Baca Ini! Pengertian Web Browser Beserta 10 Contoh yang Anda Ketahui

Posted on

Web browser, bagi Anda yang mengisi aktivitas dengan sering membuka situs internet, tentunya pasti sudah mengenal nama tersebut. Ya, bagaimana tidak? Web browser adalah suatu aplikasi software atau program yang dijalankan pada server komputer untuk mencari atau menjelajah situs-situs yang ada di dunia maya dengan mudah. Nah, tapi apakah Anda tahu informasi lebih lanjut seputar web browser? Yuk,mari simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian web browser dan 10 contohnya.

Pengertian Web Browser

Web Browser
Web Browser

Web browser disebut juga penjelajah situs internet atau mencari informasi dari web yang berada di dalam software computer. Web browser berawal dari tampilan sebuah teks,kemudian berkembang muncul tampilan gambar ataupun video. Dengan menggunakan web browser maka lebih mudah utuk mengakses internet. Web browser juga  aplikasi yang dijalankan oleh komputer dalam melihat situs-situs pada media World Wide Web (WWW).

Tahukah Anda, web browser yang digunakan pada tahun 1993 pertama kali adalah Browser Mosaic yaitu sebuah nama browser yang diciptakan tim dari National Center for Supercomputing Applications at the University of Illinois at Urbana-Champaign (NCSAUIUC). Browser ini memiliki tampilan grafis dan lebih menarik. Kemudian pada tahun 1994, munculah media baru bernama Netscape Navigator. Tapi setelah itu diganti media baru bernama World Wide Web sampai sekarang.

Berikut Ini Beberapa Contoh Web Browser yang Ada Pada Komputer.

  1. Sea Monkey

Gambar Sea Monkey
Gambar Sea Monkey

Sea Monkey adalah aplikasi penjelajah internet yaitu sebuah pembangunan komunitas untuk menjadikan SeaMonkey all in one,internet application suite,alamat web (HTML) contoh http://www.istilahbrowser.com Sehingga alamat tersebut dapat diartikan menjadi :

www (world wide web),jaringan konten web yang paling besar sebagai software suite popular sebelumnya telah dibuat. Proyek SeaMonkey yang melanjutkan bidang tersebut. Seperti email,newsgroup client,internet browsr,HTML editor dll.

  1. Safari Browser

Gambar safari browser
Gambar safari browser

Safari Browser adalah software yang diciptakan oleh Apple Inc. Nama Perusahaan yang meproduksi komputer iPod,Macintosh,iPhone. Dibangun juga dengan browser engine WebKit,WbKit adalah browser engine pertama.

  1. K-Meleon

k-meleon
k-meleon

Anda juga mengetahui bahwa K-Meleon adalah aplikasi software yang dibangun di atas lisensi dari Gecko layout engine seperti Mozilla Firefox. K-Meleon merupakan browser gratis dan open source yang dirilis di bawah lisensi GNU 0general Public dan di platform Microsoft Windows (Win32) operating systems.

  1. Flock

flock
flock

Merupakan situs penjelajah internet yang menyediakan fitur jaringan social dan fitur Web 2.0. Browser ini dibuatnya dengan codebase Mozilla Firefox di tanggal 16 Juni 2008. Flock 2 menggunakan Mozilla Firefox untuk basis. Dirilis dengan status open beta. Flock versi 3 berbasisi chromium.

  1. Maxthon
Maxthon browser
Maxthon browser

Maxthon adalah sebuah peramban web secara gratis. Maxthon juga mendukung mesin render Trident dan WebKit. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok berbasis di Beijing bernama Maxthon Ltd. Maxthon ini dijalankan pada Windows,Linux, OS X. Tersedia juga di Windows Phone 8 dan Android bernama Maxthon Mobile

  1. Opera

opera
opera

Opera adalah software atau web browser dan juga Internet Suite yang dikembangangkan oleh Opera Software Company. Merupakan penjelajah internet antar-platform. Tidak ganya itu,jika di Firefox punya Add-ons, maka Opera memiliki Opera Widgets yaitu aplikasi web kecil dijalankan dengan aoper yang mempunyai fungsi tertentu seperti Add-ons firefox.

  1. Internet Explore

    internet eksplore
    internet eksplore

 

Tahukah Anda internet eksplore adalah situs web proprieter gratis dari Microsoft. Internet eksplore atau bisa juga disingkat dengan IE atau MSIE.

  1. UC Browser

uc browser
uc browser

UC browser, pasti Anda juga mengenal salah satu fitur ini? Ya, aplikasi software peramban web ini merupakan salah satu web browser yang cukup terkenal di dunia. Bagaimana tidak, UC Browser ini pelayanannya lumayan baik dan dikenal sebagai browser ringan sehingga memiliki spesifikasi rendah dan berguna terutama bagi ponsel Anda. Namun UC Browser ini baru tersedia hanya untuk Android.

  1. Google Chrome

chrome
chrome

Google chrome yaitu aplikasi penjelajah yang memiliki sumber proyek terbuka atau open source bernama Chromium. Google chrome ini dikembangkan oleh Google pada tahun 2008 menggunakan mesin rendering WebKit dengan versi 27. Tahukah Anda ada keistimewaan tersendiri yang dimiliki oleh Chrome yaitu mempunyai peramban penelusuran pribadi atau incognito Mode ketika browsing. Hal ini bermanfaat karena merupakan browsing secara rahasia menggunakan mode penyamaran sehinggat tidak terganggu dari iklan-iklan dan situs Anda bersifat pribadi. Chrome merupakan software browser kedua terbesar yang digunakan seluruh penjuru dunia setelah Mozilla firefox.

  1. Mozilla Firefox

gambar mozilla firefox
gambar mozilla firefox

Mozilla firefox adalah peramban web lintas platform merupakan open source yang dibuat oleh Mozilla corporation yang dibangun oleh Gecko layout engine. Firefox ini aslinya bernama Phoenix kemudian dikenal Mozilla Firebird). Firefox juga didukung oleh Add-ons yang bisa diinstal secara terpisah sehingga pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons. Mozilla Firefox bertujuan untuk mengembangkan web kecil,sederhana dan cepat sehinnga bisa dikembangkan. Selain itu, Mozilla firefox merupakan mesin pencari terbaik dan terbsar yang digunakan di seluruh dunia.

Dengan menggunakan situs peramban internet,maka kita menggunakannya dengan mudah. Banyak versi-versi web browser yang Anda ketahui. Demikian itulah pengertian Web browser serta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda.