jerawat
jerawat

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Komedo

Posted on

Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Komedo – Hai guys, tau kah kamu? banyak dikalangan kita terutama kaum hawa yang tidak percaya diri karena jerawat dan komedo. menggunakan produk produk kecantikan, tapi terkadang malah tidak membuahkan hasil. Kali ini yang kita bahas dulu adalah jerawat. Jerawat merupakan masalah dikulit yang ditandai dengan timbulnya bintik bintik pada bagian tubuh, seperti wajah, punggung, dada, dan leher.

Ini bisa timbul dari yang ringan, contohnya komedo hitam dan komedo putih. Jerawat dan komedo terjadi karena keadaan pori pori kulit yang tersumbat dan menimbulkan kantung nanah yang meradang. Dan juga bisa sampai parah hingga mengeluarkan nanah. Ini termasuk golongan parah karena bisa meninggalkan bekas luka. Tidak ditandai dengan itu saja, biasanya jerawat bisa menyebabkan kulit menjadi panas dan sakit saat disentuh.

Wajah adalah bagian yang biasa ditumbuhi oleh jerawat, dan sebagian orang pernah mengalaminya. Kasus ini biasanya dialami oleh seseorang yang berusia 28tahun kebawah, terutama remaja yang mengalami petumbuhan, mereka sangat rentan terkena jerawat pada usia 14-19 tahun.

Walau jerawat dan komedo dapat hilang dengan sendirinya. Tapi sebagian kasus, masih ada yang mengalami masalah jerawat di tengah usia 20 an. Pada usia itu lima kali lebih beresiko mengalaminya dibandingkan dengan laki laki usia 20 an. Sebelum kita menginjak pada bagian cara meghilangkan jerawat, kita harus tau penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab Timbulnya Jerawat dan Komedo

Jerawat bisa terjadi akibat perubahan kadar hormon selama masa pubertas ini dikaitkan dengan penyebabnya. Perubahan hormon bisa berrdampak pada kelenjar penghasil minyak yang letaknya berada dekat dengan folikel rambut di kulit. Aktifitas kelenjar ini menyebabkan produksi sebum pada wajah semakin bertambah. Tumpukan sebum akan bergabung dengan kotoran dan sel pada kulit yang mati. Lalu terjadi penyumbatan di pori pori.

Pada saat pori pori tersumbat dengan banyaknya sebum pada permukaan kulit, ini memiliki bakteri yang bernama propionobacterium acnes yang berkembang dengan sangat cepat. Bakteri ini adalah penyebab jerawat. propionobacterium acnes bisa melepaskan zat iritan yang dapat membuat iritasi kulit. Dari dampak inilah yang menyebabkan kuit memerah dan bengkak.

Selain itu dapat menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit. Lapisan yang ada didalam folikel rambut juga akan menebal dan mengakibatkan perubahan kadar hormon yang menyebabkan tersumbat pori kulit. Pernyumbatan pori pori tidak akan hilang walaupun kulit telah dibersihkan. Selain pada masa puber, jerawat bisa dialami oleh para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi pada saat siklus menstruasi dan masa kehamilan.

Ini diketahui sebagai faktor keturunan. Kemungkinan seseorang memiliki jerawat jika orang tua nya berjerawat juga. Sampai saat ini tidak ada bukti bahwa jerawat disebabkan oleh makanan,buruknya kesehatan, dan aktivitas seksual. Jerawat bisa juga dikarenakan penggunaan kosmetik , sel sel kulit yang mati, obat obatan, dan stres.

Tindakan yang dapat dilakukan ketika memiliki jerawat

Sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit di area yang berjerawat, walaupun itu tidak akan mencegah terjadinya jerawat yang baru. Basuh area tersebut dua kali sehari menggunakan pembersih atau sabun wajah. Supaya tidak mengalami iritasi jangan menggosok terlalu keras pada bagian itu. Sebagian besar produk pelembap telah melakukan tahap uji agar tidak menimbulkan jerawat dan komedo.

Gunakanlah pelembap jika kulit erasa kering dan hindarilah memakai produk kecantikan yang dapat mengyumbat pori kulit anda. Jika memiliki jerawat alangkah baiknya kita berkonsutasi dengan dokter, terutama jika penggunaanya obat yang di perjual belikan bebas di pasaran ini tidak membuahkan hasil malah akan menimbulkan efek samping, seperti pembengkakan pada wajah, mata, bibir, dan lidah. Mengalami radang tenggorokan sesak nafas dan bisa pula menglami pingsan.

Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat dan Komedo

1. Menggunakan Gel Lidah Buaya
Lidah buaya yang biasanya dikenal dengan obat alami penyubur rambut, tapi ternyata bisa juga di jadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan cara mengambil gel lidah buaya lalu oleskan secara rutin pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Lakukan ini 2-3x sehari. Maka dengan sendirinya jerawat dan komedo akan segera hilang tanpa meninggalkan bekas.

manfaat-lidah-buaya
manfaat-lidah-buaya

2. Menggunakan Madu dan Telur sebagai Masker
Madu dan telur juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah dengan menggunakan madu dan telur secara bersamaan supaya mendapat hasil yang maksimal. Untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah, anda dapat membut masker wajah yang alami. Tentunya, telur yang digunakan itu hanya putihnya saja. Lakukan teratur agar dapat hasil yang maksimal.

putih-telur
putih-telur

3. Menggunakan Rempah Bawang putih
Selain sebagai bumbu rempah dapur, ternyata bisa digunakan sebagai menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Caranya mudah dengan menghaluskan 3 buah bawang putih lalu oleskan pada wajah yang ada bekas jerawat, lakukan secara merata. Walaupun menimbulkan bau, tapi tetap secara teratur agar jerawat dan komedo membandel bisa cepat segera hilang.

bawang putih menghilangkan jerawat dan komedo
bawang putih menghilangkan jerawat dan komedo

4. Dengan Menggunakan Air Jeruk Nipis
Jeruk nipis ini mempunyai banyak sekali manfaat, selain bisa menghilangkan bau badan dan ketiak, juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah yaitu dengan mengoleskan air perasaan pada area wajah yang ada jeraatnya secara merata, lalu diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilaslah dengan air sambil dipijat halus.

jeruk nipis untuk jerawat dan komedo
Jeruk Nipis

5. Menggunakan Tomat Sebagai Masker
Ini merupakan salah satu cara yang ampuh dan salah satu bahan yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Tomat memiliki kandungan vitamin C, ini juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat atau kulit kering pun yang membandel pada wajah. Cara mengolah buah tomat sangatlah mudah dan tidak butuh waktu lama.

Caranya mudah siapkan 2 buah tomat yang tidak matang, lalu blender tomat sampai benar benar halus dan jangan ditambahkan air. Masker siap digunakan. Caranya cukup oleskan tomat yang sudah halus merata ke wajah kemudian diamkan 15menit hingga kering, terakhir bersihkan muka menggunakan air yang dingin.

Berikut diatas adalah cara menghilangkan jerawat dan komedo menggunakan bahan alami. Setelah membahas tentang jerawat , sekarang kita akan membahas komedo. Pastinya kata kata ini sudah tidak asing lagi. Karena kebanyakan orang pernah mengalaminya.


Apakah kalian sudah tau apa penyebab komedo? Yap bener banget, komedo adalah tumpukan lemak yang ada diwajah yang terakumulasi di area hidung, mata, dan pipi. Komedo ini timbul karena adanya penyumbatan pada pori pori kulit wajah yang diakibatkan oleh minyak, kotoran atau sel kulit yang mati.

Cara Menghilangkan Jerawat dan komedo secara Alami

1. Putih telur
Nutrisi yang didalam telur dapat menghilangkan komedo dan merapatkan pori pori dan dapat mencegah timbulnya kembali komedo. Caranya mudah pecah telur lalu pisahkan kuning dari putihnya, kemudian kocok putih sampai mengembang, kemudian oleskan putihnya pada wajah dan area yang berkomedo. Diamkan selama 10 menit dan bersihkan wajah dengan air yang hangat.

putih-telur
putih-telur

2. Baking soda
Baking soda mampu menghilangkan jerawat dan juga mampumembersihkan wajah dari komedo. Ini berfungsi sebagai eksfolian / pengikis kulit mati yang menyumbat pori pori penyebab terjadinya komedo.
Caranya campur 1 sendok baking soda dengan 2 sendok air hangat, kamudian oleskan pada wajah sambil dipijat dengan memutar selama 2-3 menit. Dan bilas dengan air hangat.Jangan terlalu lama menggunakan karena dapat membuat wajah menjadi kering.

baking-soda-e1462990338656
baking-soda-e1462990338656

3. Lemon
Bahan alami yang mempunyai khasiat dalam merawat kecantikan pada kulit. Asam alpha – hydroxi sangat baik untuk menghilangkan bekas komedo. Ini juga mampu mengencangkan pori pori wajah dan dapat membersihkan dari sel kulit. Caranya belah lemon menjadi dua bagian tambahkan madu pada permukaan lemon lalu gosokan padaa wajah yang berkomedo, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilaslah dengan air dingin dan keringkan. Kerjakan 3-4x seminggu.

Lemon
Lemon

4. Pasta gigi
Ini dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo. Pada saat dioleskan pada kulit, pasta gigi akan menimbulkan rasa terbakar pada kulit, tetapi hal itu tidak menjadi masalah. Caranya dengan oleskan pasta pada area komedo, biarkan hingga 10 menit lalu bilaslah dengan air hangat. Lakukan ini 2-3x sebelum tidur.

pasta gigi penghilang jerawat dan komedo
pasta gigi penghilang jerawat dan komedo

5. Pepaya
Didalam pepaya ada kandungan enzim papain yang bisa mengangkat sel kulit yang mati dan enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo dengan sangat ampuh. Menghilangkan komedo bisa kamu lakukan dengan membuat masker pepaya yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Adapun langkah – langkahnya yaitu potonglah daging pepaya lalu haluskan sampai seperti bubur kemudian, oleskan pada wajah sebagai masker terutama pada wajah yang berkomedo dan diamkan selama 10 menit, lakukan 2-3x seminggu.

pepaya untuk menghilangkan jerawat dan komedo
pepaya untuk menghilangkan jerawat dan komedo

Lantas bagaimana sih cara mencegah timbulnya komedo? Berikut adalah tips mencegah adanya komedo.

1. Jaga pola makan
2. Rajin bersihkan wajah
3. Hindari mengkonsumsi alkohol
4. Rajin mengganti sarung bantal seminggu sekali
5. Jangan memencet komedo

Berikut di atas adalah tips buat kalian yang masih susah untuk mendapatkan solusi mengatasi komedo dan jerawat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.