakibatkan pulau-pulau kecil tenggelam.

Bila es yang ada dikutub mulai mencair karna adanya pemanasan global. Maka dengan kondisi bumi yang masih panas maka, gunung- gunung es yang ada dibumi mulai longsor dan mencair. Ketika es-es yang ada dikutub mencair maka itu akan menambah volume air laut dan menjadikan air laut bertambah naik akibat bertambahnya volume air.

  • Suhu permukaan air laut mulai meningkat

Terjadinya perbedaan suhu pada permukaan laut ini juga disebabkan oleh pemanasan global. Pemanasan global yang terjadi pada permukaan laut ini mengakibatkan air laut menjadi lebih hangat dari biasanya. Air lait ini menjadi hangat dikarenakan cuaca di bumi semakin panas. Dan air laut menjadi hangat ini membawa perubahan pada ekosistem air laut.

  • Banyaknya pulau yang tenggelam

Dampak pemanasan global selanjutnya adalah berkaitan dengan air laut yang menjadikan pulau-pulau meghilang atau tenggelam. Bila air laut akan terus naik maka pinggiran laut juga akan tenggelam. Apabila permukaan air laut ini terus menerus naik maka kemungkinan pulau-pulau besar juga akan ikut tenggelam. Dari situlah kita wajib menjaga dan melakukan pencegahan terjadinya pemanasan globar terjadi terus menerus yang akan menambah parah.

  • Binatang yang ada dilaut akan mati

Akibat dari pemanasan global ini juga bisa membunuh semua ekosistem atau makhluk hidup yang ada dilaut yang habitatnya dibawah laut. Dan tidak semua ekosistem yang ada dilaut ini tahan terhadap suhu air laut yang hangat, akibatnya ekosistem yang ada dilaut tidak dapat bertahan dan akan mati.

Pemanasan global juga bisa memicu terhadap terjadinya peristiwa laut yang menjadi pembunuh masal bagi ikan-ikan yang ada di laut.

Dampak terhadap lingkungan

dampak pada lingkungan
dampak pada lingkungan

Dampak pemanasan global terhadap lingkungan itu sangat memungkinkan karna, pemanasan global sangat mempengaruhi keadaan disekitar lingkungan kita. Karna, pemanasan global sangat terasa di daratan. Dampak yang terjadi di lingkungan kita adalah sebagai berikut:

  • Suhu udara yang semakin terasa panas

suhu atau oksigen itu selalu mengikuti kita kemana-mana karna, kalo tidak ada suhu atau oksigen kita semua tidak bisa bernafas. Ini termasuk salah satu pemanasan global, namun pemanasan global ini berbeda dengan panas teriknya matahari. Panas akibat pemanasan global ini lebih menggigit kulit dan membuat kita merasa gerah.

Walaupun kita sudah menyalakan kipas tetap saja terasa panas, karna seakan-akan kipas ini tidak mempunyai fungsi apa-apa.

  • Banyaknya terjadi kebakaran

Selain dampak yang tadi, ini juga bisa menyebabkan kebakaran, karan awalnya kebakaran ini dipancing dengan adanya cuaca yang sangat panas karan panasnya terik matahari yang bisa membuat kebaran pada hutan.jadi, tidak usah heran apabila terjadi kebakaran yang awet karana dipengaruhi oleh beberapa hal yang menjadikannya awet.

Namun dampak ini bisa menyebabkan manusia merasa resah karna kejadian seperti ini bisa mengganggu keberangakatan pesawat dan menyebabkan penyakit pernafasan.

  • Udara jarang terasa dingin

Dampak lainnya dari pemanasan yaitu hawa atau udara jarang terasa dingin. Pada waktu yang lalu kita bisa merasakan dingin diwaktu musim dingin tapi sekarang musim dingin rasanya hampir sama dengan musim kemarau. Dan udara di sekitar kita tetap terasa panas dan membuat kita terasa gerah, hal ini terjadi karan adanya pemanasan global.

Dampak terhadap pertanian

dampak pada pertanian
dampak pada pertanian

Mata pencarian manusia semua kebanyakan terletak pada pertanian. Biasanya ketika terjadi pergantian musin petani sulit untuk memanen panenannya. Pemanasan global juga bisa mempengaruhi terhadap sektor pertanian.

  • Hasil panen yang menurun

Dampak ini yang paling kita rasakan saat pemanasan global, karna menurunnya produksi pertanian. Apalagi ketika terjadi kekacauan pergantian musim yang sangat sulit untuk diproduksi belum lagi ditambah dengan bencana yang sering terajadi seperti banjir hujan terus menerus tidak ada henti. Adapun bencana lainnya yang ditakuti adalah angin puting beliung serta kekeringan.

Karna, tiga bencana yang tadi itu sangat berpengaruh dalam produksi pertanian karna itu bisa menurunkan panen dari pertanian.

Ancaman bagi produksi pangan dunia

Ketika terjadi bencana yang membuat panen menurun otomatis produksi pangan dunia ini juga terganggu karna, panen pertanian ini sumber dari produksi pangan dunia. Ancaman yang disebabkan oleh pemanasan global adalah mempengaruhi pada pola presipitasi evaporasi, kelembapan tanah, dan lain-lain.

  • Mengganggu pada ketahanan pangan dunia akibat perubahan iklim

Pemanasan global ini sealin mengancam pada produksi pangan ini juga mengancam pada ketahanan pangan dunia. Hal ini terjadi karna adanya iklim yang tidak menentu, terjadinya iklim tak menentu ini menyebabkan lamanya tidak sama. Terkadang lamanya musim panas dari pada musim hujan jadi, sulit untuk mendapatkan air.

Dan ketika sekalinya hujan turun hujannya lebat disertai denga angin kencang yang bisa membuat lahan petani.

Dampak pada tumbuhan dan hewan

dampak pada hewan dan tumbuhan
dampak pada hewan dan tumbuhan

Bukan hanya manusia saja yang bisa merasakan dampak dari pemanasan global tapi hewan dan tumbuhan juga bisa merasakan. Adapun beberapa pengaruh dari pemanasan global pada hewan dan tumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Hilangnya habitat atau tempat tinggal bagi hewan

Pemanasan global ini menyebabkan hilangnya habitat spesies binatang. Khususnya untuk hewan yang tinggal dihutan yang lebat. Karna, akibat dari pemanasan global hutan menjadi kering sehingga beberapa spesies hewan hilang.

  • Matinya berbagai tanaman sebab perubahan iklim yang tidak menentu

Pemanasan global juga bisa menyebabkan tanaman mati dan bisa juga karna perubahan iklim yang membuat tanaman menjadi kering. Selain menyebabkan kebakaran hutan pemanasan global ini juga bisa membuat musnahnya tanaman. Dan apabila tidak dilakukan reboisasi maka keburu terjadi banjir, longsor dan juga kekeringan.

  • Persediaan makanan menurun

Pemanasan global ini juga menyebabkan kesediaan makanan menurun karan tanaman dan hewan sama matiakibat pemanasan global.

Dampak terhadap manusia

dampak pada manusia
dampak pada manusia

Makhluk hidup juga bisa terkena dampak pemanasan global karna, sadar tidak sadar banyak sekali yang menjadi dampak pemanasan global, diantaranya sebagai berikut:

  • Meluasnya bibit penyakit

Pemanasan global inibisa menyebabkan meluasnyanpenyakit, karna musim yang tidak menentu atau pergantian musim (pancaroba). Seperti penyakit panas, demam, diare dan lain-lain atau karna akibat bencana seperti pernafasan terganggu karan adanya kebakaran hutan dan lain-lain.

  • Menggunakan alat yang mengundang pada pemanasan global

Pemanasan global menyebabkan udara menjadi panas dan adanya alat-alat pendingin udara yang tanpa kita sadari bisa berdampak menjadi pemanasan global.

Itulah berbagai dampak yang bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Dan saya minta maaf apabila ada kesalahan kata dan penulisan kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih!