cara membuat software program komputer
cara membuat software program komputer

Cara Mudah Membuat Software Program Komputer

Posted on
cara membuat software program komputer
contoh gambar membuat software program komputer

Membuat software program komputer-Hay guys, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat atau tips membuat program atau software. Dalam membuat suatu program aplikasi pada komputer itu sebenarnya mudah jika kita mengetahui tentang tips dalam membuat program atau software itu.

Pengertian tentang program komputer

Program komputer atau yang biasa disebut dengan program ialah merupakan salah satu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan sudah ter-install pada komputer. Program komputer itu sendiri adalah merupakan contoh dari perangkat lunak komputer.

Program komputer itu contoh dari perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang nantinya akan dijalankan oleh komputer it sendiri. Biasanya komoutasi ini dilaksanakan atau dijalankan berdasarkan algoritma atau urutan-urutan perintah tertentu.

Algoritma adalah suatu perangkat yang sudah termasuk pada perangkat komputer itu. Tanpa adanya algoritma program komputer mungkin tidak dapat berjalan dengan baik.

Dalam program computer dikelompokan kedalam kelompok low lwvwl language, mid level language, dan juga high level language.

Struktur dasar dalam progam komputer

Struktur dasar yang diperlukan dalam sebuah program ialah deklarasi variable yang dipakai oleh, modul input, pengolah data, dan juga modul output. Struktur dari ‘Programing Languages’ itu berbeda-beda. Akan tetapi secara umum struktur yang ada pada Pascal itu berbeda dengan’ Visual basi’c, dan struktur pada ‘Visual C++’ itu berbeda dengan ‘Java’.

Membuat program komputer dengan mudah

Pada sebagian orang atau yang menjadi programmer pemula itu banyak sekali yang mengatakan sulit dalam membuat program. Kenapa bisa begitu? Mereka sering kali beralasan dengan alas an-alasan yang sering digunakan yaitu: susah dalam merancangnya lah, rumit dalam menghafal kode programnya lah, muncul pesan error saat program dijalankan lah, dan masih banyak lagi.

Dalam membuat suatu program itu sebenarnya mudah jika kita sudah mengetahui tips dan cara membuatnya, jika kita sudah mahir dalam membuat program maka kita nantinya akan mengatakan “Membuat sautu Program itu Mudah”.

Baca juga jenis jenis software beserta fungsi.

Tips membuat program komputer

Dalam membuat suatu program akan terasa mudah jika kita melaksnakan urutan atau langkah-langkah dalam pembuatan program itu sendiri seperti berikut:

1. Mendefinisikan Suatu Masalah

Nah, untuk tips mendefinisikan masalah, kumpulan-kumpulan informasi masalah yang nantinya akan diselesaikan dengan program yang dibuat. Analisa informasi yang kita dapat nanti jika masih kurang kalian bisa mengulangi lagi mencari data pendukung.

2.Membuat Rumusan Masalah

Nah, dari data yang sudah kita peroleh tadi, buatlah rumusan masalahnya dengan cara:

Pahami data yang sudah didapat.

Kemudian kelompokan data dan kategorikan variable data yang akan dipakai, data input yang akan diperlukan, data yang akan diproses nanti, dan juga output data yang akan diperlukan.

Jika sudah semua sesuai dengan diatas tadi, rancang menggunakan alur program atau flowchart.

3.Implementasikan.

Jika alur program telah selesai, langkah selanjutnya susun secara logis dan terstruktur. Kemudian konversikan alur program ke bahasa pemograman. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut:

Pahami terlebih dahulu struktur baku yang akan kita pakai nanti.

Siapkan list kodenya atau kamus bahasa program yang dipakai.

Pahami juag cara penulisannya atau penggunaan kode commad yang akan dipakai.

Tes jalankan per modeul, gunanya untuk mempermudah mencari dan memperbaiki error yang muncul.

4.Dokumentasi program computer

Terakhir dokumentasikan program yang sudah dibuat tadi. Kenapa harus di dokumentasikan? Karena ini sangat penting untuk perbaikan program yang akan kita buat nanti dimasa yang akan datang. Jangan lupa simpan semua dokumen pendukung dan source list.