Ikan Koi
Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi Untuk Hiasan Rumah Anda

Posted on

Budidaya Ikan Koi –   Hay teman-teman, selamat pagi bagi anda yang masih setia membaca artikel kami yang berisi informasi yang akan kami berikan. Apa kabar? Pasti sehatkan. Oke, di pagi hari yang ceria dan cerah ini kami akan membagikan beberapa informasi kepada anda, pasti penasaran kan dengan informasi apa yang akan kami beritahukan kepada anda di artikel ini.

Yap benar, dipertemuan kali ini kami akan membahas tentang cara membudidayakan ikan koi, yang ikan koi tersebut bisa menghiasi rumah anda. Semua orang pasti mau jika rumahnya itu cantik, menaraik jika dipandang, dan ketika di tempati itu nyaman. Disini kami akan memberitahu beberapa informasi tentang ikan koi apa saja yang bagus untuk menjadi hiasan rumah anda.

Sebelumnya kita bahas dulu ni, apa itu ikan koi? Kok bisa ikan koi dijadikan sebagai hiasan rumah, padahal kan cuman ikan?. Dilihat dari namanya ikan koi berasal dari China, di daerah China ikan koi dianggap hanya ikan mas biasa, setelah beberapa tahun dan semakin terkenalnya ikan koi ini, ikan koi pun dianggap ikan koi yang mempunyai warna yang bagus dan menarik.

Di China ikan koi mempunyai beberapa sebutan yang berbeda yaitu ikan mas yang memiliki warna seperti bunga, ikan koi yang memiliki corak yang indah, ikan mas yang unik, ikan mas yang bertutul-tutul, ikan mas yang memiliki warna yang menarik. Sedangkan cara untuk memeliharanya yaitu dengan beberapa cara. Memelihara ikan koi yang baik yaitu harus memperhatikan teknik pemijahan. Teknik pemijahan yaitu berupa:

  1. Menyeleksi induk koi
Ikan koi Jantan dan Betina
Ikan koi Jantan dan Betina

Jika ingin memelihara ikan koi yaitu kita harus memilih matang kelamin yaitu ikan koi jantan yang sudah menghasilkan sperma dan induk betina juga sudah menghasilkan sel telur yang matang dan matang tubuh yaitu ikan koi sudah siap secara fisik untuk menjadi induk produktif.

Dalam memelihara ikan koi umur dari ikan koi jantan yaitu minimal 2 tahun sedangkan ikan koi betina minimal umur 3 tahun. Ikan koi betina harus lebih besar dari pada ikan koi jantan, karena perutnya ikan koi betina lebih besar dibandingkan punggungnya. Ikan koi harus sehat fisiknya, tidak cacat, sirip dan sisiknya lengkap.

Dalam membudidayakan ikan koi sebaiknya harus menyediakan induk jantan lebih banyak, karena seekor induk betina berpasangan dengan 2 atau 3 induk jantan. Tidak disarankan menggunakan induk yang paling bagus, karena biasanya induk yang bagus itu mengahasilkan keturunan yang jelek, anak turunnya belum tentu sebagus induknya. Pilih ikan koi yang biasa saja tetapi mempunyai sifat yang unggul, seperti warnanya yang pekat dan bagus.

  1. Syarat kolam pemijahan ikan koi
Kolam Pemijahan Ikan Koi
Kolam Pemijahan Ikan Koi

Jika kita ingin memelihara dan budidaya ikan koi kita harus memperhatikan pemijahan ikan koi, kolam pemijahan dibuat terpisah dengan kolam taman. Kolam pemijahan ikan koi harus mempunyai saluran keluar dan masuknya air, seluruh kolam harus diplester dan kolam dengan mudah untuk dikeringkan. Luas kolam pemijahan bervariasi, untuk kolam pemijahan yang sempit maka boleh seluas 3 sampai 6 meter dengan kedalaman 0,5 meter.

Dalam memelihara ikan koi sediakan juga kolam yang digunakan untuk menetaskan telur dan perawatan benih, kolam penetasan telur bervariasi boleh persegi panjang atau bulat dan jika kolam bulat maka memakai diameter 1,5 sampai 2 meter. Dinding kolam bisa dilapisi dengan vinil yaitu bahan yang biasanya digunakan untuk membuat bak fiberglass. Jika kolam dilapisi dengan vinil maka kolam-kolam tersebut akan terjamin kebersihannya dan efek dari semen bisa dihilangkan. Dan akan lebih mudah dalam merawat ikan koi.

  1. Persiapan kolam koi
Kolam ikan koi
Kolam ikan koi

Sediakan penempel telur yang memadai agar telur ikan koi selamat, karena ikan koi biasanya bertelur dibawah tanaman atau bahan apa saja yang bisa dipakai untuk menempelkan telur ikan koi tersebut. Penempelan telur bisa menggunakan kakaban, yaitu yang terbuat dari ijuk yang dijepit menggunakan bilang bambu dan dipaku.

Kakaban biasanya digunakan untuk memijah ikan mas, kakaban yang baik itu terbuat dari ijuk yang panjang 120 centimeter, lebarnya 40 centimeter. Jumlah kakaban disesuaikan dengan besarnya induk betina, seperti 4 sampai 6 buah kakaban untuk satu kilogram induk betina.

Agar kakaban bisa mengapung, maka kakaban harus disusun diatas sepotong bambu yang masih utuh, sebelum kakaban dipasang kakaban dicuci dengan bersih dan dibilas agar terlihat bersih dan terbebas dari lumpur ataupun kotoran. Ketika dipasang, diatas kakaban diberi bilahan bambu dan diikat agar kumpulan kakaban tidak berantakan atau bercerai-berai.

Kakaban di pasang setelah kolam diisi air, air harus slalu mengalir ke kolam pemijahan agar merangsang pasangan koi untuk memijah. Selain kakaban, tempat untuk menempelkan telur ikan koi yaitu menggunakan tanaman air seperti hydrilla, cara menggunakan tanaman hydrilla yaitu dengan cara disusun ataupun bisa menggunakan potongan tali raffia sebagai pengganti ijuk.

Kolam Ikan Koi dengan Bunga teratai
Kolam Ikan Koi dengan Bunga teratai

Cara budidaya ikan koi atau memelihara ikan koi di rumah ataupun kolam merupakan suatu pekerjaan yang sangat menyenangkan, yang harus anda perhatikan dalam memelihara ikan koi yaitu: tingkat kedalaman kolam, anda harus menggunakan kolam yang dalam.

Sebaiknya tingkat kedalaman yaitu lebih dari 80 cm, karena jika kolam terlalu dangkal akan berbahaya bagi ikan jika ada hewan penggangu diatasnya. Selain itu kedalaman kolam berfungsi untuk mengatur temperature air ketika panas matahari begitu terik dan curah hujan yang terlalu tinggi. Anda juga harus membuat atap kolam yang dapat menutupi kolam.

Selain membuat atap untuk melindungi kolam dan mengurangi terik matahari, anda juga harus menempatkan tanaman pelindung disekitar kolam, anda bisa menggunakan terata lili air di kolam bagian samping. Tanaman tersebut dapat membuat kolam semakin teduh dan dapat memperindah kolam.

Itulah tadi beberapa informasi yang kami sampaikan dalam budidaya ikan koi, semoga artikel ini menambah pengetahuan anda dalam budidaya ikan koi, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel kami dan sampai jumpa dengan artikel berikutnya yang akan kami bawa.