9 Fakta Menarik Negara Maju Singapura yang Perlu Diketahui

Posted on

Halo sobat, berjumpa kembali di artikel saya, kali ini saya akan membahas tentang Negara Singapura. Membahas tentang Negara Singapura, pasti di dalam pikiran Anda terbesik tentang Singapura, seperti Negara yang sangat bersih dan banyak bangunan indah dan menawan. Tetapi Negaranya memiliki pulau yang kecil dan salah satu Negara terkecil di dunia.

singapura
singapura

Selain itu, dibalik kecilnya Negara tersebut ternyata membawa peradaban besar bagi dunia, tahukah kamu, Singapura juga salah satu Negara Maju di dunia dan penghasil ikan hias terbesar di dunia. Negara ini terletak diantara Negara Malaysia dan Indonesia tepatnya berada di Selatan Semenanjung Malaya kurang lebih 137 km (85 mil) di utara khatulistiwa di bagian Asia Tenggara. Selain itu, termasuk pusat keuangan Negara yang terdepan no 3 di dunia dan memiliki peran penting terhadap perdagangan dan keuangan internasional. Wow, memang Negara terbaik bukan? meskipun kecil tetapi negaranya sangat tertib dan menjadi contoh bagi Negara lain. Hm, penasaran kan ingin tahu lebih lanjut tentang Negara Singapura serta fakta menarik lainnya? Mari simak artikel berikut ini!

Apa yang Membuat Negara Singapura Menjadi Negara Maju di Dunia?

Beberapa tahun ini, Singapura telah menjadi pusat perhatian di Negara lainnya, karena bisa menjadi Negara maju di dunia terutama di Asia Tenggara. Padahal Negara tersebut sangatlah sempit dan memiliki pulau yang kecil. Bagaimana bisa? Karena pemerintahan Sinagpura sangat otoriter,memiliki tekad kuat serta kerja keras sehingga Singapura telah mengembangkan ekonominya terutama dalam hal sektor industri, jasa bahkan perdagangan. Selain itu, Singapura telah menjadi pusat perdagangan terutama di wilayah Asia Tenggara dan sarananya pun lebih modern.

Padahal jika kita pikir, Singapura Negara sangat kecil dan tidak memiliki SDA melimpah dibandingkan dengan Indonesia. Secara geografis saja, sebenarnya letak yang lebih strategis adalah Indonesia dan SDA lebih banyak juga dihasilkan di Indonesia, bahkan penduduknya lebih banyak. Berarti Indonesia sebenarnya bisa menjadi Negara yang Maju dan unggul agar tidak menjadi Negara berkembang lagi. Namun, Seiring berjalannya waktu, dengan kekurangan yang dimiliki Negara Singapura serta tidak harus menggantungkan dengan SDA, maka tak menghambat Negara Singapura menjadi Negara Maju, dan sekarang salah satu Negara yang memiliki pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

Hal ini dibuktikan berkat Lee Kuan Yew seorang perdana menteri Singapura yang selalu optimis dalam membangun negaranya. Beliau sangat otoriter,merasa yakin dan mampu mengendalikan rakyatnya agar lebih maju dan berusaha keras. Karena kunci sebuah kesuksesan tidak berasal dari apapun yang terpenting hanyalah sebuah tekad, semangat dan kerja keras yang tinggi. Sehingga Lee Kuan Yew berhasil membina rakyat beserta perusahaan dengan tekad dan kerja keras yang tinggi. Bahkan berkat Lee Kuan Yew kini disebut sebagai “Founding Father” Sinagpura. Maka tidak heran meskipun penduduknya sedikit, tapi sekarang memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul,kreatif dan berkualitas. Inilah yang bisa menjadi contoh bagi Negara Indonesia agar bisa menciptakan generasi manusia yang unggul,kerja keras serta inovatif.

Bagaimana, apakah Anda sekarang mengetahui kenapa Negara Singapura saat ini menjadi Negara Maju? Ya, karena pemerintahan nya yang memiliki rasa nasionalisme tinggi terhadap rakyatnya,memiliki tekad dan kerja keras tinggi, serta membuat peraturan yang begitu ketat terhadap rakyatnya sehingga mampu menghasilkan Negara terbaik dan terbersih di dunia. Maka tak heran jika Negara ini dijuluki sebagai 1001 larangan. Tetapi karena rakyatnya sudah terbiasa dengan aturan tersebut, mereka menjalankan kehidupannya sehari-hari juga tanpa ada rasa paksaan. Ingin menegtahui hal lain tentang Singapura? Mari baca, fakta menarik lainnya berikut ini!

fakta menarik singapura
fakta menarik singapura
  1. Negara Singapura Tak Hanya Berpenghuni 1 Pulau Saja

Singapura memang sangat terkenal sempit dan kecil. Tetapi sebenarnya wilayah daratan Singapura mencakup 62 Pulau lepas pantai yang mengelilingi pulauu utama. Salah satunya seperti Pulau Sentosa,Pulau St John, Pulau Ubin. Serta Kepulauan Sisters dll.

  1. Changi Airport Adalah Salah Satu Bandara Terbaik di Dunia

Tahukah Anda, bahwa Changi Airport di Singapura termasuk salah satu bandara terbaik di dunia bahkan selama 6 tahun berturut-turut. Hal ini dibuktikan oleh Penghargaan World Airport 2018 dari SkyTrax. Karena bandara tersebut bisa dinilai dari segi kinerja utama,check in,kedatangan,transfer penumpang,pusat belanaj,keamanan, serta gerbang keberangkatan. Inilah yang membuat para pelancong dunia bisa memilihnya. Changi Airport selalu membuat pengalaman bepergian yang nyaman serta praktis. Maka tak heran dinobatkan sebagai Bandara terbaik di dunia.

  1. Memiliki Banyak Daerah Terpencil yang Wajib di Jelajahi

Singapura juga memiliki banyak daerah terpencil. Jika kamu berkunjung ke Singapura jangan sampai melewati daerah terpencil itu, terutama di “Chinatown”, “Kampong Glam”, distrik budaya “Little India” dan lainnya. Banyak sekali sejarah yang didapatkan. Selain itu, Anda juga kaan menemukan restoran-restoran serta took-toko yang lagi trend di sepanjang gedung bergaya Art Deco di Tiong Bahru, serta kios dan makanan tradisional lainnya.

  1. Salah Satu Kota Terhijau di Dunia

Kota Singapura memang sangat kecil dan sempit namun, kota pencakar alngit ini berhasil menjadi Negara dengan kota terhijau di dunia. Karena hampir setengahnya dari luas daratan Singapura kawasannya masih sangat hijau. Anekaragaman hayati serta caagr alamnya masih banyak dan alami karena Singapura juga menjadi rumah bagi seitar 2100 spesies tanaman vaskular asli.

  1. Kota Air Tejun Ternyata Buatan Manusia

Pasti Anda sering melihat air terjun bukan? bahkan di Indonesia juga banyak. Tetapi jika kamu berkunjung ke Singapura air terjun yang satu ini sangat memukau karena dibuat oleh manusia. Air terjun buatan manusia pertama kali dibangun oleh Jurong Bird Park di tahun 1971 menurut Wildlife Reserve Singapore. Air terjun ini memiliki ketingggian 30 meter dan menjadi air terju tertinggi di aviary.

Selain itu, Anda juga menemukan di dalam runagan teritnggi di dunia (35 meter) berada di Singapura Cloud Forest,Gardens by the Bay. Air terjun ini memang dibangun untuk kehidupan tanaman rumah dari dataran tinggi tropis.

  1. Menjadi Rumah bagi Warisan Dunia UNESCO dan beberapa “VIP” Unik

Tahukah Anda, di tahun 2015 Singapura dinobatkan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO , karena sejak didirikannya di tahun 1859 yang memiliki sejarah sekitar 150 tahun lebih Singapore Botanic Gardens. Dan yang paling populer hingga menjadi daya Tarik adalah Taman Anggrek Nasional yang memiliki ribuan species anggrek atau dikenal dengan istilah Tanaman VIP. Hingga lebih dari 200 anggrek hibrida telah diberi nama.

  1. Penduduk Singapura Kebanyakan Tinggal di Apartemen atau Rumah Susun

Karena di Singapura memiliki terbatas ruang, kebanyakan penduduk di sana menggunakan rumah susun atau apartemen karena hal ini yang menjadi solusi utama bagi mereka. Maka harus pintar-pintar dalam mengelola tempat tinggal ya..

  1. Patung Merlion Sebagai Simbol Negara Singapura

Mungkin, jika kalian sering mendengar kata Singapura, pasti kalian berpikir bahwa berarti Negara Singapura memiliki banyak Singa. Padahal, sebenarnya disebut Negara Singapura karena patung Merlion yaitu kepala berwujud singa dan tubuhnya berbentuk ikan. Patung Merlion juga sebenarnya memiliki arti tersendiri yaitu Mer artinya nelayan dan Lion berarti singa, inilah yang menjadi Negara tersebut bernama Singapura.

  1. Usia di Atas 30 Tahun Wajib Menikah

Di Indonesia kebanyakan orang mungkin umur 20 tahun sudah menikah, tapi ada juga yang sampai berumur 35 bahkan 40 tahun belum menikah, menjadi hal yang lumayan wajar. Tetapi berbeda dengan Singapura , umur 30 tahun wajib menikah, pemerintah di Singapura juga bekerjasama dengan agen biro jodoh atau disebut Social Development Unit (SDU) agar dapat membantu masyarakatnya yang sedang kesulitan mencari pendamping hidup. Wah, unik ya..

Itulah 9 fakta menarik Negara Singapura yang perlu diketahui, kini Anda sudah mengetahui. Semoga artikel saya dapat bermanfaat bagi Anda dan bisa menjadi pengetahuan. Sekian..