nama malaikat

Wajib Tau, Berikut Nama – Nama Malaikat dan Tugasnya

Posted on

Di alam dunia ini Allah menciptakan banyak sekali makhluk-makhluk yang mempunyai bentuk dan juga tugas masing-masing seperti hewan, tumbuhan, manusia, jin, malaikat, dll, itu semua di ciptakan oleh Allah karena memang ada tujuannya yang hanya Allah yang tau dan ini sudah menjadi rahasia tersendiri dari Allah.

Semua makhluk yang Allah ciptakan ada yang baik dan juga yang jahat, ada yang mempunyai nafsu dan juga ada yang tidak itu semua di ciptakan agar dunia ini seimbang, apabila Allah menciptakan semua makhluk ini jadi baik semua tentu sangat mudah sekali bagi Allah tapi jika memang hal itu terjadi maka untuk apa Allah menciptakan neraka dan surga oleh karena itu semua yang ada di dunia ini adalah sekenarionya allah adapun kita sendiri merupakan tokoh dalam kehidupan kita sendiri.

beruang coklat
Hewan

Ingin menjadi tokoh antagonis ataupun protagonis itu semua tergantung diri kita sendiri ingin jadi apakah kita di dunia. Allah merupakan sutradara dari kehidupan ini dan agar kehidupan kita mudah di atur tentunya kita membutuhkan sebuah sosok yang bias memantau kita dan sosok itu sudah ada bahkan jauh sebelum nabi Adam di ciptakan yaitu “Malaikat”, Malaikat adalah makhluk Allah yang tidak mempunyai lapar dan nafsu dan merupakan makhluk Alah yang paling patuh kepada semua perintah Allah.

Baca juga : Sedang Trend! Model Jilbab Terbaru Bisa Dicoba Sendiri

Di dunia ini ada banyak sekali malaikat yag harus di ketahui tapi nabi menjelaskan bahwa sebenarnya malaikat yang paling penting itu ada 10 dan dari semua malaikat mereka mempunyai tugas masing-masing yang sama pentingnya bagi kehidupan dunia ini dan juga bentuk dari malaikat ini juga gaib dan karena apabila para malaikat menampakkan wujudnya maka bisa-bisa para manusia pingsan saat melihatnya.

tumbuhan
Tumbuhan

Berikut 10 nama malaikat yang wajib di ketahui :

  1. Malaikat Jibril

Jibril merupakan malaikat yang memiliki tugas untuk memberikan wahyu kepada nabi Muhammad dan malaikat jibril ini merupakan malaikat yang namanya sering muncul di hadist dan juga qur’an karena memang malaikta ini adalah malaikat yang bias di katakan spesial.

Saat nabi Muhammad masih hidup jibril selalu mengajari nabi Muhammad untuk membaca al-qur’an dan juga memberikan sedikit nasihat agar dirinya lebih mantap karena memang nabi Muhammad merupakan nabi terakhir dan juga merupakan utusan yang di beri kitab al-qur’an.

  1. Malaikat Mikail

Mikail merupakan malaikat yang suka memberikan rizki berupa yang tampak ataupun yang tidak tampak seperti hujan, hadiah, dll, itu semua di lakukan mikail apabila Allah menyuruh mikail untuk melakukan hal itu dan orang yang mendapat rezeki dari mikail hanyalah orang-orang yang di kehendaki oleh Allah.

  1. Malaikat Izrail

Izrail merupakan malaikta yang bertugas mengambil nyawa manusia banyak orang yang menyebut malaikat ini dengan sebutan “malaikat maut” padahal sebenarnya sebutan itu hanya untuk orang-orang yang kafir saja tapi bagi para muslim malaikat izrail merupakan sosok yang akan di tunggu karena memang para muslim percaya kalua mereka akan di cabut nyawanya oleh malaikat izrail ini.

Dalam hadist diterangkan bahwa malaikat izrail ini mengecek satu rumah itu 8 kali sehari apabila Allah menyuruh malaikat izrail mencabut nyawa dia maka dengan cepat malaikat izrail akan mencabut nyawa orang itu, tidak melihat berapakah usianya entah dia muda, tua, kaya, miskin, tapi malaikat izrail akan tetap melakukan semua perintahnya Allah.

  1. Malaikat Israfil

Israfil adalah malaikta yang bertugas untuk meniup sangkakala dan apabila sangkakala ini di tiup maka datanglah hari kiamat dan itu merupakan akhir dari dunia. Sangkakala mempunyai 3 tiupan , tiupan yang pertama semua makhluk yang mendengar akan terkejut dan takut, tiupan yang kedua akan membuat semua makhluk mati saat itu juga, dan tiupan yang terakhir akan membangunkan semua makhluk dan itu merupakan awal perjalanan di dunia akhirat.

Dan dari dulu hingga sekarang mulut malaikat israfil ini berada di tepat di depan sangkakala yang berbentuk seperti tanduk yang becahaya, apabila Allah menyuruh israfil untuk meniup maka dunia ini akan langsung berkahir.

  1. Raqib dan Atid

Malaikat raqib merupakan malaikat yang bertugas untuk mencatat amal baik manusia yang berada di sebelah kanan manusia, setiap amal baik yang di tulis raqib semuanya pasti akan ditulis oleh dia tanpa tertinggal sedikitpun.

Sedangkan malaikat atid adalah kebalikan dari malaikat raqib yaitu malaikat pencatat amal jelek yang berada di samping kiri kita yang selalu menulis semua hal kejelekan kita.

  1. Munkar dan Nankir

Malaikat munkar dan nankir adalah malaikat yang bertugas untuk menanyakan hal-hal di dalam kuburan atau bias juga penyiksa dalam kuburan karena apabila kita tidak bias menjawab pertanyaan malaikat ini maka malaikat ini akan menyiksa diri kita dengan sabut yang besar lagi kuat dan apabila kita hancur maka kita akann kembali ke wujud semula dan hal itu akan di lakukan sampai hari kiamat.

Sedangkan apabila kita bias menjawab semua pertanyaan itu maka kita akan di persilahkan tidur dengan tidur sebagaimana tidurnya manten anyar.

  1. Ridwan dan Malik

Malaikat ridwan adalah malaikat penjaga pintu surga yang memang bertugas untuk menjaga surga dan juga melayani para penghuni surga dan juga memanjakan mereka semua dengan hal-hal yang sangat baik yang ada di dalam surga nanti.

Sedangkan malaikat malik adalah sebaliknya dari malaikat ridwan yaitu malaikat yang menjaga pintu neraka dan seisinya yang mana tugas mereka adalah menyiksa dengan siksaan yang sangat pedih dan menyakitkan atas apa-apa yang mereka lakukan di dunia dulu, yang mana siksaan itu di lakukan selama-lamanya.

Baca juga : Inilah Beberapa Pengertian Agama Di Indonesia

Dan mungkin itulah beberapa tugas dari 10 malaikat yang wajib di ketahui terutama para muslim, semoga bermanfaat.