wisata majalengka
wisata majalengka

Wisata Majalengka Jawa Barat yang Menarik Dan Indah

Posted on

Wisata Majalengka Jawa Barat-  Majalengka adalah salah satu kabupaten yang termasuk di wilayah jawa barat.  Kabupaten ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi pas waktu liburang bersama keluarga anda. kalau untuk objek wisata yang terkenal adalah air terjun.

Kabupaten majalengka ini sudah ada sejak zaman hindu dahulu, sehingga kekuasaan islam datang dan berkembang pesat pada mas raja sunan talaga manggung. Terdapat banyak air terjun yang menarik untuk anda kunjungi di kabupaten majalengka, tempat wisata di majalengka menawarkan keindahan alam yang sangat memukau untuk objek foto.

Sebagian tempat wisata Majalengka Jawa Barat ini sangat tersembunyi dan masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Dari bandung mau menuju ke majalengka anda membutuhkan jarak perjalanan sekitar 98 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam lebih.

Keindahan alam yang disuguhkan oleh majalengka tak klalah indahnya dengan daerah di jawa barat. Udara yang sejuk dengan hijaunya alam akan menemani anda dalam ada masih di tempat itu. Dengan keindahan alam majalengka ini seharusnya kaki anda bertambah lebih semangat lagi untuk mengeksplor keindahan majalengka ini.

Berikut ini beberapa tempat wisata Majalengka Jawa Barat yaitu, sebagai berikut:

Goa Lalay

wisata majalengka jawa barat
Goa Lalay

Tempat yang pertama wisata majalengka jawa barat adalah goa lalay dikenal sebagai green canyon-nya majalengka . lokasi dari goa lalay ini tidak jauh dengan curug maja. Namun untuk menuju ke goa lalay ini anda harus berhati-hati, selain itu harus melalui jalan sepatak, disamping jalan setapak ini terdapat jurang-jurang yang cukup dalam. Jurang tersebut akan menambah pesona keindahan dari goa alay tersebut.

Setelah sampai di goa lalay anda bisa melihat semacam danau kecil yang terbentuk karena air yang turun dengan deras ke dalam goa. Goa lalay ini sering  dikunjungi oleh anak muda dan mahasiswa setiap hari dan anak muda itu dari luar kota atau dalam kota.

Kunjungan ke green canyonnya majalengka belakangan ini cukup banyak pengunjungnya. Green canyon dikenal sebagai goa lalay (kelelawar) karena didalam goa terdapat ribuan kelelawar yang setiap harinya nempel di bebatuan.

Curug Tonjong

Curug Tonjong
Curug Tonjong

Tempat wisata majalengka jawa barat yang satu ini adalah curug tonjong, curug ini berada di tanan nasional gunung ciremai. Air terjun ini memiliki pesona yang sangat indah untuk dilihat dan sayang untuk dilewatkan. Tidak heran kalau banyak yang mengunjungi tempat curug tonjong ini.

Terdapat sebuah jembatan yang dari bambu dan menawarkan pemandangan pegunungan yang menjadi ikon tempat curug tonjong ini. Untuk mencapai curug ini cukup mudah, untuk alamatnya di desa teja, kecamatan rajagaluh, kabupaten majalengka. Kurang lebih 19 km dari arah alun-alun majalengka. Kira-kira tinggi air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 6 meter.

Untuk tiket masuk ke curug tanjong ini , dikenakan biaya sekitar RP 10.000 per orang. Air sungai yang dingin akan membuat inigin merasakan kesejukan air ini. Tidak heran kalau orang-orang mengatakan bahwa curug tanjong ini berbeda dengan yang lain, meskipun tidak bayak orang orang yang datang di curug tanjong ini. Karena tidak tahu mereka tentang tempat curug tanjong ini.

Telaga Nila

Telaga Nila
Telaga Nila

Tempat wisata majalengka jawa barat ini masih ada keindahan yang lainnya, dan yang satu ini adalah tem[pat yang bisa kunjungi pas waktu di majalengka yaitu telaga nila. Telaga nila ini memiliki air yang berwarna hijau kebiru-biruan yang saat ini lagi nge-hits di majalengka. Telaga nila ini mamiliki airb yang sangat jernih sehingga bisa memantulkan bayangan pohon-pohon dan langit disekelilng telaga nila ini.

Di tempat ini banyak spot foto yang indah dan sangat cocok untuk anak muda yang gemar foto-foto. Telaga nila ini terletak di desa jeruk leueut, kecamatan sindang wangi, kabupaten majalengka ,jawa barat.

Untuk mencapai tempat telaga nila ini panjang sekitar 80 meter dan lebar 20 meter. Kondisi jalan menuju tempat ini juga tidak terlalu baik. Letak dari telaga nila ini terdapat di temngah-tengah hutan dan perkebunan warga. Membuat tempat ini belum memiliki fasilitas yang memadai.

Air biru dari telaga nila ini membuat anda tidak sabar untuk menikmati kesegaran dari telaga nila ini. Tapi hati-hati meskipun kedalamannya cuman 4 meter, anda tidak bisa melakukan cliff jumping di tempat ini kerana apa kalau anda cliff jumping di dalam telaga nila ini terdapat bebatuan yang cadas.

Kata penduduk sekitar airnya bisa berwarna hijau kebiru-biruan, karena banyaknya akar dan ganggang yang ada di dasar telaga.  Buat anda yang tidak bisa berenang sampai dasar anda bisa menikati telaga nila ini dari atas. Sangat sayang kalau anda berkunjung ke majalengka kalau tidak mampir ke telaga nila ini.

Cadas Gantung

Cadas Gantung
Cadas Gantung

Di makjalengka ini ada cadas gantung sebagai tempat pemandangan yang begitu menajubkan. Tempat wisata cadas gantung ini terletak di desa mirat kecamatan leuwi munding kabupaten majalegka. Dari kota majalengka membutuhkan waktu setengah jam untuk sampai tempat cadas gantung.

Cadas gantung ini  merupakan tebing bebatuan yang terletak dia atas bukit. Cadas adalah bebatuan yang keras, dinamakan cadas gantung karena kalau dilihat dari bawah itu batunya seperti bergelantungan. Untuk mencapai puncak cadas gantung ini harus mempersiapkan tenaga yang ekstra karena nada akan melewati tanjakan yang terjal.

Untuk tiket masuknya cadas gantung ini sekitar Rp 2.000 ( kalau harganya belu naik). Melewati jalanan yang setapak bebatuan yang terjal membuat kaki dan lutut anda terasa begiru lelah dan capek. Hamparan pepohonan hijau akan terbayar dengan keindahan tempat cadas gantung ini.

Bebukitan dan kota majalengaka terlihat indah dari atas cadas gantung ini. Tak heran tempat ini dijadikan tempat selfie favorit untuk anak muda yang sengaja untuk foto saja. Ingat karena tebingnya curam, perhatikanlah keselamatan dan keamanan saan berfoto-foto dengan temannya.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata yang ada di majalengka. Demikianlah artikel yang kami buat tentang wisata majalengka jawa barat, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih telah membaca artikel dari kami

SELAMAT BERLIBUR…..