bayi 3 bulan
bayi 3 bulan

Bagaimana Sih Perkembangan Debay 3 Bulan?

Posted on

Pada umumnya bayi 3 bulan sudah dapat meraih apa saja yang ada di dekatnya yang menarik perhatian pada dirinya. Selain itu, debay 3 bulan memiliki kemampuan yang dapat menggulingkan badannya saat sedang berbaring. Satu sisi hal ini menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, namun juga harus di damping ya. karena kalau tidak di damping dapat membahayakan.

Selamat ya, bagi Anda yang memiliki anak yang sudah berusia 3 bulan. Ia sudah semakin lebih besar, fisik dan mentalnya sudah semakin lebih matang. Lalu apa saja sih perkembangan bayi di saat umur masih 3 bulan? Simak di bawah ini ya!

debay usia 3 bulan
debay usia 3 bulan

Debay yang berumur 3 bulan otot lehernya sudah semakin kuat sehingga ia sudah mampu untuk menegakkan kepalanya dalam segala posisi. Baik di gendong tegak, maupun tengkurap. Di saat bayi yang sudah mampu untuk mengangkat dadanya dan menendang-nendangkan kakinya dengan kencang karena otot kedua anggota tubuh semakin kuat.

Jika Anda ingin menggendong debay yang masih usia 3 bulan, gendonglah bayi tersebut dengan sesekali menyentuhkan kakinya ke lantai atau ke pangkuan Anda. Hal tersebut membuat kakinya debay akan menendang dengan keras dan dia akan semakin kegirangan dengan aktivitas ini. Koordinasi mata dan tangannya si debay semakin baik, selain itu debay dapat menyatukan kedua tangannya. Dan juga debay akan bisa memegang benda dengan kedua tangannya.

Sebagian besar bayi yang sudah usia 3 bulan dapat menggulingkan badannya sendiri tanpa bantuan siapa pun. Mulai saat ini bagi Anda yang sedang memiliki bayi yang sedang berusia 3 bulan, Anda harus lebih berhati-hati di saat meninggalkan bayi tanpa pengawasan orang dewasa.

perkembangan bayi usia 3 bulan
perkembangan bayi usia 3 bulan
  • Komunikasi

Bayi yang suda berusia 3 bulan sudah lebih ber ekspresif dalam berkomunikasi, loh. Bukan hanya untuk menangis, nemun beberapa ocehannya sudah terdengar nyaring dengan durasi yang panjang. Teruslah Anda untuk mengajak bayi berbicara dengan menjelaskan benda-benda yang ada di sekitarnya. Atau ceritakanlah siapa saja yang ada di rumah. Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang sering mengajak berbicara pada bayinya akan meningkatkan IQ di saat ia sudah besar.

  • Pertumbuhan Fisik

Berat badan buat bayi laki-laki pada umumnya di saat usia 3 bulan sekitar 5,1-7,9 kg dan memiliki panjang badan sekitar 57,6-65,3 cm. lingkar kepala untuk bayi laki-laki sekitar 38,3-42,7 cm. nah, bagi Anda yang memiliki bayi perempuan berat badannya untuk bulan ini sekitar 4,6-7,4 kg, dengan memiliki panjang badan sekitar 55,8-63,8 cm. dan memiliki lingkar kepala sekitar 37,2-41,9 cm.

Bagi Anda jangan terlalu merasa khawatir jika bayi terlihat agak kurus, sering haus, dan kelihatan lapar. Ini bukan pertanda dari ASI/ susu formula yang tidak terserap baik oleh bayi. Melainkan dia sedang mengalami growth spurt (GS). Apa sih GS itu? GS adalah percepatan pertumbuhan pada bayi yang ditandai dengan meregangnya otot-otot pada tubuhnya, dan biasanya hal ini terjadi selam 12 bulan pertamanya. Yaitu sejak 6 minggu pertama, bulan ke 3, 4, 6, dan ke 9. Tapi tidak dipungkiri bahwa bayi mengalami GS di saat periode-periode lain.

  • Kemampuan Indra

Bayi yang sudah berusia 3 bulan lebih bisa untuk menyesuaikan diri dan lebih peka terhadap perubahan lingkungan di sekitarnya. Saraf-saraf di otaknya mengorordinasikan kemampuan indranya berkembang. Sehingga bayi dapat lebih cepat untuk mengenali benda atau orang yang dilihatnya, lebih peka dengan suara dan bau yang ada di sekitarnya.

Debay akan mulai tertarik melihat bayangannya yang ada di cermin atau tersenyum di saat menatap wajah. Pada usia debay yang saat ini, debay akan menyukai sentuhan, selain sentuhan dari Bundanya. Kenalkanlah macam-macam tekstur benda, seperti halus dan kasar. Saat ia mendengar suara Ayah dan Bundanya, debay tersebut akan menoleh dan merespon dengan suara-suara yang semakin nyaring. Ia juga akan mulai untuk menyukai suara musik.

  • Waktu Tidur

Akibat dari perkembangan otaknya, pola tidur sang bayi akan lebih lama di malam hari sekitar 6-8 jam. Meski ia masih suka untuk terbangun sebentar untuk menyusu. Kini si debay akan lebih lama untuk terjaga di pagi atau siang hari sekitar 2-4 jam.

  • Pemberian Makan

Aktivitas si debay usia 3 bulan yang mulai banyak, membuatnya untuk membutuhkan 170-200 ml susu per harinya. Frekuensi debay untuk menyusu ASI/ susu formula sekitar 7-8 kali dalam sehari. Pastikan nutrisi dalam kandungan ASI Bunda juga terpenuhi.

Selamat bersenang-senang dengan debay 3 bulan, ya!

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya, dadah..

Saran dan kritik dapat menghubungi kontak saya : -facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : @intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com.