holiday
holiday

Bingung mau Liburan Kemana? Berikut Beberapa Tempat untuk dijadikan Liburan

Posted on

Liburan adalah waktu dimana kita telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan telah mempersiapkan hari esok dengan baik. Pada umumnya, sangat banyak orang yang menganggap bahwa liburan itu adalah di mana saat kita tidak bekerja seperti hari Minggu dan hari libur. Padahal sebelum hari libur, dia masih memiliki tugas yang belum dikerjakan, dan belum mempersiapkan apapun untuk hari esok. Akibatnya, setelah hari libur selesai, semua menjadi berantakan atau tidak berjalan dengan sempurna. Dan itu disebut juga dengan kurang disiplin.

tugas selesai
tugas selesai

Apakah hari Minggu/libur bisa disebut juga  liburan? Bisa saja, asalkan semua tugas Anda miliki  telah selesai dan pada akhir hari libur, Anda harus bisa gunakan untuk mempersiapkan hari esok. Apa sih maksudnya? Maksudnya adalah pada akhir liburan, Anda harus bisa beres-beres rumah, mempersiapkan semua alat tulis, dll sesuai apa yang harus Anda lakukan besok.

barang liburan
barang liburan

Sebelum Anda melakukan liburan, Anda harus mempersiapkan sematang mungkin. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan yakni perlengkapan, baju yang akan digunakan, sampai masalah penginapan. Merencanakan waktu yang khusus saat akan melakukan liburan juga tidak kalah penting. Hal ini merupakan tujuan agar liburan yang Anda laksanakan berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkannya.

Yuk simak beberapa tips sederhana saat melakukan liburan berikut ini:

  1. Membawa tripod kamera

Saat melakukan kegiatan apapun, apalagi di saat liburan mengabadikan momen adalah sesuatu hal yang wajib yang dilakukan oleh setiap orang. Pastinya, Anda ingin merekam suasana saat liburan bersama orang-orang yang Anda cintai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa tripod kamera untuk lebih mudah merekam, memfoto untuk mengabadikan momen-momen liburan Anda.

  1. Menyediakan peralatan pendukung

Barang yang harus dibawa saat liburan, misalnya jaket, tissue, handy clean, headset, dan lain sebagainya merupakan hal yang penting untuk dibawa saat liburan. Dan membawa barang-barang yang lainnya untuk diri Anda, yang membuat hal tak terduga bisa terjadi. Apalagi di saat Anda berpergian jauh.

  1. Siapkan uang tak terduga dan jaga diri Anda

Tips ini merupakan hal yang sangat penting, yaitu membawa uang yang lebih dan menjaga barang milik pribadi  saat sedang liburan. Liburan akan menjadi sebuah bencana, jika Anda tidak berhati-hati dalam menjaga barang yang Anda bawa.

Anda masih bingung, mau kemana Anda berlibur? Liburan Anda tidak perlu pergi ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat pembelanjaan yang mahal. Sebab di Negara Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik yang menunggu untuk segera Anda jelajahi. Dari wisata laut, pegunungan, hutan, danau, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua bisa dicapai dengan mudah dan mudah untuk ditemukan di Negeri Zamrud Khatulistiwa dari Sabang sampai Merauke.

Beberapa daftar tempat wisata yang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur, antara lain:

  1. Pantai Sumurtiga, Sabang

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih yang memiliki garis pantai yang panjang dengan air lautnya yang berwarna biru muda, lengkap dengan pepohonan kelapa yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Di pantai ini Anda bisa berselancar dengan sepuasnya, dan menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkeling ria. Disana Anda bisa menginap di cottage yang banyak terdapat di sekitar pantai tersebut. Sangat asyik bukan?

  1. Ngarai Sianok, Bukittinggi

Ngarai Sianok berada di Sumatra Barat, tepatnya di Bukittinggi. Kota ini merupakan kota yang relief alam berbukit-bukit yang memiliki banyak tempat wisata cantik. Sangat di sayangkan untuk dilewatkan, salah satunya adalah Ngarai Sianok. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit dengan bukit yang bertebing curam di sekelilingnya. Di tengah-tengah lembah, mengalirlah sungai kecil yang membuat pemandangan semakin menakjubkan. Selain bersepeda, trekking, atau berjalan-jalan ringan, Anda bisa berdiam diri untuk menikmati ketenangan yang di tawarkan oleh Ngarai Sianok..

  1. Candi Muaro Jambi, Jambi

Di Indonesia terdapat dua candi yang sangat terkenal, yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Tahukah Anda? Bahwa tanah Jambi terdapat sebuah kompleks candi Hindhu-Budha terbesar di Indonesia? Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata ini sangat bersejarah yang merupakan perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, diperkirakan sudah ada sejak abad 11 Masehi. Tempat ini sangat menarik dan kaya nilai sejarah yang membuat Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWSP) pada tahu 2012 oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

  1. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Lampung merupakan salah satu tujuan wisata bagi Anda yang ingin melihat penangkaran mamalia yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang merupakan pertama kali di bangun pada tahun 1985 adalah sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang di fungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan. Untuk tiket masuk hanya sebesar Rp30.000 per orang. Sangat murah sekali bukan?

  1. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Di Jakarta terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, namun juga dijadikan sebagai tempat wisata. Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan akhir pekan, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust dan masih banyak sekali. Dengan air lautnya yang jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Sebelum Anda menuju ke Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang di sediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

  1. Kawah Putih, Bandung

Wisata Kawah putih terletak di Ciwidey, Bandung. Objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Dengan tercampur belerang, tanah di kawasan wisata ini semuanya berubah menjadi putih. Dan lebih menariknya lagi, danau ini juga berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. Sangat menakjubkan bukan?

  1. Kota Lama, Semarang

Semarang, Jawa Tengah merupakan kota yang cukup unik karena memiliki beragam tempat wisata. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata budaya, kuliner, dan lain sebagainya. Salah satu tempat wisata bersejarah yang berada di Kota Semarang yang masih terkenal dan masih banyak di kunjungi adalah kawasan Kota Lama. Di Kota Lama ini terdapat banyak bangunan kuno yang berstektur Belanda yang bernilai sejarah, diantaranya adalah Stasiun Tawang, Polder Air Tawang, Gereja Blenduk, Jembatan Mberok, dan lain sebagainya. Kota ini di desain mirip dengan kota Belanda, kawasan Kota Lama dikenal dengan julukan The Little Netherlands.

Inilah beberapa tips dan wisata yang ada di Indonesia yang cukup terkenal. Jika ada saran, kritikan, kekeliruan penulisan kata-kata dari sahabat yang membaca postingan saya, akan saya tunggu. Anda dapat menghubungi kontak saya di :-facebook : Intan Ayu Miranti, Instagram : @intan.a.m_25, gmail : intanayumiranti272@gmail.com.

Selamat menikmati liburan Anda, dan selamat berkunjung.