Cara Mengusir Tikus Tanpa Racun

Posted on
cara mengusir tikus
cara mengusir tikus

Tidak dapat dipungkiri bahwa populasi tikus di Indonesia terbilang sangat besar. Tikus biasanya dijumpai di tempat-tempat kotor seperti pipa, got, sawah, pasar, pekarangan bahkan di dalam rumah. Apabila tikus sudah masuk ke dalam rumah tentu hal tersebut menjadi problematika yang sangat memusingkan. Pasalnya tikus termasuk hewan yang kotor dan dapat memicu berbagai penyakit.

Anda juga harus tahu bahwa mengusir tikus merupakan hal yang sangat sulit. Hewan mamalia yang satu ini dikenak cerdik, sangat sulit untuk ditangkap maupun dijebak.  Namun anda tidak perlu cemas karena terdapat beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mengusir tikus tanpa menggunakan racun. Berikut beberapa cara mengusir tikus yang dapat dilakukan :

  1. Memelihara kucing
memelihara kucing
memelihara kucing

Pada hakikatnya, kucing memanglah musuh utama tikus, khususnya kucing liar yang biasanya suka memangsa tikus. Anda bisa mencoba memelihara kucing agar rumah anda terbebas dari binatang pengerat seperti tikus. Kucing merupakan hewan yang memiliki tingkat penciuman yang sangat tajam. Dimana saja tikus bersembunyi dapat langsung ditemukan oleh kucing.

Namun cara ini tidak terlalu dianjurkan. Sebagaimana kita ketahui, tikus merupakan hewan yang kotor dan tubuhnya yang dipenuhi oleh virus. Jika kucing memakan tikus, maka keberadaan kucing itu dapat menjadi sumber penyakit dan hal tersebut beresiko membahayakan kesehatan.

  1. Memelihara jangkrik
memelihara jangkrik
memelihara jangkrik

Hewan berukuran kecil ini terbukti dapat membantu mengusir tikus-tikus dari rumah. Hal tersebut disebabkan karena suara nyaring yang dimiliki jangkrik dapat membuat tikus terganggu. Anda dapat menempatkannya di kolong meja, gudang atau spot-spot lain yang biasa dijadikan tikus sebagai tempat persembunyian.

Namun, cara yang satu ini juga kurang efektif karena suara nyaring yang dimiliki jangkrik bisa mengganggu saat anda akan tidur.

  1. Lem tikus
Lem-Tikus
Lem-Tikus

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan lem tikus. Penggunaan lem tikus ini lebih aman dibandingkan dengan racun tikus. Cara menggunakannya yaitu sebagai berikut :

  • Persipkan alas seperti papan triplek atau yang lainnya
  • Oleskan lem di atas papan secara merata. Sisakan di bagian pinggir untuk tempat anda memegang
  • Lalu letakkan papan tersebut di tempat-tempat yang biasanya dijangkau tikus
  • Tambahkan sedikit makanan agar tikus tertarik untuk mendekati papan tersebut.

Jika tikus berhasil terperangkap, anda tinggal membuang tikus tersebut beserta papannya.

  1. Alat perangkap tikus

Cara lain yang bisa Anda coba untuk membasmi tikus adalah dengan alat perangkap tikus. Cara yang satu ini terbilang cukup ampuh, tetapi ada juga beberaapa tikus yang sudah cerdik dan selalu bisa menghindari alat perangkap. Alat perangkap ini terdapat beberapa macam, ada yang berbentuk mirip penjepit, sangkar kawat dan lainnya. Anda dapat menempatkan alat ini di tempat yang biasa di lewati tikus seperti di bawah kolong, atau di dekat dinding agar tidak melukai orang-orang yang ada di rumah.

Selain itu, Anda juga dapat meletakkan makanan di alat jebakan seperti ikan asin, keju atau selai kacang agar tikus tertarik dan dapat dengan mudah terperangkap.

  1. Alat ultrasonic
alat ultrasonik
alat ultrasonik

Alat yang satu ini merupakan penemuan baru, cara kerjanya yaitu dengan mengeluarkan gelombang suara ultrasonic sebesar 20 kHz. Suara tersebut dapat didengar hewan pengerat seperti tikus dan sangat mengganggu namun tidak bisa didengar oleh manusia. Menurut petunjuk, alat ini dapat mengusir tikus dalam jangka 200 meter.

Alat ini cukup efektif untuk mengusir tikus. Namun ada juga beberapa tikus yang bisa kebal karena sudah terbiasa mendengar suara ultrasonic tersebut.

  1. Kapur barus (kamper)
kapur barus
kapur barus

Benda yang biasanya dijadikan sebagai pewangi ruangan dan almari ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengusir tikus dari rumah. Mungkin bagi Anda, kapur barus atau kamper mempunyai aroma yang segar dan wangi. Namun, tikus bisa mati apabila terkena kapur ini.

Cara menggunakannya, anda hanya perlu meletakkan kapur ini di sudut-sudut yang biasanya dijangkau oleh tikus. Jangan memegang kapur barus ini dengan tangan kosong, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

  1. Minyak peppermint
minyak peppermint
minyak peppermint

Minyak yang  beraroma menyegarkan ini dapat dimanfaatkan untuk bahan alami pembunuh tikus. Hewan pengerta seperti tikus tidak tahan dengan aroma peppermint yang menyengat. Sehingga saat menciumnya, tikus-tikus akan mabuk dan menjadi lemah.

Cara menggunakannya, Anda bisa menaburkan minyak peppermint ini di kolong-kolong atau di sudut-sudut ruangan tempat tikus bersembunyi. Jika anda takut terpleset, maka Anda bisa mencoba alternative ke-2 yaitu dengan mencelupkan kapas ke dalam minyak peppermint, lalu letakkan kapas tersebut di tempat yang biasa dilintasi oleh tikus.

  1. Cengkeh
cengkeh
cengkeh

Rempah yang sering digunakan untuk bumbu masak dan memiliki rasa pedas ini ternyata bisa ampuh untuk mengusir tikus. Aroma yang berasal dari minyak essensial yang terkandung di dalam cengkeh dapat membuat tikus merasa terganggu.

Cara menggunakannya, Anda dapat menaburkan bubuk cengkeh pada tempat yang biasa dilalui tikus. Jika ingin lebih praktis, cobalah membeli minyak cengkeh. Anda hanya perlu merendam kapas di dalam minyak cengkeh, kemudian tempatkan kapas-kapas tersebut di sekitar rumah.

  1. Baking soda
baking soda
baking soda

Tikus merupakan hewan yang tidak bisa muntah ataupun bersendawa. Dan jika tikus memakan bubuk baking soda, maka perut tikus akan terisi penuh dengan gas dan tidak bisa dikeluarkan. Hal tersebut membuat tikus mati secara perlahan.

Cara menggunakan jebakan ini, Anda bisa mengoleskan cairan atau bubuk soda di makanan yang digemari tikus seperti keju, apel, ikan asin atau yang lainnya. Kemudian letakkan makanan tersebut di tempat-tempat yang biasa dijadikan tikus sebagai tempat persembunyian. Anda juga bisa menaburkan bubuk baking soda secara langsung di sudut tembok, pipa, got, tong sampah atau di lokasi lain tempat tikus bersembunyi.

  1. Daun salam
daun-salam
daun-salam

Daun yang biasa digunakan untuk penyedap makanan ini ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus. Anda hanya perlu meletakkan daun salam di tempat favorit tikus saat berkeliaran. Tikus akan pergi dengan sendirinya karena tidak suka mencium aromanya.

  1. Irisan bawang
irisan-bawang
irisan-bawang

Siapa yang tahan dengan aroma bawang? Bahkan tikus pun tidak menyukai aroma dari bumbu masak yang satu ini. Kita tahu bahwa bawang memiliki bau khas yang tidak enak. Jika Anda meletakkan irirsan-irisan bawang di lokasi persembunyian tikus, maka dipastikan tikus tidak akan betah dan pergi dari tempatnya.

  1. Bubuk lada
bubuk lada
bubuk lada

Orang yang mencium aroma dari bubuk lada pasti akan batuk-batuk, begitu juga dengan tikus. Aroma dari lada bisa sangat mengganggu indra penciuman tikus. Hal ini dikarenakan lada memiliki kandungan senyawa piperin yang sangat menyengat dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan irirtasi pada organ pencernaan.

Dengan menaburkan bubuk lada pada lokasi-lokasi persembunyian tikus, dengan perlahan tikus akan sangat terganggu dan pergi dari tempat persembunyian.

  1. Buah mengkudu
buah mengkudu
buah mengkudu

Meski memiliki aroma yang tidak sedap, kandungan vitamin dan berbagai senyawa yang terkandung dalam buah ini mampu mengobati berbagai macam penyakit. Dan ternyata buah mengkudu ini juga ampuh untuk mengusir tikus. Hewan pengerat tersebut tidak akan tahan dengan bau mengkudu. Cara menggunakannya, Anda cukup mengoleskan sedikit jus buah mengkudu di sudut-sudut dan tempat yang sering dilewati tikus.

  1. Detergen dan cabe

Untuk mebuatnya, Anda hanya perlu menyampurkan satu sendok detergen ditambah satu sendok cabe halus dan sedikit air lalu aduk semua bahan secara merata. Kemudian pindahkan ke dalam botol semprot. Jika Anda menjumpai tikus yang bersarang di rumah, Anda hanya perlu menyemprotkan larutan tersebut kearah tikus. Namun, sebelum Anda menyemprotkan cairan ini, Anda harus menggunakan pelindung mata agar tidak merasa perih.

  1. Memanggil ahli pembasmi tikus

Jika semua cara diatas telah dicoba dan tidak ada yang berhasil, mungkin saatnya bagi anda untuk memanggil jasa pengusir tikus professional. Seorang pengusir tikus biasanya akan mengecek  lokasi terlebih dahulu, setelah itu mereka akan menganalisa dan menerapkan cara khusus untuk mengusir tikus.