7 Karakter Orang Tua yang Berpotensi Anaknya menjadi Sukses di Masa Mendatang

Posted on
karakter orang tua berpotensi memiliki anak sukses
karakter orang tua berpotensi memiliki anak sukses

Setiap orang tua pasti selalu memimpikan anaknya untuk bisa berprestasi di sekolah, tidak memiliki masalah, menjadi orang sukses di masa depan nanti. Namun, Anda perlu tahu, sebenarnya menjadikan anak sukses atau tidaknya, memilki karakter yang baik atau tidak, sebagian berasal dari orang tua. Meskipun tidak memiliki resep khusus dalam membesarkan anaknya untuk menjadi orang sukses di masa depan nanti. Tapi,jika orang tua dalam mendidik anak dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan anak yang mulia sesuai dengan didikannya.

Di jaman sekarang banyak orang tua yang hanya menuntut anaknya menjadi sukses namun tidak memberikan perhatian yang penuh terhadap anaknya, apakah hal tersebut bisa terjadi? Tidak semua rata-rata dengan rumah tangga yang sering terjadi konflik, orang tua yang hanya mementikngkan dengan pekerjaannya dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya justru menimbulkan masalah yang beesar meskipun tidak semua orang terjadi. Tapi bagi Anda alangkah baiknya memberikan sedikit waktu luang bersama anak dan keluarga jauh lebih baik dan menjadikan hidup yang harmonis.

Nah, bagi orang tua yang benar-benar ingin mendidik anaknya agar memiliki pendidikan karakter yang baik dan berpotensi sukses di masa depan, saya akan memberikan ciri-ciri orang tua dalam mendidik anaknya berikut. Mari simak artikel ini !

anak sukses di masa depan
anak sukses di masa depan
  1. Membiasakan anak untuk selalu mengerjakan pekerjaan rumah

Anak yang dibiasakan dalam melakukan tugas rumah menjadikan anak itu menjadi pegawai yang mudah dan bisa bekerja sama terhadap rekanya. Dan kebanyakan mereka memilki rasa empati yang tinggi terhadap orang lain dan mampu mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya secara mandiri. Hal ini dapat diakatakan oleh Mantan Dekan Freshmen dari Universitas Stanford AS, yaitu Julie Lythcott Haims.

  1. Memiliki ekspetasi yang tinggi

Jika orang tua memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap anaknya, begitupula sebaliknya, jika anak paham maksud dari orang tua, maka hal yang saling berhubungan ini akan menjadi suatu kekompakkan dan bisa dirasakan satu sama lain. “Contoh saja, karena orang tua supaya berharap anaknya mencapai kuliah sangat terlihat mereka berusaha mengatur agar tujuan anaknya tercapai sesuai dengan pendapatan yang mereka miliki”. Hal ini dapat ditegaskan dengan data survey 6.600 anak ketika lagir di tahun 2001, bahwa professor Neal Halfon berasal dari UCLA yang menemukan bahwa ekpetasi orang tua terhadap anak dapat berdampak dengan pencapaian yang besar.

  1. Mengajari anak dengan keahlian sosial

Dengan menemukan hubungan yang erat antara kemampuan sosial semala TK yang menentukan sukses usia dewasa dalam 2 dekade mendatang sekitar 700 anak usia TK sampai 25 tahun. Hal ini ditelusuri olehsalah satu peneliti dari Pennsylvania State University and Duke University.

  1. Memiliki rumah tangga yang harmonis

Jika orang tua memilki hubungan yang harmonis terhadap rumah tangganya ini juga akan berdampak untuk masa depan anaknya. Kebanyakan dari anak berasal dari keluarga yang sering terjadi konflik,perceraian atau kekerasan cenderung masa depannya lebih suram dibanding anak dari keluarga yang harmonis. Hal ini ditemukan oleh Studi dari Universitas IIIinois AS.

  1. Dapat membangun hubungan yang erat antara orang tua dengan anak

Kaya atau miskin bukan masalah atau penghalang untuk menjadikan anaknya sukses. Kebanyakan dari anak yang memilki hubungan erat dan saling terbuka terhadap orang tuanya cenderung memilki akademik yang tinggi bahkan berpotensi untuk menjadi sukses di amsa depannya. Hal ini ditemukan oleh studi ditahun 2014 yang menemukan sekitar 243 anak yang terlahir dari keluarga miskin namun memilki kasih sayang yang cukup kurang lebih 3 tahun pertama.

  1. Menghargai usaha daripada menilai kegagalan

Banyak dari orang tua yang menilai kelolosan baik dalam hal tes,perlombaan atau pertandingan karena kepintarannya, justru membuat pikiran mereka menjadi stagnan. Tetapi hal ini berbeda jika orang tua yang memberitahu bahwa anaknya sukses karena usahanya, sehingga membuat alam pikiran mereka akan menjadi berkembang dengan pesat.

  1. Minimnya tingkat stress

Menurut penelitian lain, jika orang tua ataupun ibu yang stress karena mengatur waktu antara pekerjaan dan bersama anak, sehingga membuat orang tua atau sang ibu stress justru akan berdampak buruk terhadap anaknya. Ada juga penelitian yang dikutip dari Bridge Schulte Berasal dari Washington Post mengatakan, jumlah waktu yang disediakan ibu dengan anak yang berusia 3-11 tahun dapat memprediksi perilaku,kebahagiaan dan pencapaian anak.

Itulah beberapa ciri-ciri orang tua dalam mendidik anak berpotensi sukses di masa depannya. Tapi orang tua juga perlu memperhatikan karakter anak dan juga memiliki cara-cara lain agar anak tersebut sukses di masa yang akan mendatang, sebenarnya kunci dari semua hal tersebut adalah usaha dan doa, jika orang tua selalu mendoakan yang baik dan diiringi usaha pasti semua tujuan tersebut dapat tercapai. Semoga orang tua selalu bersungguh-sungguh dalam mendidik anak dan terus memotivasinya. Sekian semoga bermanfaat,