Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah

Posted on
manfaat minyak zaitun
manfaat minyak zaitun

Terdapat banyak masalah kulit wajah yang kerap kali dialami oleh para wanita seperti permukaan wajah yang kurang halus, berjerawat, kulit berminyak, pori-pori membesar, serta flek hitam pada wajah. Walaupun masalah pada kulit wajah diatas dapat dibereskan dengan menggunakan berbagai macam peralatan modern dan mengandalkan dokter yang telah berpengalaman, namun cara yang dilakukan biasanya memerlukan biaya yang cukup mahal.

Belum lagi efek samping yang disebabkan perawatan modern tersebut membuat sebagian wanita enggan menempuh perawatan medis untuk wajah mereka. Para wanita yang ingin tampil dengan wajah yang terawat dan terkesan flawless memilih untuk menggunakan kosmetik untuk menutupi kekurangan yang ada di wajahnya.

Padahal jika make-up yang diaplikasikan pada wajah tidak dibersihkan dengan teratur, malah akan membuat kondisi kulit wajah semakin rusak. Bahan yang dapat digunakan untuk perawatan wajah dengan harga terjangkau namun dapat memberikan khasiat yang beragam yaitu minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun telah dikenal sejak dahulu yang mana minyak zaitun sangat bermanfaat untuk memelihara kecantikan. Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang sudah tua kemudian diperas dan diambil ekstraknya. Tanaman zaitun biasanya tumbuh di daerah mediterania yang memiliki intensitas cahaya matahari yang banyak.

Minyak zaitun sudah sangat terkenal dalam dunia kuliner, kecantikan bahkan kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

  • Energi 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat 0 gram
  • Lemak 100 g

Lemak memiliki beberapa jenis yaitu lemak jenuh (14 g), lemak tak jenuh tunggal (73 g), lemak tak jenuh ganda (11 g), Omega 3 lemak (<15 g) , Omega 6 lemak (3,5  hingga 21 g), Protein 0 gram, Vitamin E 14 mg (93% dari asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa), Vitamin K 62 mg (59% dari asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa).

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

  1. Pelembab untuk Wajah

Dengan adanya kenyataan diatas, tidak heran jika kebanyakan wanita justru memilih menggunakan bahan alami seperti madu, lidah buaya ataupun minyak zaitun untuk mengatasi masalah kulit wajah mereka. Setiap wanita yang memiliki jenis kulit kering, normal, campuran ataupun berminyak, disarankan untuk menggunakan pelembab untuk menutrisi kulit dari luar.

Terutama untuk wanita yang memiliki jenis kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab agar kulit wajah tidak terlalu kering. Untuk anda yang memiliki wajah kusam, maka sudah sepatutnya untuk menggunakan minyak zaitun sebagai bahan alami yang tepat sekaligus aman untuk di gunakan pada kulit wajah. Cara menggunakan minyak zaitun sbagai pelembab adalah sebagai berikut :

  • Siapkan minyak zaitun yang akan digunakan
  • Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang biasanya dipakai dan segera keringkan dengan handuk yang bersih
  • Oleskan minyak zaitun yang telah dipersiapkan tadi pada seluruh wajah anda
  • Oleskan saat malam hari sebelum anda tidur dan gunakan secara teratur setiap malam agar wajah anda terlihat lembab alami saat di siang hari.
  1. Mengangkat Kotoran di Wajah

Manfaat minyak zaitun selanjutnya yaitu dapat membantu mengangkat serta membersihkan kotoran yang ada di wajah. Saat sedang melakukan kegiatan di luar ruangan pasti yang namanya kotoran dan juga debu akan mudah menempel di kulit wajah. Kotoran yang menempel di wajah itu merupakan hal yang biasa dan dapat dibersihkan dengan mudah.

Walaupun anda dapat menggunakan air untuk membersihkannya, namun terkadang air tidak bisa membersihkan kotoran yang masuk ke dalam pori-pori kulit wajah yang mana jika hal tersebut dibiarkan akan mengakibatkan jerawat muncul. Dan karena itu, anda memerlukan bahan lain yang mampu untuk menjangkau hingga ke pori-pori seperti minyak zaitun. Cara menggunakannya :

  • Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka
  • Setelah itu terapkan minyak zaitun sebagai masker wajah
  • Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air sampai bersih

3. Sebagai Penghilang Jerawat

Minyak zaitun juga dapat anda manfaatkan untuk masker wajah. Masker wajah ini dapat diterapkan agar kulit wajah anda tetap terjaga keremajaannya. Masker ini juga bisa untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang selama ini mengendap di wajah anda. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang tinggi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Minyak zaitun cukup menguntungkan untuk dipakai sebagai perawatan wajah karena minyak zaitun cocok digunakan untuk semua jenis kulit wajah yang ada serta mampu dalam mengurangi jerawat yang timbul di wajah anda. Selain khasiat diatas, vitamin E juga mempunyai khasiat lain, yang mana bisa dimanfaatkan seperti halnya antioksidan yang alami untuk tubuh serta membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kanker kulit.

Jika minyak zaitun yang anda terapkan untuk masker wajah tadi digunakan secara rutin dari hari ke hari akan dapat mengurangi jerawat yang ada di wajah anda. Hasilnya memang tidak langsung terjadi pada waktu itu juga, tetapi dengan pemakaian yang teratur akan terlihat bahwa jerawat anda sedikit demi sedikit menghilang.

  1. Mengatasi Kutil yang Terdapat Pada Wajah

Manfaat minyak zaitun yang ketiga yaitu mengobati penyakit kutil yaang ada di wajah. Penyakit kutil memang tidak begitu menyakitkan jika dibandingkan dengan bebagai macam penyakit lainnya yang lebih parah, tetapi benjolan yang ada pada kutil ini akan sedikit mengganggu penampilan anda apalagi jika kutil tersebut muncul di bagian wajah.

Benjolan dari kutil ini biasanya timbul di bagian punggung ataupun bagian tubuh yang lain seperti di tangan dan kaki. Kutil yang muncul di wajah akan semakin membesar jika tidak segera di obati. Kutil ini dapat diatasi dengan minyak zaitun, anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bagian wajah yang terdapat benjolan kutil tersebut.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit yang cerah merupakan suatu hal yang sangat sering diinginkan oleh para wanita zaman sekarang. Tidak ada salahnya jika anda mencoba minyak zaitun ini sebagai salah satu minyak yang dimanfaatkan untuk bahan pencerah wajah. Minyak zaitun akan memberikan efek yang menyegarkan dan membantu wajah berelaksasi sejenak.

Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk mencerahkan wajah dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara merata pada bagian wajah, tunggu selama sekitar 30 menit. Disamping itu, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah.

  1. Menghambat Terjadinya Penuaan Dini

Seiring perkembangan usia, bagian kulit seseorang termasuk kulit wajah pasti akan mengalami kemunduran seperti halnya muncul keriput dan kulit menjadi tidak selentur sebelumnya. Disamping itu, secara perlahan bagian wajah akan mulai terlihat flek hitam bermunculan dan masalah kulit lainnya akan terjadi.

Minyak zaitun ini aman digunakan untuk perawatan wajah secara rutin karena minyak zaitun terbuat dari bahan alami berupa buah zaitun. Walaupun begitu, jangan berharap untuk dapat merasakan perbedaannya jika anda hanya menggunakannnya satu kali sampai dua kali saja. Anda harus secara teratur dalam melakukan perawatan kulit wajah dengan minyak zaitun ini agar hasil yang anda inginkan bisa segera terlihat.