Penasaran? Berikut 10 Macam Buah Eksotik dan Penjelasannya

Posted on

Pada artikel ini saya ingin membahas tentang buah eksotik. Sebelumnya apakah Anda pernah mendengar nama tersebut? Hm, kedengarannya jarang ya, apalagi di zaman era modern ini masyarakat sudah kurang mengenal seputar kekayaan alam yang ada di Indonesia. Teknologi yang serba canggih, modern sehingga masyarakat kurang mengenal wawasan seputar keadaan kekayaan alam Negara sendiri. Sedih rasanya ya, tapi Anda jangan khawatir.Mesipun namanya jarang dikenal,ternyata beberapa buah yang kita jumpai tergolong dalam buah eksotik loh. Nah, apakah ingin mengetahui lebih lanjut? Baca artikel berikut ini !

Apa Itu Buah Eksotik?

buah eksotis
buah eksotis

Kata eksotik dalam kamus Merriam-Webster, memiliki banyak arti excitingly, dan masih banyak lagi. Namanya pun juga aneh tapi luar biasa, berasal dari kata eksotis yaitu memiliki daya tarik yang khas sehingga belum dikenal umum. Maksudnya adalah buah yang tidak dikenali dalam kehidupan sehari-hari atau tidak biasa dijadikan bahan hidangan. Buah eksotik dalam istilah adalah buah yang memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki ciri khusus dengan rasa,aroma,bentuk yang khas dan berbeda. Memiliki warna,tekstur yang aneh tapi indah. Tapi dibalik semua itu, mengandung khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahuimacam-macam buah eksotik, berikut ini !

  1. Buah Belimbing

Buah belimbing
Buah belimbing

Buah belimbing atau carambola ini berasal dari Indonesia asli (Maluku), india dan Srilanka. Namun,buah ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1887 di daerah Florida Amerika Serikat. Buah ini ditanam secara komersial dan dipotong. Karena bentukknya mirip dengan bintang sehingga diberi nama starfruit. Belimbing ini memiliki khasiat luar biasa salah satunya mengobati penyakit tekanan darah tinggi,batuk dan sakit kepala. Buah Belimbing ternagi dua yaitu belimbing dan belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Buah ini juga memiliki khasiat untuk sariawan dan daunnya sebagai panas,gondok,ekapetoran dan sariawan. Tahukah Anda, di tahun 2007 ternyata buah ini resmi menjadi ikon Depok,Jawa Barat.

  1. Buah Manggis

buah manggis
buah manggis

Buah manggis atau bernama garcinia mangostana buah ini memiliki rasa dan warna unik. Sampai-sampai membuat ratu Inggris atau Ratu Victoria merasa tergila-gila. Buah ini juga dijuluki sebagai ratu buah karena memiliki khasiat luar biasa. Awalnya buah ini ditemukan di Kalimantan dan Jawa Barat. Secara tradisional buah manggis sebagai obat penyembuhan wasir,luka atau sariawan karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Buah ini juga digunakan sebagai kesehatan dan kecantikan.

  1. Buah Salak

Buah salak
Buah salak

Buah salak atau nama ilmiahnya salacca/zalacca buah ini berasal dari asli Indonesia. Buah ini juga dijuluki sebagai snake fruit karena memiliki kulit yang bersisik. Selain buah yang eksotis,buah ini memiliki kandungan vitamin sangat tinggi sehingga dipercaya untuk mengobati asam lambung , jantung, kolesterol, darah tinggi dll. Tahukah Anda,ternyata yang sebagai identitas Kota Jakarta yaitu salak condet karena memiliki varian rasa manis dan daging yang lembut. Buah salak baik untuk pertumbuhan otak dan daya ingat atau “fruit of memory” karena kaya akan kandungan potassium dan pektin.

  1. Buah Cempedak

buah cempedak
buah cempedak

Buah cempedak juga memiliki nama latin artacarpus. Hm, sepertinya jika dilihat buah ini mirip dengan nangka atau durian, buah dan bijinya banyak getah dan aromanya juga yang wangi dan menyengat. Buah ini dapat disajikan sebagai camilan gorengan ataupun kolak. Dalam Bahasa jawa bernama nangko cino atau bahasa banjar bernama tiwadak. Ternyata buah ini memiliki kandungan vitamin A dan C sehingga menjaga kesehatan mata dan menjaga daya tahan tubuh dan memiliki kadar serat tinggi untuk membantu saluran pencernaan.

  1. Buah Duku

Buah duku
Buah duku

Buah duku atau lancium domesticum buah ini berasal dari asli Indonesia. Buah ini diekspor sudah sampai Negara Asia,tapi sayangnya masih belum sampai ke Amerika dan Eropa. Uniknya buah ini dijadikan identitas Sumatera Selatan. Buah ini memiliki banyak manfaat mulai dai biji sebagai obat cacing dan demam,tepung kulit kayu sebagai gigitan kalajengking, kulit kayu sebagai malaria dan disentri dan kulit buahnya sebagai diare bahkan bisa sebagai pengusir nyamuk di rumah Anda dengan cara dikeringkan dan dibakar. Buah duku juga bila dimakan segar dan biasanya dijadikan sirup dan diawetkan dalam botol.

  1. Buah Matoa

Buah matoa
Buah matoa

Apakah Anda pernah mendengar buah ini? Ya sepertinya jarang.  Buah matoa atau nama latin pometia pinnata asli dari Indonesia tumbuh di daratan Papua. Jika Anda berkunjung ke Papua, Anda bisa membawa oleh-oleh buah ini. Buah ini memiliki ciri-ciri kulit teba dank eras sehingga bertahan lama asalkan suhunya di bawah 10 derajat celcius.  Ternyata buah matoa memiliki banyak khasiat diantaranya kaya akan vitamin C, Vitamin E sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Bagi yang hamil juga sangat cocok mengonsumsi buah ini karena berfungsi meningkatkan kesuburan wanita.

  1. Buah Rambutan

buah rambutan
buah rambutan

buah rambutan atau nephelium lappaceum. Nah, buah yang satu ini berasal dari khas Indonesia. Jika Anda pergi ke luar negeri pasti jarang menemukannya,karen buah ini tumbuh di iklim tropis dan hanya bisa tumbuh di musim-musim tertentu. Buah ini memiliki banyak jenis lho, seperti Rambutan Aceh lebak Bulus,Cimacan,Rambutan Rapiah,Rambutan Binjai, dan Rambutan Sinyonya. Wah,kayak nama orang aja ya. memiliki khasiat luar biasa yaitu kandungan serat rendah lemak sehingga baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, kalorinya mengandung karbohidrat Dn mengandung zt besi tinggi sehinngga cocok bagi penderita anemia. Buah ini juga rasanya manis, segar dan lezat.

  1. Buah Naga

buah naga
buah naga

Buah naga atau hylocereus undatus, siapa yang tak kenal buah ini? Meskipun buah ini bukan asli dari Indonesia, tapi tergolong buah eksotis. Karena buahnya yang unik, berwarna merah muda bentuknya mirip seperti naga sehingga disebut buah naga. Buah ini tergolong buah jenis kaktus yanhg berasal dari Meksiko,Amerika Tengah. Tapi,sekarang sudah dibudidayakan di wilayah Asia salah satunya di Indonesia. Buah ini sudah banyak di tanam karena iklim tropis sehingga cocok di kembangkan. Di dalam buah ini terdapat 2 jenis yaitu berwarna merah dan putih.

  1. Buah Pisang

buah pisang
buah pisang

Tahukah Anda, buah ini asli dari Indonesia. Buah pisang atau musa paradisiaca memiliki banyak kandungan vitamin  dan mineral seperti  vitamin B kompleks,B 6, vitamin C dan kalium,magnesium,fosfor,zat besi dll. Selain itu juga sebagai kelancaran fungsi otak karena mengandung zat serotonin aktif sebagai neurotransmitter. Buah ini menjadi 2 jenis yaitu pisang meja yang dikonsumsi saat buah sudah masak seperti pisang ambon,pisang raja,susu,sunripe. Pisang olahan dikonsumsi saat di goring,direbus atau dikolak bahkan dijadikan kripik.

  1. Buah Jambu Air

Buah jambu air
Buah jambu air

Buah jambu air atau syzygium aqueum tumbuh di iklim tropis seperti di Indonesia. Buah ini banyak jenisnya diantaranya merah,hijau,dan agak putih. Tapi,yang rasanya manis biasanya berwarna merah. Buah ini banyak khasiatnya sebagai antioksidan dan kolagen karena kaya vitamin C dan kesehatan kulit. Di Indonesia buah ini biasanya dimakan ketika ngerujak. Wah,ketika rujak’an gak afdol kalo gak makan pake buah yang satu ini.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah mengerti apa itu buah eksotis. Selain warna dan rasanya yang khas, memiliki banyak khasiat tersendiri yang didapatkan daripada buah yang lain. Apakah Anda ingin mencoba buah tersebut? Hm,sangat nikmat. Demikian semoga artikel saya bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan.