Bencana Alam
Bencana Alam

Bencana Alam di Indonesia Yang Perlu di Ketahui

Posted on

Bencana alam-

Hay teman-teman, balik lagi ni dengan kami, disini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang bencana alam yang ada di Indonesia. Yap benar bencana alam, bencana alam merupakan suatu peristiwa yang terjadi yang mengakibatkan dampak besar bagi manusia. Bencana alam bisa terjadi dengan secara alami maupun tidak alami.

Bencana alam yang terjadi secara alami yaitu seperti banjir bandang, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, dan lain-lain. Sedangkan gempa bumi yang tidak secara alami itu terjadi akibat ulah manusia yaitu seperti kelaparan karena kekurangan bahan pangan, kebakaran hutan, dan lain-lain.

Di Indonesia sangat rawan sekali terhadap bencana alam yaitu seperti gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, tanah longsor, banjir dan angin puting beliung. Karena sekitar beberapa persen gunung berapi itu kebanyakan dari Indonesia yang menimbulkan bencana alam. Bencana alam memang tanpa kita sadari dapat terjadi tanpa kita duga, datangnya secara tiba-tiba.

Dibawah ini beberapa bencana alam yang terjadi di Indonesia. Yang akan kami berikan informasinya kepada anda, tetap setia membaca artikel kami ini ya?

  1. Letusan gunung berapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi

Letusan gunung berapi adalah salah satu peristiwa bencana alam yang ada di Indonesia yang terjadi secara alami. Di Indonesia adalah Negara yang mamiliki gunung berapi terbanyak. Letusan gunung berapi dapat mengakibatkan beberapa bahaya bagi penduduk yang tinggal dekat dengan gunung berapi, bahaya yang didapat diambil dari letusan gunung berapi yaitu dari debu vulkanik.

Bahaya dari debu vulkanik yaitu pada penerbangan khususnya pesawat biasa dan pesawat jet dimana debu vulkanik dapat merusak turbin dari mesin pesawat tersebut. Gunung berapi bisa terjadi akibat  magma naik melintasi kerak bumi dan muncul di atas permukaan. Kehancuran gunung berapi terjadi disebabkan dengan beberapa cara yaitu:

  • Aliran lava.
  • Letusan gunung berapi.
  • Aliran lumpur.
  • Abu
  • Kebakaran hutan.
  • Gas beracun.
  • Gelombang tsunami
  • Gempa bumi
  1. Gempa bumi
Gempa Bumi
Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa alam yang kedua yang terjadi di Indonesia. Gempa bumi adalah peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba dan bisa menyerang wilayah yang penduduknya padat, seperti kota-kota besar. Gempa bumi yang sering terjadi di Indonesia yaitu berskala 5 sampai 6 richter, terjadinya gempa tersebut hanya berkekuatan kecil sehingga tidak banyak terjadi kerugian.

Mungkin kerugian yang didapat hanya sedikit, mungkin rumah hanya retak-retak. Dan gempa bumi yang menyebabkan kerusakan yang terbanyak yaitu berskala 7 richter, rata-rata di Indonesia yang terjadi gempa bumi berskala 7 richter itu hanya terjadi satu kali ataupun lebih. Kerusakannya itu bisa menyebabkan jatuhnya korban jiwa yang sangat banyak ataupun kerusakan pada lingkungan sekitar.

Dibawah ini adalah daftar beberapa peristiwa gempa bumi yang menyebabkan kerusakan terparah dan menelan korban terbanyak.

DAFTAR GEMPA BUMI

Pulau Tanggal Kekuatan Korban jiwa
Sumatra 07 Desember 2016 6,5 104
Sumatra 02 Juli 2013 6,1 42
Sumatra 25 Oktober 2010 7,7 435
Sumatra 30 September 2009 7,6 1,117
Jawa 02 September 2009 7,0 81
Sumatra 12 September 2007 8,5 23
Sumatra 06 maret 2007 6,4 68
Jawa 17 Juli 2006 7,7 668
Jawa 26 Mei 2006 6,4 5,780
Sumatra 28 Maret 2005 8,6 1,346
Sumatra 26 Desember 2004 9,2 283,106

Diatas tadi beberapa daftar Pulau yang terkena gempa bumi dengan kekuatan yang berbeda-beda dan banyak menjatuhkan korban.

  1. Tsunami
Tsunami
Tsunami

Tsunami merupakan peristiwa bencana alam yang ketiga yang sudah terjadi di Indonesia, tsunami merupakan sebuah gempa bumi ataupun letusan gunung berapi dalam laut yang bisa menyebabkan gelombang tsunami yang terjadi dibawah laut. Yang tsunami tersebut memberikan dampak yang sangat mengerikan bagi manusia, apalagi bagi penduduk yang tempat tinggalnya dekat dengan pantai.

Penduduk yang tinggal dengan pantai mungkin sangat mengerikan sekali jika tsunami tersebut dating secara tiba-tiba. Bisa saja tsunami itu menyerang banyak korban,  meskipun tsunami yang sangat besar seperti yang terjadi pada akhir tahun 2004 jarang terjadi di indonesia, wilayah Sumatra sering dikejutkan atau wilayah tersebut sering terjadi gempa bumi di bawah laut yang berpotensi menyebabkan tsunami.

Dengan terjadinya tsunami pada tahun 2004, membuat manusia resah khususnya manusia yang bertempat tinggal dekat dengan pantai, mereka sering melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi yaitu wilayah perbukitan. Biasanya tsunami besar tejadi setiap 5 tahun sekali yaitu khususnya sering di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra. Ketika tsunami akan terjadi biasanya alat-alat peringatan berbunyi, menandakan akan terjadinya sebuah peristiwa tsunami. Walaupun terkadang alat-alat tersebut tidak semuanya berfungsi dengan baik.

  1. Banjir di Indonesia
Banjir Bandang
Banjir Bandang

Banjir merupakan peristiwa bencana alam yang keempat yang sudah biasanya terjadi di Indonesia, banjir biasanya terjadi pada musim hujan, karena curah hujan yang terlalu tinggi maka terjadilah banjir. Banjir juga bisa terjadi akibat ulah manusia, karena manusia terlalu ceroboh membuang sampah pada sungai-sungai yang mengakibatkan banjir dengan mudah terjadi.