Bahaya merokok untuk kesehatan
Bahaya merokok untuk kesehatan

Waspada Inilah Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Posted on

Merokok merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang terutama para kaum laki – laki. Kini banyak sekali kita jumpai masyrakat terutama di Indonesia ini yang  senang merokok baik dari kalangan pemuda maupun dari kalangan orang tua. Namun yang sangat disanyangkan adalah bahwa merokok sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Pasti dari kita sudah tidak asing lagi dengan peringatan – peringatan “dilarang merokok” dua kalimat tersebut dapat sangat mudah untuk kita jumpai di berbagai tempat, bahkan pada bungkus rokok tersebutpun anda dapat menemukan dua kata tersebut.

Bahaya merokok untuk kesehatan
Bahaya merokok untuk kesehatan

Kini jumlah perokok sangatlah banyak sekali hampir di berbagai wilayah di Indonesia ini banayak sekali dijumpai para perokok dan pada umumnya perokok yaitu para kaum peria. Banyak yang mengangap bahwa rokok merupakan salah satu konsumsi yang wajib di penuhi setiap harinya. Namun yang perlu diketahui adalah ternyata di balik kenikmatan rokok ternyata banyak mengandung bahaya yang sangat membahayakan bagi nkesehatan tubuh.

Tidak hanya itu, orang – orang yang sangat aktif dalam mengkonsumsi rokok juga dapat berpotensi untuk menderita serangan jantung hingga empat kali lipat dari pada umumnya. Hal tersebut disebabkan karna adanya senyawa – senyawa yang sangat berbahaya yang terkandung didalam rokok yang mampu mengurangi pasokan oksigen kedalam darah.

Selain berpotensi mendapatkan serangan jantung, ternyata perokok aktif juga sangat beresiko mendapatkan berbagai penyakit yang sangat berbahaya lainya. Berikut adalah  bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia.

Baca juga : Budaya Sunda

  1. Kangker Paru – Paru

Salah satu organ tubuh yang sangat rawan sekali terkena dapak dari kebiasan merokok adalah paru – paru. Maka tidak heran lagi jika para perokok aktif sangat berpotensi untuk menderita penyakit kanker paru – paru. Hal  tersebut dikarnakan sebagian bahan kimia berbahaya yang terdapat didalam rokok sangat berpotensi sekali untuk menimbulkan sel – sel kanker.

  1. Penyakit Stroke

Menurut beberapa penelitian, para perokok aktif sangat berpotensi sekali untuk menderita penyakit stroke, bahkan sampai erhujung pada kematian. Selain itu kegiatan merokok juga dapat mengakibatkan pembengkakan dalam pembulu darah otak, dan juga dapat mengakibatkan pendarahan yang angat serius di dalam otak.

  1. Penyakit Asam Lambung

Ternyata bahaya meroko didak hanya berdampak pada organ pernafasan saja, namun meroko juga dapat membahayakan hingga ke area lambung. Lemahnya bagian bawah kerongkongan yang disebabkan oleh asap rokok ternyata dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Dan penyakit asam lambung yang terjadi jika tidak segera untuk ditangani , maka penyakit asam lambung tersebut dapat sampai berhujung pada penyakit kanker lambung yang tentunya penyakit kanker lambung itu sangat berbahay bagi tubuh, bahkan juga dapat berhujung hingga pada kematian.

  1. Mengurangi Kualitas Hidup

Kerap kali kita melihat para perokok sering mengalami susah tidur, batuk – batuk, sering mengalami kelelahan. Hal tersebut sebenarnay juga timbul akibat dari kebiasaan merokok. Maka merokok juga menjadi salah satu faktor mengurangnya kualitas hidup seseorang. Maka bagi anda yang menghendaki untuk mendapatkan kualitas hidup yang terbaik, maka segeralah untuk berhenti dari merokok.

  1. Mengurangi kesuburan

Untuk dampak nyang satu ini sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang khusus dari para wanita dan peria dewasa yang menghendaki untuk mendapatkan keturunan. Bagi peria kebiasaan merokok dapat mengakibatkan berkurangnya jumlah seperma yang tekandung, ipotensi, dan yang paling membahayakan yaitu dapat menyebabkan penyakit kanker testis yang tentunya penyakit ini didak diinginkan oleh soiapapun. Maka untuk dapat terhindar dari beberapa bahaya tersebut, maka berhentilah untuk tidak merokok.

  1. Rasa Cemas Dan Gelisah Yang Berlebihan

Bahaya dari merokok yang selanjutnya adalah timbulnya rasa cemas dan gelisah yang sangat berlebihan. Hal tersebut disebabkan oleh zat nikotin yang dapat membuat seseorang yang gemar merokok menjadi ketergantungan, selain itu perokok aktif juga dapat beresiko mengalami stres yang jauh lebih tinggi jika di bandingakan dengan seseorang yang tidak merokok.

  1. Kanker Mulut Dan Tenggorokan

Dampak merokok yang paling terasa pada seseorang perokok adalah bau mulut yang tidak sedap. Kegiatan merokok juga dapat menjadikan permukaan gigi menjadi kuning dan terlihat seperti terdapat noda. Dan kebiasan merokok juga dapat membuat kerusakan pada gusi lidah dan gigi. Namun dampak yang paling berbahaya yaitu  dapat mengakibatkan kanker mulut dan juga kanker tenggorokan.

  1. Penuaan Dini

Dan bahaya merokok berikutnya adalah dapat menyebabkan panuan dini. Hal tersebut diakibatkan oleh asap rokok yang dapat membuat membuat beberapa dampak yang berbahaya pada bagian wajah seperti munculnya kerutan di sekitar mata dan juga flek hitam pada wajah.

  1. Merusak Keseatan Mata

Dampak bahaya merokok yang berikutnya yaitu dapat menyebabkan kerusakan pada mata, bahkan menurut sebagian penelitian seseorang perokok aktif berpotensi untuk menderita penyakit katarak bahkan sampai kebutaan.

  1. Penyakit Diabetes

Bahaya merokok yang terakhir yaitu dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Fakta tersebut didapatkan dari cleveland clinic yang mengungkapkan bahwa seorang perokok aktif berpotensi menderita penyakit diabetes hingga 40 persen.

Gravatar Image
Cari ilmu sebanyak - banyaknya dan haus akan ilmu