buah durian
buah durian

Membudidayakan Buah Durian dengan Mudah dan Gampang

Posted on

Buah Durian – Hai pembaca setia jempoltangan.com, mungkin kalian sudah mengenal buah yang satu ini yang mempunyai aroma yang sangat khas sehingga banyak orang menyukainya, namun ada juga sebagian orang tidak menyukai buahnya karena aroma yang sangat menyengat ini. Yap nama buah nya adalah Durian, buah ini mempunyai cita rasa yang sangat khas sekali. Banyak orang yang kenal dengan buah satu ini.

Tanaman durian ini mempunyai kenikmatan tersendiri jadi tidak heran banyak orang menyukainya dan menjadikan buah durian sebagai makanan yang favorit. Tidak itu saja buah ini termasuk buah yang memiliki harga jual yang mahal sehingga ini cocok untuk usaha agribisnisnis para petani.

Menanam dan membudidayakan durian ini termasuk sangat mudah dan gampang karena sebagian orang banyak yang mengetahui cara budidaya durian dengan baik. Berikut tips cara budidaya yang menguntungkan dengan tepat sehingga dapat meningkatkan hasil produksi, kuantitas, kualitas dan kelestarian lingkungan.

Cara Budidaya Buah Durian

membudidayakan buah durian
membudidayakan buah durian

Syarat tumbuh
Durian mampu tumbuh dengan tinggi 50 – 60m, intensitas cahaya 40-50%, dengan suhu 22 sampai 30celcius, dengan curah hujan, 1.500 – 2500 mm/tahun. Dan menggunakan tanah yang ideal seperti lempung berpasir, yang subur dan mengandung bahan organik ber Ph 6-7.

Pembibitan
Proses pembibitan sebaiknya memilih bibit yang subur, segar, daunya banyak, sehat, memiliki batang yang kuat, bebas dari hama dan penyakit, memiliki percabangan 2-4 arah dan tunas baru. Pengelolahan Media Tanam pada saat musim hujan sebaiknya melukakan pembukaan lahan dengan cara membersihkan alang alang dan gulma yang sekiranya mengganggu lubang tanaman atau instesitas cahaya matahari.

Buatlah terasering jika lahanya miring. Dan saluran pembungan air. Buatlah jarak tanaman sekitar 8 x 12 m atau bisa juga 10 x 10 m, dan lubang tanaman ukuran 50 cm dan berilah pupuk kandang selama 1-2 minggu sebelum dilakukan masa tanam. Untuk membudidaya buah durian ini dibutuhkan tanaman pelindung seperti lamtoro, gamal, turi, sengon atau pepaya.

Penanaman
Cara menanam yang baik adalah pada saat awal musim hujan. Dengan mengambil bibit dan membuka plastik pembungkus tanah secara hati hati. Lalu masukanlah bibit buah durian ke dalam lubang yang sesuai dengan ukuran. Kemudian siramlah bibit secukupnya setelah menanam. Jika ingin tumbuh dengan baik tambahkanlah pupuk oraganik maupun anorganik kedalam lubang atau permukaan air, ini bertujuan agar mempercepat dalam pertumbuhan.

1. Pemeliharaan Durian
Cara melakukan pemeliharaan yang baik seperti melakukan pengairan sebanyak dua kali dalam sehari, memotong tunas, cabang atau ranting yang sudah mati karena terserang hama penyakit, dan ranting yang tidak terkena dengan cahaya matahari. Ini dilakukan saat tanaman tumbuh 4-5 m. Dan potonglah pucuk tanaman. Lakukan pemupukan dengan dosis yang sudah ditentukan. Sebagai berikut :

1. Penggerek batang bisa dikontrol dengan sanitasi kebun dan membunuh bagian yang terserang.
2. Penggerek buah bisa dikendalikan dengan cara menyemprotkan pestona dan petana dan aero 810 saat tanaman berumur 1 minggu.
3. Kutuh putih bisa di kendalikan menggunakan penyemprotan pestona dan petana dan aero 810 lakukan secara bergantian.
4. Dan penyakit yang lain bisa dikendalikan dengan menyemprotkan fungisida yang berbahan aktif dan melakukan sanitasi yang teratur.

2. Pemanenan
Dalam proses ini dapat dilakukan tergantung dengan jenis tanaman durian, durian montong dapat panen sekitar4-5 bulan. Setelah bunga mekar, jenis chene 4 bulan. Pada saat itu bunga akan bermekaran. Tanda seperti itulah buah dapat dipanen. Contohnya baunya sudah menyengat dan bila di pukul akan bergema. Cara ini dapat menggunakan pisau dengan memotong tangkai bangkai pada tanaman buah durian.

Berikut diatas adalah cara budidaya durian yang baik dan tepat. Durian memiliki banyak manfaat di dalamnya. Manfaat buah durian sebenernya banyak tapi tidak banyak orang yang mengetahuinya. Aroma dari buah durian ini yang menyengat membuat orang menyukainya. Dan tidak semua orang juga menyukainya. Buah ini berasal dari Indonesia dan jika kita memakanya membuat kita ketagihan. Buah durian ini agak ditakutkan untuk dikonsumsi karena ini tida cocok atau tidak baik untuk penderita hipertensi.

Kandungan buah durian

Kandungan yang ada didalamnya cukup lengkap seperti Karbohidrat, protein, vitamin B+C, kalium, antioksidan, omega3 dan 6, dan masih banyak lainya.

1. Kalori dan lemak
buah durian memiliki 357 kalori, yang ada pada secangkir porsi buahnya. Dan mengandung lemak tapi dalam jumlah yang sedikit. Sekitar 13gram/porsi untuk 33% dari kalori.

2. Karbohidrat
Sekitar 130 gram karbohidrat dalam secangkir durian, dan ini dapat mencukupi sekitar setengah kalori perhari.

3. Protein
Dalam secangkir durian mengandung protein sebanyak 3,6 gram atau 6,4 persen atau 7,8 persen.

4. Vitamin dan Mineral

Dalam secangkir durian memiliki kandungan 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Vitamin C memiliki fungsi untuk pembentukan kolagen kulit dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Tidak itu saja durian dapat mencukupi asupan vitamin B-6 yang sangat dibutuhkan dalam tubuh perharinya.

5. Zat besi dan tembaga
Kandungan ini sangat dibutuhkan karena berguna untuk pembentukan sel sel darah merah. Durian memiliki manfaat yang sangat membantu tulang dan kesehatan pada kulit. Selain itu, 25% dari asupan riboflavin dan tembaga yang di sarankan. Semua ada pada 1 porsi durian.

6. Kalium
Kandungan kalium yang ada pada durian dapat membantu untuk kesehatan. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengendalikan tekanan darah. Dan berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan juga dapat mengatur detak jantung.

7. Triptopan
Banyak orang mengenalnya dengan sebutan obat tidur. Dan ini terdapat pada durian. Triptopan bekerja untuk mengatur metabolisme menjadi neurotransmitter dan juga bisa membantu untuk induksi tidur dan bisa menjadi obat untuk penyakit epilepsi.

8. Tiamin
Buah durian bisa menjadi sumber tiamin, karena tubuh membutuhkan tiamin. Buah durian mampu mangandung sekitar 30% tiamin perhari yang disarankan. Ini berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh dan berubah menjadi energi yang bisa membantu dalam hal otot dan saraf.

9. Folat
Zat asam folat lebih banyak ada pada buah durian. Durian berisi 20% folat kebutuhan harian kandungan. Asam folat dapat membantu tubuh dan dapat mencegah penyakit jantung, Perkembangan janin, dan juga bisa membantu fungsi otak agar berjalan dengan benar.