santriwati
santriwati

Istimewanya Calon Istri Seorang Santriwati

Posted on

Buat kalian yang lagi cari calon istri, nih artikel cocok banget buat kalian. Bisa dipastikan bahwa kebanyakan cowok jaman sekarang itu akan memilih calon istri yang idaman. Apa sih calon istri idaman, tentunya kalian sudah pada tahu kan? sekedar info aja calon istri idaman itu bukan perempuan yang hanya memiliki paras cantik aja. Tapi calon istri idaman itu lebih tepatnya adalah perempuan yang cantik paras, hati dan kelakuannya atau bisa dibilang perempuan yang sholehah. Salah satu alternatifnya memilih calon istri seorang santriwati.

Maka dari itu wanita sholehah menjadi rebutan para lelaki untuk dijadikan sebagai calon istri idaman. Pada hakikatnya pernikahan itu untuk mencari kebahagiaan dunia dan akhirat. Jadi memiliki istri yang sholehah adalah suatu keharusan bagi setiap kaum laki-laki. Karena istri yang sholehah akan membawa kalian pada jalan kebenaran yang hak dan kebahagiaan di akhirat nantinya.

Keren itu saat temen nyantri jadi istri. Kalimat yang memang sudah populer dikalangan anak remaja terlebih para santri. Memang kalimatnya sederhana bahkan seperti guraun namun menurut saya jika lebih didalami lagi artinya sangat menakjubkan. Kenapa saya bilang seperti itu, karena keunggulan seorang perempuan yang pernah menikmati pelajaran pondok alias santriwati itu banyak banget.

santriwati bisa menjadi pertimbangan sebagai salah satu pilihan yang bisa kalian lakukan. Nah, diartikel kali ini saya akan membahas apa saja keunggulan memilih seorang santriwati menjadi calon istri idaman kalian.

Berikut ini ulasan-ulasan menarik mengapa santriwati masuk dalam kriteria calon istri idaman yang istimewa di antaranya :

  1. Keimanan Dan Ketaatannya Kepada Allah SWT Lebih Tinggi

Rosulullah SAW pernah bersabda dalam HR Muslim, Bukhori, Nasa’i, Abu Daud “nikahilah wanita yang kuat agamanya, niscaya kamu akan beruntung”. Dari hadist tersebut sudah sangat jelas bahwa suatu keharusan bagi para laki-laki untuk mencari calon istri yang berilmu dan sholehah. Dan itu sangat cocok dengan yang ada pada diri santriwati. Karena seorang santriwati sudah pastinya mendapat kajian tentang ilmu-ilmu agama. Saat di pesantren mereka tidak hanya mempelajari tentang ilmu-ilmunya saja tetapi juga bagaimana prakteknya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sholatnya yang tidak pernah ditinggalkan. Sholat saja tidak pernah ditinggalkan apalagi kamu ?

santriwati
santriwati

Sehingga mereka sudah terbiasa melakukan ibadah-ibadah wajib yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT. Tidak hanya itu mereka juga terbiasa dalam melaksanakan ibadah-ibadah sunnah. Mereka juga termasuk pribadi yang selalu ingin berusaha mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, Sehingga keimanan dan ketaatannya kepada Allah SWT lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain.tutur kata dan bahasanya lembut karena memang selalu dijaga dalam berbicara. Bukankah tipe-tipe yang seperti ini yang disebut sebagai calon istri idaman.

  1. Lebih Pintar dalam Mengaji

Siapa sih yang tidak mau punya calon istri yang pintar mengaji? Saya yakin semua pasti mau. Seorang santriwati di pesantren sudah diajari bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik benar. Seperti bagaimana mengucapkan huruf-hurufnya yang benar. Dan menjaga hukum bacaan tajwidnya. Sampai-sampai ada yang bilang “cari calon istri seorang santriwati, hukum bacaan tajwid aja dijaga apalagi kamu nantinya”.

Karena memang seorang santriwati pekerjaan sehari-harinya saat di pondok pesantren ya mengaji dan mengaji. Sehingga mereka sedikit banyaknya pasti pintar mengaji dan faham ilmu agamanya. Siapa yang hatinya tidak tenang jika setiap hari di dalam rumahnya diisi dengan suara merdu pengajian seorang isrti.

santriwati
santriwati

Seorang istri adalah pendidikan pertama dalam mengajari anak-anaknya (mandrasatul ula). Apabila istri kalian pintar mengaji sudah pastinya mudah untuk mengajari anakmu kelak, agar anak-anak kalian nantinya bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah. Maka dari itu buat  kalian tetapkan hati kalian untuk milih santriwati sebagai calon istri idaman anda.

  1. Biasa Hidup Sederhana

Seorang santriwati bisa diajak hidup sederhana karena saat di pondok pesantren mereka sudah terbiasa dengan hidup sederhana. Mereka diajari bagaimana cara ikhlas menerima dan selalu bersyukur akan semua karunia Allah SWT yang sudah diberikan kepada kita. Dan dari itu semua bis disimpulkan bahwa seorang santriwati adalah calon istri yang siap untuk diajak hidup sederhana dan berjuang bersama dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

santriwati
santriwati

Di zaman yang semakin rusak ini tentunya sangat susah mencari calon istri idaman. Santriwati menjadi salah satu solusi yang tepat untuk masalah itu.

  1. Terbiasa Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga.

Selain pintar dalam hal agama seorang santriwati juga sudah terlatih dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seperti menyapu, ngepel lantai, bersihin WC, memasak dll. Sudah cocok bukan unutk dijadikan sebagai calon istri.

Santriwati juga jago masak loh, karena mereka sudah terbiasa memasak sendiri untuk makan mereka. Punya calon istri yang jago masak akan membuat kalian betah di rumah dan tidak banyak jajan diluar rumah. Benar bukan ?

santriwati
santriwati

Mereka juga menjadi abdi dalem pengasuh dalam pondok pesantren. Sehingga sudah teruji keahlian dan kesabarannya. Istri yang sholehah merupakan istri yan selalu amanah. Pada saat sang suami sibuk mencari maisyah maka sang istri mampu menjaga rumah dan anak-anaknya dengan baik. Ini ngk kalah penting juga, seorang santri putri sudah terbiasa bersikap dewasa, mandiri dan keibuan. Coba kalian pikir deh laki-laki mana yang tidak klepek-klepek dengan wanita yang mempunyai sifat keibuan. Mereka selalu mengerti bagaimana kondisi keluarga dan menyikapi permasalahan yang ada. Jadi jangan takut mereka tidak bisa mengurus anak kalian.

  1. Pintar dalam Mengatur Keuangan dan Waktu

Seorang santriwati sudah terbiasa dengan mengatur keuangannya sendiri. Karena pada saat di pesantren mereka hidup jauh dari orang tua jadi mau tidak mau mereka harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan mereka sendiri. Dan yang tidak kalah penting mereka tidak akan menolak dan selalu bersyukur berapapun uang belanja yang akan kalian berikan kepada mereka.

santriwati
santriwati

Seorang santriwati sudah terbiasa dengan banyaknya tugas yang diembankan kepada mereka. Sehingga mereka dituntut untuk pintar dalam mengatur waktu yang ada dengan tugas yang sudah diberikan kepada mereka. Jadi sudah tidak diragukan lagi santriwati pintar dalam mengatur waktu.

Itu tadi beberapa ulasan tentang keunggulan seorang santriwati jika dijadikan sebagai seorang calon istri idaman. Teruntuk lagi bagi kalian yang masih mencari-cari calon istri. Pilih yang benar-benar sholehah, dan dapat membawa kalian kepada kebahagian yang hakiki yaitu kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Maka dari itu kalian buruan nyari calon istri santriwati, sebelum kalian keduluan dengan yang lain. Namun tetap pada dasarnya kalian supaya sholat istikhoroh terlebih dahulu minta petunjuk kepada Allah SWT yang maha menjodohkan para umatnya. Memang benar masalah jodoh dan riski itu sudah diatur oleh Allah SWT namun wajib bagi kita untuk berusaha mencarinya.

Semoga artikel bisa menjadi pertimbangan bagi kalian yang masih mengembara untuk mencari calon istri. Semoga kalian menemukan calon istri idaman kalian. Sampai berjumpa diartikel berikutnya.