10 jenis makanan yang bikin ngiler
10 jenis makanan yang bikin ngiler

10 Jenis Makanan yang Bikin Kamu Ngiler

Posted on

Makanan di Negara Indonesia terkenal dengan keasliannya dan cara mereka menunjukkan identitas bangsa. Dari Sabang sampai Merauke sangat banyak pilihan kuliner yang bisa kamu dapatkan dan kamu santap di Negara ini. Hal ini menjadi salah satu penyebab makanan Indonesia yang selalu tampil dalam ajang festival kuliner dunia. Dikarenakan semua jenis makanan yang ada di Indonesia menggunakan rempah-rempah yang tidak bisa ditemukan di Negara lain. Inilah sebabnya makanan Indonesia banyak sekali di minati dan mempunyai khas tersendiri.

makanan khas indonesia
makanan khas indonesia

Berikut 10 jenis makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan banyak diminati :

  1. Gado-gado

Makanan khas Jawa ini cukup terkenal bahkan sampai luar negeri pun. Gado-gado khas Indonesia terbuat dari rempah-rempah dan bumbu asli, di luar negeri terkenal dengan sebutan “salad”. Makanan gado-gado ini pernah diikutsertakan dalam kompetisi perlombaan dengan hidangan dari Negara-negara lainnya. Dan makanan khas Indonesia yang satu ini meraih juara pertama dan terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, dan memiliki cita rasa yang sangat tinggi.

  1. Sop buntut

Sop buntut sapi khas Indonesia selain digemari oleh masyarakat Indonesia, ternyata juga disukai olhe Negara lain, yaitu Spanyol. Mereka menyukai sop buntut ini semenjak pertama kali kedutaan dari Indonesia di Italia mengenalkan keanekaragaman makanan khas kita. Termasuk sop buntut lah menjadi kesukaan rakyat Spanyol akan hidangan ini dengan merasa puas.

Sop buntut ini adalah makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi yang melalui proses yang sangat panjang. Sehingga mewujudkan rasa yang sangat lezat untuk dinikmati dan di gemari. Cara yang pertama, potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar, lalu dimasukkan kedalam kuah kaldu sapi, dan biasanya di sajikan dengan di tambah irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat, dan juga bawang gorengnya.

  1. Nasi padang

Kuliner dari Sumatra Barat dikenal dengan nama masakan Padang, karena Sumatra Barat ibu kotanya berada di kota Padang. Kuliner yang satu ini sangat digemari oleh produk local maupun wisatawan mancanegara. Masakan Padang menggunakan rempah-rempah dan kelapa yang sebagai bumbu utama. Kuliner ini memiliki khas yaitu sayur dan singkong rebus dan gulai nangka.

  1. Rendang

Makanan khas Sumatra Barat yang satu ini, selain disukai oleh masyarakat Indonesia juga tersohor oleh seluruh penjuru dunia. Rendang merupakan posisi yang berada di pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak yang diadakan di Jerman. Memiliki rasa yang sangat khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

  1. Nasi goreng

Setiap Negara pasti memiliki menu nasi goreng yang bervariasi. Nasi goreng khas Indonesia memiliki rasa yang lebih khas, karena memakai bumbu yang lebih lengkap. asi goreng sangat mudah untuk di temukan, ada yang di pinggir jalan, restoran, hingga restoran bintang lima pun menyediakan. Tak heran lagi jika nasi goreng khas Indonesia sempat termasuk daftar makanan terlezat di dunia. Presiden Amerika ke 44, Obbama sangat menyukai nasi goreng khas Indonesia.

  1. Sate

Sate Madura dan sate Padang menjadi varian yang paling terkenal dan memiliki favorit yang sangat banyak. Banyak dari wisatawan asing yang mencari dan ingin mencoba karena saking lezatnya dan tidak dapat terdangi. Sejumlah restoran internasional pun telah memasukkan sate ke dalam menunya. Di New York, ada sebuah restoran yang bernama Satay Junction yang menyediakan sate ayam yang menjadi hidangan ambalannya.

  1. Tempe

Tempe diolah dari kacang kedelai dan cara penyajiannya sangat bervariasi. Tahukah Anda, bahwa tempe menjadi salah satu favorit dari Negara Jepang. Ini berawal dari seseorang yang menjual tempe dalam acara bazaar yang diadakan di Jepang. Sekali Anda mencoba, mereka langsung menyukainya.

  1. Mie goreng

Jenis mie di dunia sangat banyak sekali jenisnya. Selain menjadi makanan yang paling favorit di Indonesia yang bernama Indomie , sudah terkenal di 80 negara yang berada didunia sejak 20 tahun yang lalu.

  1. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas di Indonesia yang berasal di Yogyakarta dan telah menarik perhatian bagi masyarakat Indonesia, bahkan sampai Internasional. Banyak Negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan. Gudeg adalah makanan olahan dari nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santen. Memiliki rasa yang manis pedas selalu diburu oleh para wisatawan local dan mancanegara.

  1. Soto

Di Indonesia memiliki banyak varian soto yang tersebar, antara lain soto ayam, soto Betawi, coto Makassar, dan lain sebagainya. Keunikan setiap rempah yang digunakan dan ciri khas masing-masing inilah yang membuat soto menjadi salah satu makanan ternama di dunia.

Wah, sangat bangga ya kuliner Indonesia yang semakin mendua. Kalau kamu sendiri paling suka yang mana nih?

Sekian dari artikel saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya. Dadah..