Jenis- jenis Buaya di Indonesia
Jenis- jenis Buaya di Indonesia

Wow!!! Ada 7 Jenis Buaya Yang Hidup Di Indonseia

Posted on

Buaya merupakan salah satu hewan purba yang hanya mengalami sedikit perubahan evolusi sejak zaman dinosaurus. Buaya adalah Bahasa Indoneia untuk menjuluki jenis reptile dari suku Crocodylide. Dalam Bahasa Inggris buaya disebut Crocodile.

Buaya merupakan pemangsa penyergap. Buaya menunggu mangsa mendekat lalu menerkam mangsanya secara tiba- tiba. Tahukah kamu, kalau di Indonesia terdapat 7 jenis buaya yang mengerikan? Kali ini kami akan memberikan 7 jenis buaya yang ada di Indonesia. Kami juga akan memberikan ciri- ciri dari setiap jenis buaya tersebut. Baca dengan seksama, yah!

Buaya Muara.

Jenis- jenis Buaya di Indonesia
Jenis- jenis Buaya di Indonesia

Buaya Muara mempunyai nama latin Crocodylus Porosus. Buaya muara merupakan jenis buaya yang memiliki ukuran tubuh terbesar dan terpanjang. Selain itu, buaya muara juga terkenal karena keganasannya dan persebarannya juga sangat luas. Kalian bisa menemuinya mulai dari teluk Benggala (Sri Langka, India dan Bangladesh) sampai ke Kepulauan Fiji. Habitat favorit dari buaya muara adalah Australia dan juga Indonesia.

Buaya Siam.

Jenis- jenis Bauya di Indonesia
Jenis- jenis Bauya di Indonesia

Buaya siam atau ada yang menyebutnya buaya air tawar. Buaya jenis ini mempunyai nama latin Crocodylus Siamensis. Diperkirakan buaya siam berasal dari Siam. Di Indonesi buaya ini berhabitat di Jawa dan juga Kalimantan. Selain di Indonesia kalian juga dapat menjumpainya di Thailand, Laos, Malaysia, dan juga Kamboja.

Buaya Irian.

Jenis- jenis Buaya di Indonesia
Jenis- jenis Buaya di Indonesia

Buaya irian hidup di air tawar, bentuk tubuhnya hampir sama dengan buaya muara hanya saja ukuran tubuhnya lebih kecil dan warnanya lebih hitam.Buaya ini terdapat di Indonesia tepatnya di pulau Irian dan juga terdapat di Papua Nugini.

Buaya Kalimantan.

Jenis- jenis Buaya di Indonesia
Jenis- jenis Buaya di Indonesia

Nama Latin dari buaya Kalimantan adalah crododylus Rainus. Ciri- ciri dari buaya Kalimantan itu mirip dengan buaya Muara. Namun, buaya Kalimantan hanya bisa dijumpai di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Hanya saja statusnya masih menjadi perdebatan para ahli.

Buaya Senyulong.

Jenis- jenis Buaya di Indonesia
Jenis- jenis Buaya di Indonesia

Buaya yang mempunyai nama latin Tomistoma Schlegelii ini tersebar di Sumatra, Kalimantan dan juga Jawa. Yang menjadi pembeda anatar buaya jenis Senyulong dengan buaya jenis lainnya adalah moncon dari buaya Senyulong relaitf sempit.

Buaya Mindoro.

Buaya Mindoro termasuk subspecies dari buaya Irian tapi buaya ini dianggap sebagai jenis tersendiri. Buaya jenis terdapat di Indonesia dan kalian bisa mnjumpainya di Sulawesi bagian timur dan juga di bagian Tenggra.

Buaya Sahul.

Buaya yang mempunyai nama latin Crocodylus Novaeguineae danggap satu jenis dengan buaya muara. Namun, buaya sahul hanya tersebar di Papua bagian Selatan sehingga beberapa ahli taksonomimengusulkan untuk menjadikan buaya sahul menjadi spesies tersendiri.

Itulah 7 jenis buaya yang terdapat di Indnesia. Dari ketujuh jenis buaya di atas ada 4 jenis buaya yang merupakan satwa dilindungi oleh undang- undang yaitu, Buaya Irian, buaya Muara, buaya Siam dan juga buaya Sinyulong. Selain buaya, Indonesia juga memiliki banyak fauna yang dilindungi, lho.

Semoga saja jenis- jenis buaya dan juga fauna lainnya yang ada di Indonesia tetap mampu bertahan dari kepunahan. Agar anak dan cucu kita kelak masih bisa mengenal mecam- macam jenis buaya yang ada di Indonesia. Tidak hanya sekedar mengenal namanya tapi juga bisa melihatnya secara langsung.