12 Fakta Unik Seputar Korea Selatan Bikin Kamu Tercengang!

Posted on
korea selatan
korea selatan

Bagi kamu yang pecinta K-Pop, pasti ingin mengetahui hal-hal menarik tentang Negara Korea Selatan bukan? Ya, Negara yang telah mencuri perhatian di seluruh dunia ini berkat artis boyband, girlband bahkan serial drama mereka sehingga banyak orang terutama kaum remaja menyukai Negara Korea Selatan ini atau pecinta Korea disebut K-popers. Negara Korea Selatan atau dijuluki Negeri Ginseng juga termasuk salah satu Negara Maju di dunia. Teknologi yang sangat maju, terutama gadget, banyak gadget yang dipasarkan di Indonesia ini berasal dari Negara Korea Selatan. Negara Korea adalah Negeri yang indah dan kaya akan budayanya, meskipun banyak terpengaruh dengan budaya barat, tetapi mereka tidak lupa dengan kebiasaan-kebiasaan tradisionalnya. Hm, kira-kira kamu penasaran kan, apa saja fakta menarik lainnya di balik Negeri Ginseng ini, dan bagi kamu yang pecinta K-pop, pasti ingin mengetahui fakta menarik lebih lanjut kan? Mari simak artikel berikut ini!

fakta menarik korea selatan
fakta menarik korea selatan
  1. Kebiasaan Melakukan Operasi Plastik sudah Populer

operasi plastik
operasi plastik

Bagi kamu yang K-popers, supaya berhati-hati ya, karena ternyata di Korea Selatan ini melakukan perawatan operasi plastik ini sudah populer loh, bahkan sudah menjadi hal biasa. Banyak diantara mereka para remaja usia pelajar atau kuliah sudah melakukan perawatan operasi plastik ini. Biasanya operasi yang paling populer adalah, memutihkan kulit,mengubah bentuk mata dan menghilangkan tanda lahir. Sehingga Negara ini banyak dijuluki sebagai “Republic Of Plastic Surgery”. Biaya operasi plastik di Negara ini pun juga lebih murah dibandingkan Negara lain, sehingga banyak para dokter operasi plastik membuka klinik bagi mereka.

  1. Para Pria Menyukai Make Up

Kamu pasti sering melihat artis-artis pria Korea ini tampan-tampan bukan? ataupun warga Negara Korea sendiri pun juga terlihat menawan? Ya, hal ini disebabkan karena dibalik ke tampanannya itu menyukai make up. Wah, tidak heran ya, para pria disana gemar memakai make up, padahal di Indonesia, pria memakai make up merupakan hal yang tidak wajar. Tetapi disana sudah menjadi kebiasaan mereka. Bahkan ada yang mengatakan bahwa pria di Korea Selatan merupakan salah satu penyumbang pemasukan industry kosmetik terbesar lho. Di setiap tahunnya industry kosmetik di Negara ini mendapat penghasilan mencapai $900 juta dari pengguna laki-laki. Sehingga para lelaki disana menyukai perawatan diri, wah sangat unik, layaknya seperti perempuan aja ya. Hehe…

  1. Dalam Hal umur Tidak Terdapat Angka Nol

Hm, mungkin jika kalian datang ke Korsel pasti kalian secara tidak sadar umur kamu lebih tua satu tahun disbanding sebelumnya. Hal ini buka terjadi karena perjalanan ke Korsel memakan waktu lama hingga setahun lebih, tapi karena mereka disana dalam system penanggalan tidak memiliki angka nol. Hal ini sanagtlah unik dan berbeda dengan Negara lain. Contohnya saja, jika bayi baru lahir dia akan langsung berusia 1 tahun bukan seperti di Negara lain termasuk Indonesia, berumur 0 tahun. Jadi, sebaiknya jika Anda berkunjung kesana lebih baik bertanya terlebih dahulu ya tahun kelahirannya, siapa tahu lebih muda dari kamu.

  1. Sebagian dari Negara Korsel Menganut Atheis

Korea selatan menganut atheis
Korea selatan menganut atheis

Memang, kebanyakan hal yang terjadi di Negara maju ini cenderung bersifat hedonism dan kurang mengetahui tentang keberadaan Tuhan. Hal ini juga terjadi pada Negara Korsel ini, seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dan budaya barat semakin modern, mereka lebih memilih untuk menjadi orang atheism, atau tidak menganut agama. Hal ini disebabkan mereka memiliki etos kerja sangat tinggi dan tuntutan hidup yang luar biasa. Sehingga faktor ini yang menybabkan mereka sangat sulit untuk mempercayai Tuhan dan kurang nyaman dengan aturan agama yang begitu mengikat mereka. Inilah yang menjadikan mereka percaya bahwa hasil yang mereka dapatkan dengan kerja keras dan semangat tinggi akan meraih kesuksesan tanpa adanya ketergantungan dengan Tuhan.

  1. Terkenal dengan Sebutan Orang Steress Terbesar di Dunia

Di Korsel ini termasuk salah satu Negara terbanyak untuk melakukan tindakan bunuh diri, dan biasanya mereka melakukan bunuh diri ini dengan cara pergi ke jembatan sungai Han dan terjun langsung. Maka biasanya di daerah ini sering ditulis “jangan bunuh diri”.  Mereka kerap melakukan bunuh diri biasanya karena depresi mengenai masalah ekonmi, putus hubungan asmara, stress belajar, gagal masuk universitas dll. Bahkan mereka juga memiliki situs/web bunuh diri, yaitu dimana mereka melakukan chattingan dengan orang lain untuk bertemu dan meklakukan bunuh diri secara berjamaah. Sehingga pemerintah Korsel membuka Kantor Konsultasi bagi para pengidap depresi ini. Wah, mengerikan ya..

  1. Memiliki Porsi Makan yang Banyak

Hm, jika Anda berkunjung ke Korsel jangan heran ya, mereka disana ternyata memiliki porsi makan yang banyak lho. Dan biasanya jika mereka bertegur sapa dengan orang lain, hal yang terlebih dahulu untuk ditanya adalah “apakah kamu sudah makan?” daripada mereka menanyakan tentang kabar. Jika di Indonesia porsi 5 orang, ternyata disana bisa dihabiskan hanya dengan 2 orang saja, wah mengejutkan bukan? Makanan disana yang paling terkenal adalah Kimichi makanan ini adalah lauk pauk yang terdiri dari sayuran dan bumbu yang telah diawetkan. Tahukah kamu, ternyata makanan Kimichi ini termasuk 5 makanan tersehat di dunia.

  1. Lebih Menyukai Makan Mie di Panci Secara Langsung

Orang korea selatan menukai makan mie di panci
Orang korea selatan menukai makan mie di panci

Orang Korsel sangat menyukai makan mie bahkan di panic secara langsung, karena bagi mereka makan di di panci lebih terasa panas dan nikmat disbanding dipindah ke mangkok atau piring.

  1. Minum-Minuman Beralkohol bagi Laki-Laki dan Perempuan di Korsel  Menjadi Hal Biasa.

    Di Korsel mengonsumsi minuman beralkohol adalah hal yang biasa mereka lakukan, padahal jika di Indonesia orang yang mengonsumsi alkohol identik dengan nakal dan hanya senang menghambur-hamburkan uang saja, dan yang paling sering dilakukan adalah kaum laki-laki. Tapi di Korsel orang berpendidikan,memiliki pekerjaan mengonsumsi alkohol adalah hal yang wajar.

  2. Budaya Membaca Buku

orang korea membiasakan membaca buku
orang korea membiasakan membaca buku

Meskipun mereka juga banyak menggunakan gadget, tetapi mereka tetap melakukan kebiasaan membaca buku lho, hal ini dialami juga oleh Negara Jepang, dengan teknologi canggih, tetap memiliki kewajiban untuk membaca buku. Di sekolah pun juga jarang lagi menggunakan system ujian, mereka hanya diperintahkan oleh gurunya untuk membaca buku pengetahuan saja. Jadi,ketika waktu pelaksanaan ujian tiba, mereka banyak mebaca buku dan di perpustakaan banyak sekali dipenuhi buku-buku pengetahuan. Hm, bagaimana dengan Indonesia ya?

  1. Negara Korsel ini juga Disiplin Waktu

Sama halnya dengan Jepang, Negara Korsel ini juga memiliki tata tertib untuk datang tepat waktu, baik untuk pekerja,perusahaan,pemerintahan,universitas ataupun sekolahan. Jika mereka datang terlambat meskipun satu menit saja, mereka supaya meminta maaf kepada atasannya.

  1. Uniknya Pohon Pinus

Tahukah kamu, di Korsel ini pohon pinus dijadikan sebagai pohon filosofi cinta. Karena bagi mereka mengandung filosif cinta yang kokoh dan tak pernah berakhir, Mengapa di Negara ini ketika membuat serial drama percintaan banyak melibatkan pohon pinus.

   12.  Bahasa Korea sudah diakui oleh di Negara Dunia

Bahasa Korea (Hangoul) ternyata sudah diakui di berbagai belahan dunia lho, karena bahasanya masuk akal (logis). Karena huruf korea konsonan dan huruf vokalnya mudah untuk dipelajari dan mudah dibedakan antara tulisan dan pelafalannya.

Itulah beberapa fakta unik seputar Korea Selatan, nah bagaimana? unik bukan kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari? memang di setiap berbagai negara penjuru di dunia, pasti memiliki kebiasaan negatif maupun positif.

Hal-hal yang positif dapat kita ambil sebagai pelajaran, sekian semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa menambah wawasan.