Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis

6 Sungai Di Indonesia Dengan Ukuran Yang Fantastis

Posted on

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah sumber daya alam yang melimpah, salah satunya sungai. Sungai- sungai di Indonesia memliki karakteristik yang berbeda- beda, sehingga antara sungai satu dengan yang lainnya pun berbeda. Sungai juga memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai sungai terpanjang yang ada di Indonesia, penasaran? Mari simak informasi di bawah ini!

Sungai Kapuas.

Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis

Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia.Terletak di pulau Kalimantan, tepatnya di provinsi Kalimantan Barat. Tahukah, kalian berapa panjang dari sungai Kapuas? Sungai Kapuas memiliki panjang sekitar 1,178 km dengan kedalaman 27 m. Sungai ini mengalir dari kecamatan Kapuas Hulu sampai bermuara ke Laut Jawa.

Sungai Kapuas memiliki sekitar 270 spesies ikan yang mana 12 diantaranya termasuk langkah dan sudah terancam punah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya aktivitas pertambangan yang berlangsung di bagian tengah, sehingga sungai mengalami pencemaran logam berat. Namun, meskipun demikian sungai masih menjadi prasarana transportasi terpenting sebagai penghubung daerah tengah dengan daerah pesisir barat Kalimantan.

Sungai Mahakam.

Sungai dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar kedua di Indonesia. Sungai Mahakam terletak di provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini bermuara di Selat Makassar dengan panjang encapai 920 Km. Sungai Mahakam melintasi kutai Barat, Kutai Kartanegara dan juga kota Samarinda. Sungai Mahakam juga menjadi sungai terbesar di Kalimantan timur.

Sungai Mahakam dikenal sebagai habitat bagi ikan air tawar yang dilindungi. Salah satu ikan air tawar yang dilindungi adalah Pesut Mahakam. Sungai ini memainkan peran penting seagai sumber air, Perikanan dan juga sebagai prasarana untuk melakukan transportasi batu bara. Sungai Mahakam juga merupakan tempat berkembangnya kerajaan Kutai.

Sungai Barito.

Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis

Sungai Barito teletak di pulau Kalimantan, sungai ini melewati dua provinsi yang berbeda, yaitu provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sungai ini berasal dari mata air pegunungan Muller. Sungai Barito menjadi sengai terpanjang ketiga di Indonesia dan merupakan sungai terbesar yang ada di Indonesia.

Sungai Barito memiliki panjang sekitar 900 Km dengan kedalaman 8 m dan lebarnya antara 650- 1000 m. Sungai ini mempinyai peran pentng dari perkembangan ekonomi daerah sekitarnya dan sebagai media transportasi.

Sungai Batang hari.

Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan Ukuran Yang Fantastis

Sungai ini berada di pulau Sumatra dan menjadi sungai terpanjang yang ada di pulau Sumatra. Sungai Batang Hari memiliki panjang sekitar 800 Km dan mengaliri dua provinsi yang berbeda, yaitu Sumatra Barat dan Jambi. Hulu sungai ini berada di kabupaten Solok dan Muara Jambi dengan Gunung Rasan sedangkan hilir sungai ini terletak di Timur Sumatra. Namun, akibat kegiatan pertambangan dan eksploitasi htan sungai ini mengalami kedangkalan.

Sungai Musi.

Sungai Dengan ukuran Yang Fantastis
Sungai Dengan ukuran Yang Fantastis

Sungai Musi terletak di provinsi Sumatra Selatan. Sungai ini dikenal sebagai lokasi jatuhnya pesawat Silk Air pada than 1997.  Sungai Musi memiliki panjang sekitar 750 Km dengan kedalaman 6,5 m yang membuat sungai ini mampu dilalui oleh kapal besar yang mengangkut hasil pertanian dan sumber daya alam. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera menjadi Salah satu ikon di Sumatra Selatan.

Sungai Bengawan Solo.

Sungai dengan Ukuran Yang Fantastis
Sungai dengan Ukuran Yang Fantastis

Sungai Bengawan Solo menjadi sungai terpanjang dan terbesar di pulau Jawa. Sungai ini memiliki panjang sekitar 600 Km. Sungai ini menjadi sumber air kehidupan masyarakat sekitar dan bermanfaat juga untuk pertanian. Bengawan Solo termasuk area Paleontropologi dimana banyak ditemukannya fosil manusia- manusia purba. Sungai Bengawan Solo mengaliri bebrapa kawasan di daerah Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Sungai ini juga dijadikan inspirasi lagu keroncong ciptaan Gesang.

Itulah beberapa sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia yang wajib anda baca. Sehingga wawasan kalian menjadi bertambah.