V

Cara Membuat Churros Khas Spanyol Yang Simple Dan Praktis

Posted on

Churros spanyol adalah jajanan kekinian yang berasal dari spanyol. Camilan ini terbuat dari bahan dasar choux atau biasa disebut dengan pastry ringan yang biasa dipakai untuk adonen kue sus, dll. Biasnya adonan choux memeakai pengembang, tapi untuk adonan churros ini tidak memakai pengembang. Karena jika mengandung pengembang, adonan akan menggembung ketika proses penggorengan. Walaupun tidak memakai pengembang churros tetap enak, renyah dan empuk di dalam.

Sebenarnya churros memiliki 2 jenis. Ada churros yang berbentuk tipis, biasanya diolah dalam bentuk simpul love. Untuk jenis yang kedua, churros memiliki bentuk panjang yang agak tebal. Nah, semua jenis ini paling enak jika diaplikasikan dengan saus coklat, karamel, madu, keju dan susu kental manis atau bisa juga di taburi dengan gula pasir halus.

Bagaimana cara pembuatan churros spanyol?

Sebenarnya mudah saja sih membuatnya. Di bawah ini ada resep membuat churros spanyol dengan mudah.

Bahan:

  • 250 ml susu cair
  • 50 gam butter atau margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 150 gram tepung terigu proein sedang, ayak
  • 1/4 sdt vanili
  • 1 butir telur, dikocok lepas
  • Minyak goreng yang banyak untuk penggorengan churros

Bahan taburan:

  • 4 sdm Gula pasir halus
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:

  1. Masukkan susu cair, butter/margarin, gula dan pasir. Kemudian masak hingga mendidih dan margarin meleleh. Matikan api
  2. Campurkan dengan tepung terigu yang sudah diayak dan vanili. Aduk dengan cepat.
  3. Nyalakan api kecil. Kemudian aduk hingga adonan rata, licin dan kalis. Angkat. Biarkan hangat.
  4. Masukkan telur, aduk hinga rata menggunakan sendok berbahan kayu.
  5. Jika adonan sudah tercampur, maka harus dicek apakah adonan masih lengket atau tidak. Adonan yang benar adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Jika adonan masih sulit untuk dispuit, maka tambahkanlah telurnya.
  6. Masukkan adonan kedalam paping bag atau kantong segitiga yang ujungnya sudah digunting dan di beri spuit..
  7. Panaskan minyak goreng dengan api yang sedang. Setelah minyak sudah panas, spuitkan adonan sepanjang 10 cm atau sesuai selera.
  8. Goreng hingga adonan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Tunggu sampai agak hangat, lalu taburkan gula halus dan kayu manis bubuk. Tapi saat menaburnya jangan keadaan panas, karena gula akan sedikit meleleh.

Saran: Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih cantik. Anda bisa menyemprotkan adonan ke atas loyang yang sudah di taburi tepung terigu terlebih dahulu. Kemudian simpan di dalam freezer sampai adonan mengeras. Lalu anda bisa menggorengnya. Dan anda bisa membentuknya sesuai selera, tapi lebih baik jika anda membuatnya dalam bentuk love atau panjang.