Tanaman Daun Binahong
Tanaman Daun Binahong

Yuk, Cari Tahu Manfaat Tanaman Binahong Bagi Kesehatan

Posted on

Halo kalian sahabat daun, dalam artikel ini saya akan membahas secara lengkap tentang manfaat dari daun binahong, selain kita membahas tentang manfaatnya, di dalam artikel ini juga akan dibahas tentang ciri-ciri, kandungan, tips cara memilih daun binahong yang bagus, serta cara mengolah daun bonahong secara baik dan benar, agar khasiatnya itu benar—benar di rasakan. Oke langsung saja inilah pembahasanya.

Informasi Lengkap tentang kandungan, manfaat dan khasiat daun binahong

Manfaat dari darun binahong ini sangatlah penting untuk kita ketahui. Karena, ternyata daun binahong ini dapat membantu kita dalam menyembuhkan beberapa penyakit atau untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebelum kita membahasnya, kita harus tahu apa sih daun binahong.

Daun binahong merupakan tumbuhan yang biasanya itu merambat pada dinding, atau pada pagar rumah. Di Negara Indonesia sendiri, tumbuhan ini biasa di sebut dengan nama gondola. Bentuk daunya itu sekilas hampir menyerupai daun sirih, manun sedikit lebih tebal di banding dengan daun sirih. Daun binahong juga mempunyai 2 jenis, yaitu jenis basella rubr yang warna daun dan batangnya itu berwarna merah. Dan jenis bassella alba yang warna daunya itu hijau gelap. Di dalam bahasa inggris, tanaman ini di sebut dengan nama Heartleaf maderavine.

Ciri-Ciri Tumbuhan Binahong:

  • Batang dari daun binahong lemah, bulat, bercabang dan lunak, serta tidak mempunyai kayu.
  • Batangnya itu merayap, dan mengeluarkan akar
  • Mempunyai daun tunggal dengan letaknya yang berseling.
  • Mempunyai bunga majemuk yang muncul pada bagian ketiak daun, dan berukuran sekitar 3-21 cm.
  • Mahkota bunganya yang berwarna putih dengan ujung yang berwarna ungu.

Tumbuhan ini berasal di berbagai macam Negara, salah satunya Negara korea. Tanaman binahong ini dapat kita jumpai dengan mudah di Negara gingseng tersebut. Dan, ternyata tanaman ini di gunakan sebagai bahan obat-obatan sejak zaman dahulu. Di Negara china juga terdapat tanaman binahong ini, namun lebih di kenal dengan nama Deng San Chi. Warga Negara China juga dalam mengolah tanaman ini, biasanya di gunakan untuk campuran obat-obatan.

Baca juga : 5 Jenis Tanaman Buah Yang Bisa Di Tanam Di Dalam Pot

Begitu pula di Negara Afrika, tepatnya itu di hutan Madagaskar. Tanaman binahong ini memang sudah terkenal digunakan sebagai campuran obat-obatan yang ampuh untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Sekarang, tanaman binahong ini bisa kita temukan di Indonesia. Selain tanaman ini bisa hidup di iklim Indonesia ini, juga karena manfaatnya yang begitu banyak, yang paling utama sebagai tanaman obat khususnya.

Kandungan Daun Binahong

kandungan daun binahong
kandungan daun binahong

Seluruh bagian dari tanaman binahong itu bisa di gunakan sebagai obat. Namun, paling sering di gunakan sebagai obat adalah bagian daunya. Dauun binahong sudah di percaya mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan segala penyakit. Inilah beberapa kandungan yang penting daun binahong:

  • Saponin

Saponin adalah senyawa aktif yang menyerupai sabun, dan terdapat pada permukaan daun binahong. Pelarutan, atau pencairan dari senyawa ini nantinya akan menghasilkan zat pelindung tubuh, yaitu zat antibakteri, anti mikroba atau virus. Saponin juga ternaya bisa membentuk kolagen yang berguna sebagai protein untuk menyembuhkan luka. Manfaat yang lain dari saponin ini yaitu sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, serta meningkatkan ketebalan tubuh.

  • Minyak Atsiri

Minyak atsiri ini mempunyai banyak manfaat, salah satunya itu sebagai obat antiseptic Alami, baik penggunaan dari dalam, atau dari luar tubuh. Selain itu juga, minyak atsiri ini juga berguna sebagai bahan hemolitik, sedative, analgesic, enzimatik, dan stimulant. Untuk pemakaianya secara eksternal, anda bisa memperoleh minyak ini dengan cara penyulingan, karena minyak ini mudah menguap. Minyak atrisi yang bersih dari penyulingan tidak akan berwarna. Namun, ketika terlalu lama di biarkan di udara yang terbuka, minyak ini akan teroksidasi dan berubah warna. Maka dari itu, simpanlah kinyak ini di tempat terlindung, agar khasiatnya itu tidak mudah hilang.

  • Alkaloid

Alkaloid adalah zat yang mempunyai sifat hipogklikemik. Zat ini sangat di perlukan bagi yang menderita diabetes. Karena zat ini berfungsi sebagai penurun kadar gula yang ada di tubuh.

Baca juga ini : Tips, Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik dan Benar

  • Asam Askorbat

Salah satu manfaat dari zat ini yaitu sangat berguna untuk penyembuhan luka bakar, atau luka luar. Ketika kita itu terkena luka, maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka tersebut, nah, disinilah peranan zat ini. senyawa tersebut akan mempercepat penutupan luka, sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi

Manfaat Daun Binahong

manfaat daun binahong
manfaat daun binahong
  1. Mengobati Penyakit Kanker

Manfaat yang pertama dari daun binahong ini adalah dapat mengobati penyakit kanker. Daun binahong banyak mengandung anti oksidan yang bisa mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Selain itu, ada juga vitamin C, atau asam askorbat yang berguna untuk memberikan ketahanan tubuh. Cara memebuat ramuan binahong untuk kanker yaitu dengan merebus 30 gram daun binahong di dalam 1 liter air yang mendidih. Rebuslah sampai air tersebut berkurang, dan tersisa kira-kira sekitar 600 ml. nah, air rebusan itu dapat di minum sebanyak 3 kali sehari, dengan dosis 200 ml setiap kali minum.

  1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat yang kedua yaitu dapat mengobati penyakit maag.  Cara memebuat amuan untuk sakit maag ini yaitu dengan cara merebus 3 gelas air dan 5-7 lembar daun binahong. Dan, air rebusan tadi diminum 3 kali sehari sebelum makan.

  1. Mengobati Sakit Paru-Paru

Manfaat yang ketiga yaitu dapat mengobati penyakit paru-paru, dengan cara mengkonsumsi air rebusan binahong tersebut. ambilah sepuluh lembar daun binahong, lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut. Dan, untuk mendapatkan penyembuhan yang maksimal, usahakanlah untuk setiap haru mengkonsumsinya.

Jangan lupa baca : Daftar Harga Tanaman Hias Termahal

  1. Mengobati Luka

Manfaat yang lainya yaitu dapat mengobati luka. Daun binahong ini mempunyai kandungan minyak atsiri dan asam arkobat yang sangat berguna untuk mengobati luka. Caranya yaitu dengan menumbuk beberapa lembar daun binahong, lalu oleskan ke bagian luka atau tubuh yang bengkak. Oleskan setiap hari secara teratur, sampai lukanya itu benar-benar sembuh. Cara pengobatan yang satu ini juga dapat di gunakan untuk memar akibat pukulan, akibat luka bakar, pegel linu, nyeri sendi, dan juga reumatik. Jika lukanya itu cukup berat, seperti terkena benda tajam, atau terbakar. Maka dari itu, setelah di oles menggunakan binahong, wajib di tutupi menggunakan perban, atau kain bersih, agar tidak terkena bakteri dari luar.

  1. Melancarkan Haid

Manfaat yang terakhir yaitu untuk melancarkan haid. Bagi kalian para kaum hawa, yang menstruasinya itu tidak lancar, anda bisa mencoba ramuan ini untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan merebus 3 lembar binahong dengan air sebanyak 2 gelas. Rebuslah air tersebut hingga mendidih, dan menyisakan air sebanyak satu gelas. Kemudian saring, dan minum air rebusan itu setiap harinya.

Nah bagaimana, ada banyak sekali kan manfaat dari daun binahong ini. Sebenarnya, masih ada banyak lagi manfaat dari daun binahong ini. jika anda ingin tahu lebih banyak tentang daun binahong, atau tentang lainya, mampirlah ke website kami ini. semoga artikel saya ini bermanfaat bagi kalian semua. Jika ada salah dalam penulisan, atau ada keluhan, silahkan koment, tidak usah sungkan. Terima kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.