wanita shalehah
wanita shalehah

Wanita Shalehah Idaman Suami

Posted on

Wanita adalah ciptaan Allah SWT yang sangat mulia. Karakteristik wanita berbeda dengan kaum pria dalam beberapa hukum, misalnya hukum aurat wanita berbeda dari aurat laki-laki. Wanita shalehah di sisi Allah memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam agama Islam, wanita sangat dijaga harkat, dan martabatnya. Wanita yang mulia adalah wanita muslimah yang shalihah.

Wanita shalihah adalah idaman setiap orang, apalagi pada kaum Adam. Harta yang paling berharga dan sebaik-baiknya perhiasan di dunia adalah wanita yang shalihah.  Nabi pernah bersabda “ Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah”.

Alangkah indahnya jika setiap wanita muslim menjadi wanita yang shalihah. Istri yang sholehah adalah idaman bagi setiap suami. Oleh karena itu, setiap wanita muslim bersegeralah untuk memperbaiki diri dan akhlak agar menjadi wanita yang shalihah.

Kita seringkali mendengar bahwa istri yang mendapat ridho suami akan masuk ke dalam surge dari pintu mana yang kita sukai. Terkait dengan hal tersebut, siapakah wanita shalehah yang menjadi dambaan bagi setiap suami. Bagaimanakah ciri-ciri wanita tersebut?

wanita idaman suami
wanita idaman suami
  1. Wanita yang beriman

Ciri wanita shalihah yang paling utama adalah beriman­ pada Allah SWT dan Muhammad adalah Nabinya. Dan dia mengakui bahwa Islam adalah pedoman dari kehidupannya.

  1. Wanita pandai mengaji

Wanita yang pandai melantunkan ayat-ayat Al Quran merupakan ciri wanita yang shalehah. Terdapat banyak kemuliaan dan kebaikan dalam kitab suci Al Quran. Selain untuk menyejukkan hati, lantunan ayat suci ini dapat merangsang perkembangan otak anak dan mampu untuk meningkatkan intelegensinya. Hendaklah setiap orang mampu untuk membaca Al Quran, agar kelak menjadi generasi yang lahir dari rahim menjadi generasi yang cerdas serta berakhlak mulia.

  1. Wanita taat pada suami

Wanita shalehah selalu menjaga ketaatan terhadap suaminya. Selalu menuruti perintah suami, sopan keoada suami, selalu sayang kepadanya, melayani dengan keikhlasan serta tidak menyakiti hatinya. Merupakan ciri wanita shalehah idaman suami.

  1. Memiliki akhlak yang baik

Budi pekerti yang baik harus dimiliki oleh setiap orang, apalagi pada para wanita. Ia hendaknya bisa menjaga tutur kata, menjaga sikap pada orang lain, senantiasa bersabar atas segala cobaan dan ujian yang menimpa pada dirinya dan keluarganya.

  1. Wanita yang selalu pandai menjaga syahwat

Wanita yang bisa menjaga hati dari syahwat maupun subhat, selalu menjaga mata dari memandang yang bukan halalnya, menjaga farji, memelihara telinga dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa, dan menjaga semua anggota tubuh dari penyelewengan itu semua merupakan bagian dari ketakwaan.

  1. Wanita yang selalu menjaga rahasia suami

Menjaga aib suaminya, merupakan istri yang shalehah. Lebih pentingnya lagi selalu menjaga rahasia tentang berhubungan antara istri dan suaminya.

  1. Wanita yang pandai membagi waktu

Wanita yang bisa selalu menjaga waktu supaya tidak terbuang sia-sia, dari siang atau malamnya hari. Menjauhkan diri dari ghibah, mengadu domba, mencaci, dan hal lain yang tidak berguna. Merupakan wanita yang pandai.

Keutamaan menjadi wanita shalihah

wanita terbaik
wanita terbaik

Wanita shalehah banyak di sebutkan dalam Quran dan Hadist. Menjadi wanita yang shalehah memiliki keutamaan tersendiri. Beberapa diantara nya adalah :

  • Wanita yang terbaik untuk di nikahi

Dalam hadist di jelaskan “ wanita dinikahi karena empat perkara, yaitu karena harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Maka pilihlah wanita yang memiliki agama, maka engkau akan beruntung”.

Menurut hadist tersebut, jika seorang pria yang hendak menikahi wanita dan dia memiliki faham agama, maka dia termasuk memiliki wanita shalehah.

  • Istri shalehah adalah kebahagiaan dunia dan akhirat

Rasululullah pernah menyebutkan dalam hadisnya, bahwa istri yang shalehah merupakan salah satu dari empat kebahagiaan yang dapat diperoleh di dunia.

  • Harta terbaik untuk dimiliki

Menjadi seorang wanita yang shalehah adalah salah satu harta yang paling baik untuk dimiliki oleh seorang mukmin.

  • Masuk dari pintu surga mana saja

Dan lebi polnya lagi, menjadi wanita yang shalehah memiliki keutamaan yakni dia bisa masuk surga dari pintu mana saja yang dia sukai.

Demikianlah artikel yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua menjadi wanita yang shalehah idaman suami. Jika ada saran, kritik, atau pertanyaan dapat menghubungi kontak saya :-facebook : Intan Ayu Miranti, -instagram : intan.a.m_25, -gmail : intanayumiranti272@gmail.com. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.