7 Dampak Global Warming Yang Kalian Ketahui

Posted on
dampak pemanasan global
dampak pemanasan global

Dampak Global Warming – Hidup di udara yang sangat panas ini yang kita rasakan dan cuaca ekstrim yang terjadi adalah dampak dari pemanasan global. Dampak  Global warming mungkin tidak dapat di hentikan karena efek rumah kaca, dan usia bumi semakin tua .

Global Warming   ( dampak pemanasan global) adalah peningkata suhu rata- rata di permukan bumi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Fenomena bumi sekin hari semakin panas, hujan semakin hari semakin lebat yang berakibatkan banjir, badai yang lebih banyak dan kekeringan yang panjang. Suhu yang di permukaan bumi sudah meningkat 0.74 ± 0.18 derajat celcius (1.33± 0.32  F ) selama seratus tahun terakhir.

 

Penyebab Dari Dampak Global Warming

Faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global warming, sebagai berikut:

  1. Polusi asap dari pembakaran bensin untuk transportasi

Karena manusia juga membutuhkan transportasi. Hal ini menyebabkan polusi karbon dioksida yang berasal dari kendaraan mobil atau sepeda motor.

  1. Rumah kaca

Cahaya matahari seharusnya diserap malah di pantulkan ke matahari lagi, hal ini menyebabkan  menambah panas bumi. Banyak bangunan  yang menggunakan konsep seperti rumah kaca karena rumah kaca penyebab terjadinya pemanasan global.

  1. Polusi asap dari panrik atau perusahaan industri

Polusi dari aktifitas dari industri pabrik – pabrik yang mengakibatkan meningkatnya tingkat panas yanf tinggi.

  1. Banyak penebangan pohon dan pembakaran hutan

Harus kita ketahui bahwa pohon dan daunnya dapat menghasilkan oksigen yang sangat baik untuk tubuh kita. kalau pohonya di tebang sangat mempengaruhi dari  dampak pemanasan global ( dampak  global warming). Hal ini tentu akan mengakibatkan pendaur ulang karbondioksidan menjadi kekurangan oksigen, oksigen kurang. Dan sedangkan karbondioksida malah semakin banyak dan dampaknya kita yang merasakannya bukan kita saja bumi juga aan merasakannya.

  1. Berlebihan menggunakan pupuk kimia

Pupuk kimia yang meresap ke tanah juga bisa mencemari sumber – sumber air mineral bersih. Penggunaan pupuk kimia ini memiliki kekuatan panas yang lebih kuat dari pada  karbondoiksida.

  1. Polusi asap dari pabrik atau industri

Polusi dari aktifitas industri atau pabrik yang terus menerus akan meningkatkan panas bumi. Kebutuhan tenaga kerja sangat diperlukan untuk  persaingan bisnis yang semakin meningkat menghasilkan banyaknya lapangan pekerja yang berbentuk pabrik industri.

Dampak Global Warming

dampak global warming
dampak global warming
  1. Iklim tidak stabil

Semakin banyaknya air yang menguap akan semakin berdampak pada 2 kemungkinan yang pertama akan semakin menambah panas bumi , dan yang kedua akan terbentuknya lebih banyak awan yang takutnya akan langsung mantul ke matahari.

  1. Curah hujan meningkat

Meski curah hujan meningkat namun air akan lebih cepat untuk menguap lagi. Kelembapan yang tinggi dan semakin besarnya air yang menguap mengakibatkan urah hujan meningkat dengan tajam, yaitu sekitar 1 % setiap derajat Fahrenheit. Dalam waktu 100 tahun terakhir curah hujan telah naik 1 %.

  1. Kenaikkan permukaan laut

Dampak dari kenaikkan permkkan laut , sebagai berikut:

  • Jika mencapai sungai , maka akan terjadi banjir akibat air pasang.
  • Terpengaruh oleh kenaikkan air laut akan cepat terlihat dari ekosistem.
  • Daerah pantai semakin luas.
  • Di indonesia banyak pulau yang tenggelam, karena sekitar 405.000 hektar daratan indoneia tenggelam di gari pantai 81.000 kilometer.
  1. Menurunnya Hasil Pertanian

Pemanasan global (dampak global warming) sangat berpengaruh buat petani. Banyak petani yang mengeluh tidak mendapat panen yang memuaskan. Terutama di indonesia , yang tergantung pada musim dan iklim. Dampak perubahan iklim akibat pemanasan global terhadap hasil panen, antara lain sebagai berikut :

  • keringan di wilaytah pertanian yang akan mengakibatkan tanaman rusak
  • Banjir di wilayah pertanian akan merendam tanaman pertanian yang mengakibatkan gagal panen
  • Tanaman di hutan dapat mengalami serangan hama.
  • Penyakit yang meningkat populai akibat perubahan iklim
  1. Pengaruh terhadap tumbuhan

Hewan dan tumbuhan yang tidak dapat untuk mudah beradaptasi akan punah. Jika banyak yang punah,  maka ekosistem tidak akan menjadi stabil. Gejala- gejala kepunahan yang dapat diamati/ yaitu sebagai berikut:

  • Populasi beruang kutub yang ada di kutub utara menurun karena kesulitan mendapatkan makanan akibat kekurangannya lapisan es
  • Berkurangnya luas hutan mangrove sehhingga menggangu kehidupan di daerah pantai . karena gelombang pasang sering terjadi banjir, serta kesulitannya air tawar atau air bersih
  • Populasi penguin di daerah antartika menurun sekitar 30% dalam 25 tahun karena kekurangan habitat
  • Air laut menjadi asam jika banyak karbon dioksida yang terlarut
  1. Menipisnya lapisan ozon

Global warming (pemanasan global) akan menyebabkan masalah yang serius yang akan muncul dari adanya pemanasan global diantaranya, menipisnya lapisan ozon yang melindungi bumi. Sudah kita ketahui kalau lapisan ozon sangat penting bagi bumi, karena dapat melindungi dari berbagai ancaman yang buruk. Seperti menyaring ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi sehingga tidak langsung menyinari  permukaan bumi.

Karena hal ini lapisan ozon tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik. Ketika lapisan ozon tidak berfungsi dengan baik, maka bumiakan mendapatkan sangat banyak kerugian akibat menipisnya lapisan ozon tersebut.

  1. Menimbulkan banyak penyakit bagi manusia

Banyak penyakit yang dapat menimbulkan dari pemanasan global, peyakit yang sering    muncul adalah penyakit stress hingga stoke. Selain penyakit yang langsung muncul dari virus – virus yang dapat menyerang syaraf- syaraf yang ada di dalam tubuh. Banyak juga penyakit yang  ditimbulkan oleh jenis binatang seperti:

  • Penyakit malaria dan demam berdarah di sebabkan olehh serangga nyamuk.
  • Meningkatnya kasus alergi dan penyakit pernapasan karena udara yang lebih hangat memperbanyak polutan, seperti spora jamur dan serbuk sari tumbuhan.
  • Meluasnya penyebaran penyakit. Sebagai contoh, DBD dan malaria adalah penyakit tropis yang saat ini telah menyebar ke daerah subtropis. Penyebabnya adalah suhu di udara subtropis yang saat ini menjadi lebih hangat sehingga patogen dapat berkembang biak di daerah subtropis.
  • Meningkatnya penyakit infeksi, yang semula menginfeksi hewan kemudian dapat menginfeksi manusia. Contohnya adalah flu burung dan flu babi.
  • Meningkatnya kasus orang meninggal akibat penyakit yang dipicu oleh cuaca panas, misalnya stress, stroke, dehidrasi, jantung dan ginjal.

Seiring dengan meningkatnya  suhu dipermukaan bumi banyak binatang yang berkembang biak dengan cepat. Akibat – akibat yang merupakan akibat yang di rasakan oleh bumi maupun makhluk hidup, yang hidup di bumi. Jika pemanasan global ini tidak segera di tangani dengan baik maka hal ini bisa berbahaya bagi keadaan bumi serta makhluk yang ada di bumi.

Cara Mencegah Pemanasan Global

beruang kehilanggan tempat tinggal
dampak global warming

Peristiwa global warming (pemanasan global) merupakan peristiwa yang tidak baik. Pemanasan global ini bisa menyebabkan berbagai macam dampak negatif untuk bumi dan seisinya. Ada beberapa cara untukmecegah terjadinya pemanasan global ini, cara yang dapat kita lakukan maupun berkelompok. Beberapa cara yang dapat di lakukan untuk mencegah terjadinya pemanasan global antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghemat listrik

Kenapa kita harus menghemat listrik, karena hal ini  untuk memproduksi listrik kita menggunakan fosil sebagai bahan bakar. Ketika kita menggunakan fosil sebagai bahan bakar maka hal ini akan memproduksi  gas- gas yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Cara menghemat listrik yang bisa kita lakukan adalah mematikan peralatan yang berhubungan dengan listrik :

  • Mencabut chrager hp
  • Laptop
  • Maupun yang lainnya
  • Menanam Pohon

Usaha  yang kita lakukan adalah menanam pohon untuk mencegah dari pemanasan global . pohon sangat di butuhkan untuk memproduksi gas – gas  yang di butuhkan oleh bumi. Gas yang dapat di produksi adalah oksigen. Oksigen sangat perlu bagi bumi da manusia agar tidak terlalu panas. Oksigen akan memerangi gas- gas yang membuat bumi menjadi panas.

Demikian dari artikel dampak Global Warming saya. Semoga bermanfaat bagi kesehatan anaga dan keluarga.