Yuk,Belajar Tentang Tanaman Hias Kembang Sepatu

Posted on

Halo Guys, selamat siang. Kali ini saya akan memberikan info tentang Tanaman hias Bunga Kembang Sepatu. Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, tanaman hias bunga kembang sepatu, atau nama latinya itu Hibiscus Rosa Sintesis, bunga kembang sepatu ini biasanya di gunakan sebangai model pembelajaran, terutama dalam pelajaran IPA, yang bertujuan untuk memperkenalkan bagian-bagian yang ada pada bunga.

Tanaman hia bunga kembang sepatu mempunyai bagian bunga yang sangat sempurna, yaitu memiliki 5 buah kelopak yang saling berhubungan, yang membentuk mahkota bunga yang besar. Di bagian tengahnya, terdapat tangkai berwarna putih yang menjulur keluar dari mahkotanya. Bentuk dari tangkai sarinya itu seperti silinder, lalu di kelilingi oleh tangkai sari yang memiliki bentuk oval, dan serbuk sari yang bertaburan.

Tanaman ini biasanya tumbuh bisa sampai sekitar 2-5 m tingginya, dan banyak di gunakan sebagai tanaman hias di kebun rumah. Bunga kembang sepatu sendiri mempunyai beberapa jenis varian warna. Namun, biasanya yang paling tren yaitu bunga kembang sepatu, yang memiliki warna merah. Warna merah dari bunga kembang sepatu yang sangat mencolok ini dapat berguna sebagai pewarna alami untk makanan.

Di bagian negara Cina,maupun di India, biasanya bunga ini di gunakan sebagai menyemir sepatu. Kemudian di jepang, tepatnya di daerah okinawa, bunga jenis ini banyak di tanam di makam, karena orang-orang sana percaya bahwa bunga ini di percaya sebagai bunga untuk kehidupan sesudah mati. Dan di negara kita sendiri, yaitu indonesia, bunga ini biasanya digunakan sebagai teh, dengan cara di keringkan terlebih dahulu. Bukan hanya itu saja, daun dari bunga kembang sepatu ini dapat di andalkan sebagai pengobatan tradisional.

Tanaman hias bunga kembang sepatu ini biasanya banyak sekali berjejer di pekarangan rumah, yang berguna sebagai tanaman pagar. Banyak sekali orang yang ingin menanam tanaman yang satu ini, tetapi tidak tahu cara menanam, dan menumbuhkanya. Kembang sepatu memang dapat di golongkan sebagai tanaman hias yang tumbuhnya secara liar, namun, jika anda inging membawanya ke rumah, maksudnya itu jika anda ingin menanamnya di rumah, hanya dapat memiliki peluang kecil untuk bisa tumbuh subur seperti aslinya.

Saya sarankan supaya anda menanamnya itu dari awal, dan agar nantunya bisa mudah untuk di pindahkan. Untuk penanaman awal, saya sarankan supaya menanamnya itu di dalam wadah, misalnya di dalam pot. Kali ini saya akan menjelaskan tantang langkah-langkah cara untuk menanam tanaman hias kembang sepatu yang ada di dalam pot:

  • Tentukan cuaca penanaman

Tanaman hias bunga kembang sepatu adalah jenis tanaman hias semak yang dapat hidup hingga lebih dari 40 tahun lamanya. Tanaman jenis ini memang termasuk jenis tanaman yang kuat, namun harus di ingat, bahwa tanaman jenis yang satu ini tidak kuat pada daerah yang bersuhu terlalu dingin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh pada daerah sekitar bersuhu 15-32 C. Jadi , sebaiknya jangan anda menanamnya pada saat musim dingin.

  • Siapkan media tanam

Media tanam yaitu berupa wadah pot, yang di campur dengan isian tanah dan pupuk rendah fosfor dan tinggi kalium. Pada dasarnya, tanaman hias ini suka terhadap tanah yang asam, apabila kandungan Ph nya terlalu basa, maka tambahkanlah tanah gambut, yang berasal dari lumut.

  • Penanaman Benih Kembang Sepatu

Cara menanam benihnya itu dengan cara melubangi media tanamnya sedalam 1-2 cm. Kemudian masukanlah benih kembang sepatunya ke dalam lubang yang telah di buat secara perlahan, setelah itu tutup lubang kembali dengan tanah yang bertekstur tipis.

Setelah semua yang di atas di terapkan, anda harus memiliki perawatan utama di masa awal pertumbuhanya. Perawatan tanaman hias ini tidaklah sulit, kurang lebih hampir sama dengan perawatan tanaman hias bunga lainya, yaitu:

  • Penyiraman dan Pemupukan

Ini sangatlah penting, jjika tanaman anda ingin tumbuh dengan subur, supaya tanaman anda dapat tetap dalam keadaan yang lembab. Siramlah secara rutin, tetapi jangan sampai membuatnya basah kuyup. Tanah yang kering yang terkena matahari  dapat membuat tanaman anda akan mudah mati perlahan-lahan, sebelum menginjak pada usia dewasa. Untuk pupuknya, bisa di berikan pupuk kompos atau pupuk NPK secara berkala.

  • Pengendalian hama dan gulma

Hama adalah merupakan musuh dari setiap tanaman, baik tanaman hias, ataupun tanaman lainya. Jika anda melihat pada tanaman anda, terutama pada daunya seperti busuk, dan berbintik-bintik. Maka anda harus mengambil tindakan cepat, yaitu dengan cara menyemprotkan tanaman dengan insektisida. Lalu, jika ada banyak rumput liar di sekitar tanaman anda, maka cabutlah rumput liar itu dengan segera, setelah itu tambahkanlah lapisan mulsa kepada permukaan tanaman kembang sepatu anda, gunanya untuk menghambat tumbuhnya rumput liar. Selain itu juga, mulssa dapat menjaga kelembapan tanah pada tanaman anda.

  • Pemangkasan

Teknik pemangkasan dilakukan berguna untuk menjaga tanaman anda agar tetap terlihat rapi, dan tidak semrawut. Selain itu, pemangkasan pada ranting, dan dahanya juga dapat memacu  munculnya bunga yang lebih banyak. Jika anda melihat pada bagian tanaman anda rusak, atau mati, segeralah melakukan pemangkasan pada bagian pohon yang rusak tersebut, supaya tidak menyebar ke bagian yang lain.

Itulah sedikit info tentang tanaman hias bunga kembang sepatu, dan cara menanamnya. Semoga info dari saya dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam kenal semua, terima kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.