Yuk Kita Belajar Tentang Bunga Matahari

Posted on

Untuk hari yang cerah ini, saya akan menceritakan tentang tanaman hias bunga matahari. Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman hias yang satu ini. Tanaman Hias bunga matahari adalah merupakan tanaman yang berasal dari tanaman hias, yang memiliki bentuk sangat menyerupai seperti bentuknya matahari.

Bunga matahri memiliki ciri-ciri yaitu bentuk bunganya yang mekar sempurnya, yaitu bentuknya berbentuk bundar, dengan sisi pinggirnya itu mempunyai kelopak bunga yang berwarna kuning, dan d bagian tengahnya itu terdapat bagian yang memiliki warna gelap. Warna kombinasi antara warna gelap dibagian tengah, dan warna kuning terang di bagian pinggirnya menjadikan bunga yang satu ini terlihat sangat indah, dan cantik. Namun, tanaman ini tidak dapat menghasilkan buah, tetapi, biji dari bunga ini dapat di olah sebagai makanan, yaitu kuaci.

Jenis Jenis Bunga Matahari

Bunga matahari juga memiliki banyak jenisnya. Berikut adalah jeni-jeni Bunga Matahari:

  • Bunga Matahari Earth Walker

Bunga matahari yang satu ini memiliki 3 varian warna, yaitu ada warna perunggu, warna cokelat, dan warna kuning. Selain itu, bunga matahari jenis ini merupakan jenis bunga matahari raksasa yang memiliki tinggi mencapai 270 cm.

  • Bunga matahari Big Smile

Biasanya, tanaman hias yang satu ini yang sering ditanamn di halaman, maupundi taman rumah anda. Bunga matahari jenis ini mempunyai ketinggian yaitu sekitar 40 cm, denan dahan yang bercabang. Biasanya, dalam 1 pohon, dapat menghasilkan 4 kuntum bunga yang diameternya itu sekitar 10cm.

Manfaat Dari Bunga Matahari

Manfaat dari tanaman hias bunga matahari ini bisa di jadikan sebagai tanaman hias. Ternyata, tanaman hias ini mempunyai banyak fungsi yang baik untuk kesehatan. Semua bagian yang ada di tanaman ini memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Bunga matahari ini sudah terkenal dapat digunakan sebagai obat penurun darah tinggi, dan juga dapat mengurangi rasa sakit, dan rasa nyeri. Pada bagian batangnya itu terdapat sum-sum yang memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat berguna untuk menyembuhkan penyakit kangker, dan juga melancarkan saluran kemih.

Selain itu juga, biji dari bunga matahari ini dapat kita manfaatkan dan di olah sebagai makanan ringan, salah satu makanan ringan yang di buat dari biji bunga matahari ini yaitu adalah Kuwaci. Kuaci walaupun memang makanan ringan, yang tida dapat mengenyangkan secara langsung, tetapi kuaci ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kita.

Kuwaci dapat mengobati kita dari penyakit disentri, penyakit influenza, demam, dan dapat juga meningkatkan nafsu makan kita. Kemudian, pada bagian daunya itu dapat kita gunakan sebagai makanan ternak, dan juga dapat berguna untuk sebagai obat malaria, dan obat peradangan. Lalu, pada bagian akarnya, berguna untuk mengobati penyakit, yaitu penyakit batu ginja, dan juga keputihan.

Tips Cara membudidayakan Bunga Matahari

Bagi anda yang ingin menjadi pebisnis, bunga matahari ini sangat cocok sebagai bahan bisnis kita. Karena sekarang, masih banyak sekali pecinta tanaman hias, salah satunya tanaman hias bunga matahari ini. Jika anda ingin membudidayakan tanaman ini sebagai lahan bisnis, atau hanya sebagai tanaman hias yang berada di taman anda, saya akan berikan tipsnya. Tanaman matahari dapat tumbuh dengan subur jika di tanamn dengan cara yang tepat. Berikut saya akan menjelaskan tips cara menanam tanaman matahari dengan benar, dan baik:

  • Pemilihan Lahan

Untuk masalah lahan, menurut saya tidak menjadi masalah. Sebab, tanaman ini itu dapat tumbuh dengan subur di dataran tinggi, maupun di dataran rendah, sampai di ketinggian 1500 meter di bawah permukaan laut, tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur.yang paling penting dari lahanya itu adalah lahan tersebut harus memiliki tanah yang subur, dan harus mempunyai cahaya sinar matahari yang cukup. Tetapi, untuk yang ingin membudidayakan tanaman ini hanya untuk bisnis, saya sarankan supaya lahanya itu di tempatkan di lokasi yang paling ideal, yaitu di tempat yang mempunyai kelembapan yang cukup tinggi, kalau bisa di dataran tinggi, atau di pegunungan.

  • Pembibitan Tanaman Bunga Matahari

Tips cara pembibitan dari tanaman bunga matahari ini adalah dengan cara menyemaikan benih-benih bunga matahari ke dalam pot, atau di lahan persemaian, sebelum di pindah ke lahan yang sebenarnya. Bibit bunga matahari ini terlebih dahulu di semaikan, hingga tumbuh yaitu kecambahnya, yang tingginya itu sekitar 15 cm, atau sekitar 20 cm. Biasanya proses persemaian sampai tumbuhnya kecambah itu, membutuhkan waktu sekitar 10 hari saja. Setelah 10 hari, bibit-bibit tersebut baru bisa di pindahkan ke tempat lahan yang sebenarnya.

  • Cara Menanam Bunga Matahari

Cara menanam bibitnya bunga matahari ini cukup mudah. Sebelum di pindahkan di lahan sebenarnya, beberapa minggu sebelumnya harus sudah kita gemburkan, dan kita beri pupuk terlebih dahulu. Selanjutnya, kita siapkan lubang tanamnya, yaitu jaraknya sekitar 1 meter x 1 meter. Bibit bunga matahari yang siap tanam, kemudian kita masukan ke dalam lubang yang telah kita buat tadi, kemudian di timbun bagian akarnya tersebut menggunakan tanah secukupnya. Dan jangan lupa, kita harus selalu memantau, mengairi, dan juga melakukan pemupukan, supaya tanaman bunga matahari tersebut dapat tumbuh dengan subur dan sempurna.

Itulah seidikit ilmu dari saya tentang bunga matahari, sekian dari saya semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Gravatar Image
"Anak Desa Rejeki Kota" Ingin berbagi dengan kata kata agar bisa bermanfaat di dunia & akhirat.