10 Fakta Menarik dan Informasi Seputar Kupu-Kupu Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Kupu-kupu– Kali ini artikel saya membahas tentang kupu-kupu. Membahas soal kupu-kupu pasti kamu sering mendengar nama kupu-kupu bukan? Ya, binatang serangga bersayap yang sangat cantik ini, telah membuat para manusia begitu takjub akan keindahannya. Mulai dari jenis kupu-kupu,sayapnya yang bermacam-macam dan memiliki warna yang indah, membuat para manusia terkagum sungguh serangga bersayap ini sangat mempesona. Hm, penasaran kan tentang informasi dan fakta menarik seputar kupu-kupu ini? Simak yuk, artikel berikut ini!

jenis kupu-kupu
jenis kupu-kupu

Informasi seputar kupu-kupu

Kupu-kupu dan binatang ngengat adalah binatang serangga bersayap sisik. Sederhananya kupu-kupu terbagi menjadi 2 yaitu kupu-kupu yang berterbangan di siang hari (diurnal) dan malam hari. Kupu-kupu yang berterbangan di malam hari (nocturnal) inilah yang disebut ngengat.

Secara ilmiah, kupu-kupu tergolong dalam ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik) kingdom : Animalia, Filum: Arthropoda, Kelas : Insecta.
Perbedaan kupu-kupu dan ngengat adalah, kupu-kupu jika hinggap dia akan menegakkan sayapnya dan ngengat jika berhinggap akan membentangkan sayapnya. Kupu-kupu dan ngengat sama-sama memiliki sayap yang berwarna indah cemerlang. Perbedaaan anatara ngengat dan kupu-kupu sanagt tipis. Biasanya ngengat cenderung berwarna gelap dan kusam.

Kupu-kupu memang memiliki species serangga yang banyak diantaranya lainnya, terutama di wilayah Pulau Jawa dan Bali sekitar 600 lebih species kupu-kupu yang bermacam-macam. Ngengat pun begitu, namun hitungannya masih belum pasti. Kupu-kupu yang berada di Indonesia ini memang sangat membantu sekali untuk kehidupan terutama bagi tanaman, yaitu membantu proses penyerbukan pada tanaman bunga, selain itu, kupu-kupu juga slaah satu jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.

Nah, dibalik informasi kupu-kupu dan ngengat itu, ternyata memiliki fakta menarik yang banyak orang masih belum mengetahuinya lho. Hm, kira-kira apa saja ya? fakta menarik seputar kupu-kupu? Mari simak berikut ini!

jenis kupu-kupu
jenis kupu-kupu
  1. Memiliki Sayap Transparan

Hm, dibalik warna kupu-kupu dan sayapnya yang indah ternyata kupu-kupu ini memiliki  sayap yang transparan lho. Kok bisa? Iya, karena sayap-sayap ini terbentuk dari lapisan chitin, yaitu sebuah protein yanhg membentuk eksoskeleton serangga. Karena lapisan ini sangat tipis kamu pun bisa menembusanya. Lalu banyak sisik-sisik kecil ini yang meneylimuti chitin transparan kemudian sisik-sisik ini memantulkan cahaya di dalam warna yang berbeda-beda. Ketika semakin tua kupu-kupu ini, maka transparan kupu-kupu akan makin terlihat.

  1. Minum Melalu Butiran Lumpur

Tahukah kamu, meskipun bentuknya yang kecil dan unik tetapi, kupu-kupu juga membutuhkan mineral dalam tubuhnya agar bisa bertahan hidup. Namun, biasanya kebiasaan yang sering dilakukan adalah kupu-kupu jantan yang menyedot butiran lumpur kaya akan mineral dan garam sehingga sering disebut dengan istilah puddling. Karena kupu-kupu jantan akan lebih banyak membutuhkannya untuk sperma.

  1. Tidak Dapat Terbang ketika Suhu Dingin

Sebenarnya jika kamu melihat kupu-kupu tidak dapat terbang bukan berarti kupu-kupu itu sedang sakit atau sayapnya terluka. Jarang kupu-kupu terjadi seperti itu. Tetapi, ternyata kupu itu itu tidak dapat terbang karena sedang bersuhu dingin. Kupu-kupu ternyata adalah bintaang serangga yang berdarah dingin. Sehingga mereka tak dapat mengontrol temperature tubuhnya. Umumnya binatang kupu-kupu memerlukan temperatur sekitar 300 Celcius agara bsia terbang.

  1. Kupu-kupu yang baru “Menetas” Tak Bisa Terbang

Ketika kupu-kuou yang baru meneras dari kepompongnya, keadaan kupu-kupu masih sangat berukuran kecil, kusut dan layu. Kupu-kupu juga harus memompa cairan tubuh terhadap vena yang ada di sayapnya sehingga dapat terbang. Ketika sayap kupu-kupu mencapai ukuran yang telah terpenuhi maka berisitrahat terlebih dahulu. Agar tubuh serta sayapnya kering dan mengeras sebelum terbang saat pertama kalinya.

  1. Mencicipi Makanan Dengan Kaki

Fakta menarik lainnya yaitu, ternyata jika kupu-kupu ingin mencicipi rasa makanan dan melacaknya ternyata menggunakan kaki. Sehingga memudahkan dalam mencari makanannya. Untuk kupu-kupu betina mereka akan mendarat di tanaman yang berbeda-beda. Dan menggoyangkan dedaunan tersebut menggunakan kakinya. Unik bukan yang dilakukan dengan kupu-kupu ini?.

  1. Tidak Mampu untuk Mengunyah Makanan Padat

Selain makan menggunakan kaki, ternyata kupu-kupu juga tidak dapat mengunyah makanan padat. Kupu-kupu dewasa saja, hanya bisa mengonsumsi makanan cair. Salah satunya seperti nektar. Bagian mulut kupu-kupu memang dimodifikasi untuk meminum nektar saja dan tidak mampu untuk mengunyah makanan padat.

Belalai atau proboscis berfungsi untuk sedotan minuman terhadap kupu-kupu yang letaknya gtepat di bawah dagu kupu-kupu sehingga sampai menemukan sumber nektar bahkan nutrisi lainnya.

  1. Belalai (Proboscis) harus Digabungkan Setelah Keluar dari Kepompong (Chrysalis)

Ketika kupu-kupu dewasa baru muncul dari kantong pupa atau sering disebut kepompong. Maka mereka memiliki mulut terbagi menjadi 2 bagian. Lalu palpi yang berada di proboscis, maka kupu-kupu akan meggabungkan 2 bagian mulut menjadi 1 bagian. Sehingga disebut sebagai belalai tubular.

  1. Memiliki Pandangan dengan Jarak Dekat

Sebenarnya kupu-kupu sedikit berbeda dengan binatang lain yang memiiki pandangan jarak jauh hingga dapat menembusnya. Namun, kupu-kupu hanya memiliki pandangan sejauh 3 sampai 4 meter saja. Sehingga mereka mengandalkan pandangannya terutama untuk tugas vital, seperti menemukan pasangan,mencari makanan, bahkan melakukan perkawinan.

Selain itu, ternyata kupu-kupu dapat melihat warna ultraviolet luas layaknya seperti maat manusia.

  1. Kupu-Kupu Hanya Bisa Bertahan Hidup 2 sampai 4 Minggu

Ktika kupu-kupu keluar dari kepompongnya dan menjadi kupu-kupu dewasa maka kupu-kupu sebenarnya hanya memiliki waktu bberapa minggu saja untuk bertahan hidup. Sanagt sedih bukan? xixi.. Maka dalam waktu hidupnya itu mereka akan menggunakan waktunya untuk terutama 2 hal yaitu makan dan kawin. Jika pupu-kupu kecil juga hanya bisa bertahan beberapa hari saja. Biasanya kupu-kupu yang hidup lama yaitu kupu-kupu dewasa seperti monarchs atau mourning cloaks kira-kira lamanya sampai 9 bulan.

  1. Pandai Menghindar dari Predatornya

Jika dalam posisi rantai makanan, maka kupu-kupu termasuk posisi rendah sehingga banyak predator yang mengincarnya. Tetapi dibalik posisi mereka itu, ternyaat kupu-kupu pandai dalam mengatur strategi ataupun triknya seperti menyamarkan dirinya dengan sayapnya bersama alam sehingga predator merasa kesulitan untuk mencari mereka.

Nah, bagaimana? kini kamu sudah tahu kan informasi serta fakta unik dari kupu-kupu tersebut? Jadi, kamu tidak hanya melihat kupu-kupu saja disekitarnya tetapi juga mengetahui informasi dan fakta menarik kupu-kupu terutama yang ada di Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca serta menambah pengetahuan. Sekian..

Sampai jumpa di episode artikel berikutnya ya..