cara diet alami dan sehat
cara diet alami dan sehat

Wajib Kalian Ketahui, Cara Diet Alami dan Sehat

Posted on

Diet memang adalah cara yang efektif untuk menurunkan berat badan yang berlebihan, tapi ada sebagian orang yang ingin diet dengan cara tidak sehat dengan minum obat diet berbahaya seperti berbahan kimia sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit. Setiap orang ingin memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan yang ideal juga tentunya. Sebagaian orang yang memiliki berat badan yang tidak normal atau tidak ideal, biasanya mereka melakukan diet.Ternyata ada cara diet alami dan aman untuk dilakukan tanpa ada efek samping.

Berikut ini cara diet sehat:

Jangan Lakukan Diet Cepat! Pilih Yang Sehat

jangan lakukan diet cepat
jangan lakukan diet cepat

Penurunan berat badan secara drastis dan cepat yang tidak menyehatkan karna beberapa risiko menggangu  kesehatan, lagipula penurunan badan yang tidak sehat itu juga tidak akan bertahan lama mudah naik, memang sebagian orang ingin cepat berat badan turun dan menjadi langsing.

Resiko yang dihadapi ketika melakukan diet yang tidak sehat.

Kurang nutrisi.

Berat badan cepat naik lagi

Gangguan tubuh seperti konstipasi atau sembelit, rambuh mudah rontok, menstruasi tidak teratur dll

Tubuhmu mudah terasa lemas dan mudah lelah

Bisa saja terkena penyakit serius seperti batu empedu, dehidrasi, elektronik dalam tubuh yang tidak seimbang

Perubahan pola makan yang drastis apalagi sampai tidak makan untuk beberapa hari dapat beresiko terkena gangguan kesehatan. Selain itu, usaha keras yang tidak sehat juga tidak dapat merubahan gaya hidup yang sehat dan demi menjaga kestabilan berat badan  yang ideal dalam jangka waktu yang panjang.

Lalu berapakah jumlah pengurangan berat badan yang sudah direkomendasikan? Antara ½  sampai dengan 1 kg seminggu saja, perhitungannya yaitu ½ kg lemak = 3.500 kalori sehingga kalau kamu ingin menurunkan ½  kg berat badan, berarti dalam 1 hari minimal harus ada 500 kalori yang  harus dibakar.

Kesalahan yang sering dilakukan bayak orang saat diet

Banyak  yang kurang paham dengan cara diet alami dan sehat saat menurunkan berat badan biasanya melakukan kesalahan seperti dibawah ini:

1. Sering kali sengaja melewatkan makanan utama, dengan cara ini kamu akan mengemil makanan ringan di waktu makan utama.

2. Menyepelehkan kandungan makanan ringan, ada beberapa makanan yang jumlah kalorinya sangat banyak.

3. Kurang minum air putih karna dikira hal itu dapat mengemukkan badan, padahal air putih itu sangat penting untuk metabolisme.

4. Menetapkan target berat yang tidak sesuai seperti menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 seminggu. Justru hal itu dapat mengakibatkan kalian untuk diet tidak sehat atau kalian akan melakukan segala cara agar berat badan cepat turun. Hal itu dapat mengakibatkan kita stress dan akan makn lebih banyak lagi.

5. Minum minuman yang mengandung banyak kalori.

Cara Diet Alami dan Sehat

Kalian bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan alami tanpa ada efek samping dan bisa membahayakan kesehatan tubuh. Kelebihan berat badan terpicu oleh beberapa hal  seperti pola makan dan masih banyak lagi. Berikut ini cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat, sehat dan alami:

1. Menentukan Target

menentukan target
menentukan target

Target kecil bisa dimulai sebagai langkah awal untuk menurunkan berat badan, memulai dari sekarang untuk mengurangi camilan, jika kamu suka ngemil.

2. Olahraga atau Aktif Bergerak

banyak olahraga
banyak olahraga

Yang harus dilakukan ketika diet adalah olahraga. Olahraga dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan lemak, lakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang sempurna dapat menurunkan berat badan yaitu seperti senam aerobik, jalan santai, jogging atau olahraga lainnya. Jikakalian memiliki waktu luang sempatkan untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti dikantor.

3. Banyak Minum Air Putih

banyak minum air putih
banyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih dapat mengurangi dehidrasi, selain itu efektif untuk menurunkan berat badan karna lambung akan merasa penuh dan lambung mua akan erasa kenyang walaupun tidak makan. Minum air putih dianjurkan 8 gelas sehari.

4. Makan Kacang Pistachio

kacang pistachio
kacang pistachio

Kacang ini biasanya tumbuh didaerah yang kering seperti Turkmenistan, Iran dan Azerbajian Barat. Kacang Pistachio harganya lebih mahal dari kacang kacang biasanya. Protein di Kacang Pistachio  protein tebaik rendah kalori.

5. Makan Makanan yang mampu membakar lemak dalam tubuh

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membakar lemak dalam tubuh dengan cepat:

Buah berry:  Semua jenis berry itu rendah kalori dan mengandung flavonoid sangat cocok untuk diet. Selain itu buah berry juga mengandung antioksida dapat menangkal  radikal bebas.

Teh Hijau: Teh Hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lemak dalam tubuh dengan cepat. Jika kalian ingin cepat turun berat badan kalian dengan cepat maka minumlah teh hijau setiap hari secara rutin.

Makan Makanan Kaya Serat: Cara diet yang alami dalam 1 minggu dengan makan makanan yang kaya dengan serat. Makan makanan ini dapat menurunkan berat badan dengan cara sehat dan alami tanpa ada efek samping, seperti sayuran, brokoli, bayam, sayuran hijau, dan pisang.

Pilih Makanan yang Dikelolah dengan cara tertentu: seperti makan yang direbus atu dikukus memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak daripada makanan yang digoreng dalam minyak yang panas.

Tidak Makan Makanan dalam Kemasan: makan makan makana siap saji atau makanan dalam kemasan memiliki kanddungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi ditambahkan bahan penngawet.Mengatur Isi Makanan dalam Piring: intinya memenuhi 1/3 piring kamua dengan makanan rendah lemak seperti daging tanpa lemak, daging unggas atau ikan. Pilihlah juga sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang dan beras merah.

Memperhatikan Pola Makan Malam: untuk menurunkan berat badan kalian tidak perlu makan malam tapi perhatiakn pola makan malam. Saat malam hari tubuh kita tidak beraktifitas jadi tubuh kita memerlukan asupan gula dalam jumlah yang kecil dan energi.

Berikut ini bebeapa jenis diet yang sehat dan alami

1. Diet Mayo

Diet Mayo ini dapat mengurang resiko beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, insomnia, diabetes dan jantung. Didalam diet mayo kamu harus bisa merubah kebiasan yang tidak sehat menjadi lebih sehat. Diet mayo ini cocok untuk kalian yang yang ingin merubah kabiasan jeleh menjadi lebih baik.

2. Diet Dukan

Diet Dukan ini sengaja dirancang agar kalian tidak mudah lapar. Diet Dukan lebih menekan kan untuk kalian makan makanan yang mengandung rendah lemak tinggi protein serta rendah karbohidrat. Efek sampingnya berat badan kalian turun karna hilangnya cairan tubuh dan hilangnya massa otot. Selain itu kalian juga mengalami bau mulut, mulut kering, sembelit, kurang gizi, mudah lelah sertam sampai sampai merusak hati atau ginjal.

3. Diet Atkins

Diet atkins ini kalian tidak boleh sama sekali tidak boleh memakan makanan yng mengadung lemak, korbohidrat serta protein, saat kalian merasa lapar karna tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat, tubuh kalian akanmembakar lemak untuk membuat energi.

Mungkin itu tadi sedikit berita yang kami beritahukan. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.Saya ucapkan terima kasih bagi kalian yang sudah membaca informasi dari kami.