biji pepaya
biji pepaya

Biji Pepaya, Si Hitam Kecil Dengan Sejuta Manfaat

Posted on

Buah pepaya, siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini? buah yang sarat akan vitamin dan kandungan gizi. Selain rasanya yang enak buah ini bisa bermanfaat untuk kesehatan yaitu untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti mengobati kanker dan mencegah penyakit jantung. Dalam dunia kecantikan buah pepaya juga banyak digunakan sebagai produk kecantikan karena khasiatnya yang dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit. Pastinya kalian juga tahu tentang biji buah pepaya? Biji pepaya adalah biji yang berwarna hitam yang berbentuk bulat dengan rasa agak pahit dan pedas yang terdapat di dalam buah pepaya.

Tapi jangan salah tidak hanya buahnya saja yang sarat akan kandungan gizi. Tetapi juga biji pepaya yang ternyata juga mempunyai banyak khasiat. Kebanyakan orang hanya memakan daging pepayanya saja. Mereka tidak tahu bahwa biji pepaya yang bentuknya kecil itu mempunyai sejuta khasiat untuk kesehatan. Maka dari itu di artikel kali ini saya akan mengupas habis apa saja manfaat dari biji pepaya.

Yuk langsung aja kita lihat apa saja manfaat biji pepaya di antaranya yaitu :

  1. Mengobati Sirosi Hati

Mungkin ada dari kalian yang bertanya-tanya penyakit apakah ini? oke, kita ulas sedikit terlebih dahulu penyakit sirosis hati ini. Sirosis hati adalah keadaan dimana menyusut dan mengerasnya hati yang dikeranakan banyak mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama.

Cara menggunakannya simple. Cukup giling sekitar lima sampai tujuh biji buah pepaya menggunakan gilingan merica atau bisa juga dihancurkan menggunakan lesung atau alu (alat penggiling tradisional). Peras jeruk nipis yang masih segar sebanyak satu sendok makan. Kemudian campurkan dengan gilinganbiji buah pepaya yang sudah halus dengan perasan air jeruk nipis yang masih segar. Namun akan lebih baiknya lagi bagi kalian yang menderita penyakit ini untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis hati yang menanggani anda sebelum mengonsumsinya.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Perlu kalian ketahui juga tidak hanya daging pepaya saja yang berkhasiat memperlancar sistem pencernaan tetapi juga bijinya. Karena biji buah pepaya mempunyai kandungan tinggi akan enzim-enzim pencernaan yang mampu memecahkan serat-serat protein sehingga dapat menyehatkan proses pencernaan secara alami.

Biji pepaya juga mempunyai kemampuan anti bakteri, yang sangat ampuh untuk mencegah infeksi bakteri E. Coli, salmonella, dan staphylococcus. Maka dari itu juga biji buah pepaya dapat digunakan untuk membantu mengatasi keracunan. Dengan cara membunuh potagen-potagen berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan. Selain itu juga biji buah pepaya dapat menormalkan kadar asam lambung dalam saluran pencernaan. Sehingga pencernaan anda akan sehat.

  1. Membunuh Parasit dalam Pencernaan

Tidak hanya tumbuhan saja yang mempunyai parasit, tubuh kita juga mempunyai parasit yang terletak pada saluran pencernaan kita. Naah untuk mengatasinya kita bisa menggunakan biji pepeya yang kaya akan enzim-enzim proteolytic. Yang dapat memecah protein sekaligus membunuh parasit beserta telur-telurnya. Sehingga tidak akan muncul kembali.

Pada tahun 2007 journal of medical food mengadakan penelitian dan membuahkan hasil bahwa biji pepaya yang dijemur dapat membunuh parasit yang ada dalam pencernaan manusia tanpa menimbulkan efek samping yang berarti. Untuk lebih pastinya lagi hasil penelitian ini masih memerlukan kajian yang lebih luas lagi dalam pembuktiannya.

biji pepaya
biji pepaya

Caranya mudah saja haluskan biji pepaya kemudian campurkan dua sampai tiga sendok makan biji pepaya yang sudah dihaluskan dengan air susu yang masih hangat. Agar dapat memperoleh manfaatnya akankah lebih baiknya minum di pagi hari selama tiga hari berturut-turut sebelum mengonsumsi apapun.

  1. Menyehatkan Ginjal

Banyak ilmuwan yang sudah mengadakan penelitian untuk meneliti si hitam kecil ini. Dan salah satu penemuannya membuktikan bahwa si kecil ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal. Bahkan biji pepaya juga dapat mencegah terjadinya gagal ginjal.

  1. Sebagai Antivirus dan Antibakteri

Manfaat yang kelima dari biji pepaya adalah sebagai antivirus dan antibakteri. Tidang disangka-sangka bahwa biji pepaya juga berpotensi untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena apabila anda mengonsumsi biji pepaya secara teratur dapat mencegah infeksi-infeksi ringan yang disebabkan oleh virus.

Selain sebagai antivirus, biji pepaya jua digunakan sebagai antibakteri yang dapat memperkuat daya kekebalan tubuh atau yang lebih dikenal dengan daya imunitas tubuh sehingga kebal dari berbagai penyakit dan tubuh sehat selalu.

  1. Meredakan Radang

Biji pepaya sangat cocok bagi kalian yang mengida radang. Kalian tak perlu repot-repot membeli obat yang mahal karena kalian bisa cukup menggunakan biji buah pepaya. Biji buah pepaya dapat meredakan radang karena biji pepaya mengandung senyawa anti inflamasi yaitu papain dan chymopapain yang dapat membantu mengatasi radang kalian. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh nyeri sangat efektif apabila diobati mengunakan biji buah pepaya. Namun apabila peradangan kalian disebabkan oleh asam urat kalian bisa mengobatinya dengan cukup memakan sedikitnya satu sendok makan setiap hari.

  1. Memiliki Antioksidan Yang Tinggi

Perlu kalian ketahui bahwa biji pepaya mempunyai nutrisi yang sangat penting termasuk antioksidan. Antioksidan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga dapat melindungi tubuh kalian dari kerusakan yang ditimbulkan dari radikal bebas.

  1. Menghitamkan Rambut Secara Alami

Bagi kalian yang tidak pede dengan warna rambut yang kusam kalian dapat mencoba cara ini untuk menghitamkan rambut anda secara alami. Caranya anda bisa menggunakn biji pepaya yang sudah ditumbuk halus kemudian disangrai dan tentunya untuk hasil yang maksimal tambahkan pula minyak kelapa. Kemudian gunakan pada rambut yang kering dan kusam sebagai pengganti serum. Setelah itu balut rambut anda menggunakan handuk selama kurang lebih dua jam. Apabila semua langkah sudah selesai dilakukan, lepas handuk dan bilas rambut anda sampai bersih menggunakan air yang menggalir. Mudah bukan? Silakan mencoba.

  1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Seperti halnya dalam khasiatnya untuk pencernaan. Ternyata tidak hanya daging pepaya saja yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolestrol LDL. Caranya cukup tambahkan biji pepaya yang sudah dihaluskan pada jus.

  1. Mengobati Liver

Banyak para dokter yang menyarankan para pasien yang mengida liver untuk menggunakan biji pepaya sebagai detoksifikasi. Bahkan di Negara China biji pepaya banyak digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati penyakit liver.

Cara Mengolah Biji Pepaya

Seperti yang kalian tahu mungkin akan sangat tidak enak apabila mengonsumsi biji buah pepaya secara langsung. Karena bentuknya dan juga rasanya yang agak pahit dan pedas. Maka dari itu kalian bisa mencoba alternatif lain seperti menghaluskan biji pepaya kemudian menambahkan madu pada saat mengonsumsinya.

biji pepaya
biji pepaya

Alternatif yang lain kalian bisa mencampurkan dengan jus sehingga rasa pahit dan pedasnya akan sedikit tersamarkan. Cara lainnya bisa dengan menaburkan bubuk biji pepaya pada salad sebagai pengganti merica bubuk.

Pertimbangan Dalam Pengonsumsian

Walaupun biji buah pepaya sarat akan manfaat, kalian juga perlu menimbangkan beberapa hal sebelum mengonsumsi biji buah pepaya. Karena bagaimanapun pula biji buah pepaya mempunyai efek samping. Bagi ibu hamil atau yang mempunyai rencana hamil sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi biji pepaya.

Hal ini didasari bahwa menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan. Mengonsumsi biji pepaya dapat menurunkan tingkat kesuburan seseorang secara sementara. Selain itu biji buah pepaya juga bersubtansi dan mempunyai efek fisiologis yang kuat, jadi jangan mengonsumsinya berlebihan atau akan lebih baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada yang lebih ahli.

Seperti yang sudah kita bahas bersama banyak sekali manfaat biji buah pepaya. Maka dari itu jangan buang sia-sia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagai penambah pengetahuan anda tentang kesehatan. Tetap jalani pola hidup sehat. Semoga anda sehat selalu. Sampai bertemu di artikel berikutnya.