Cara Merakit Komputer (PC)
Cara Merakit Komputer (PC)

Wajib Dicoba!! Cara Merakit Komputer (PC) Dengan Mudah

Posted on

Bagi anda yang bingung merakit komputer sendirin mungkin tutorial ini sangat berguna untuk anda. Karena tutorial ini dijelaskan secara detail serta dilengkapi gambar-gambar yang mungkin anda bisa lebih mudah untuk merakit komputer.

Dalam tutorial kali ini selain mendapat ilmu cara merakit komputer (PC) juga akan memberi kepuasan sendiri apabila nanti anda berhasil melakukannya. Memang kegiatan merakit komputer (PC) sangat mengasikkan, apalagi bila ingin mungupgrade bagian komponen-komponen komputer (PC), anda dapat menentukan spesifikasi komputer (PC) anda sendiri. Dari pada anda penasaran langsung saja lihat cara merakit komputer (PC) beserta gambarnya.

Baca Juga : Keren!! Game Olahraga Sepak Bola Paling di Tunggu 2017

Persiapan Sebelum Memulai Cara Merakit Komputer (PC)

Sebelum merakit komputer terlebih dahulu kita perhatikan apa saja alat yang diperlukan untuk merakit komputer yaitu:

  1. Obeng
  2. Skrup
  3. Baud

Untuk Bagian Komponen Komputer (PC)

Sebelum mempersiapkan komponen-komponen komputer (PC) sebaiknya anda juga memperhatikan kompabilitas yang sesuai dengan komponen anda. Karena tidak semua jenis komponen cocok dengan motheboardnya contohnya saja seperti : processor socket AM3 harus disesuaikan dengan socket AM3 juga tidak bisa dipasangkan pada socket AM2.

RAM DDR3 slot pada motherboard harus sama dengan DDR3, socket hardisk/dvd rom menggunakan serial ATA atau bisa disebut dengan SATA, yang lebih penting lagi yaitu pemilihan WATT pada power suppy harus sesuai dengan kebutuhan komponen anda jika kurang dapat merusak seluruh bagian komponen anda. Berikut ini beberapa komponen yang harus disiapkan sebulum merakit kompoter antara lain:

  1. Motherboard
  2. Processor
  3. Heatsink dan Kipas
  4. RAM
  5. VGA Card
  6. Casing
  7. Power Supply
  8. Hardisk
  9. DVD/CDROM
  10. Keyboard dan Mouse
  11. Monitor
  12. Speaker

Untuk Software

  1. CD sistem operasi seperti windows 7, windows 8 atau lainnya.
  2. CD driver motherboard (VGA, sound card, LAN, dll).
  3. Program aplikasi.

Langkah-langkah Cara Merakit Komputer (PC)

  1. Cara memasang Processor ke Motherboard

Cara memasang Processor ke Motherboard
Cara memasang Processor ke Motherboard
  • Pertama buka atau tarik ke atas tuas pengunci socket processor pada motherboard.
  • sebelum anda meletakkan processor ke socket, terlebih dahulu anda perhatikan lihat titik/segitiga di sudut prosesor itu, jika sudah tepat dengan tanda titiknya di sudut processor, kemudian cocokan tanda yang sama di socket motherboard, jika sudah terpasang dengan benar kunci kembali socket tersebut.
  • Kemudian lapisi atau oleskan pasta pada bagian atas prosesor yang akan anda pasang di heatsink. Pasta ini berguna untuk penyalur panas dari processor ke heatsink.
  • Lalu pasang heatsink diatas prosesor, dan kunci kembali heatsink itu sehingga tidak goyang atau tidak mudah lepas.
  • Terakhir colokan konektor pada power kipas heatsink ke motherboard. Dan pastikan juga bahwa heatsink dan processor itu telah tepasang dengan benar.
  1. Cara Memasang RAM / Memori Ke Motherboard

Cara Memasang RAM / Memori Ke Motherboard
Cara Memasang RAM / Memori Ke Motherboard
  • Pertama lihat dan buka tuas penguncinya.
  • Lalu sesuaikan dengan posisi lekukan para RAM tersebut dengan lekukan pada slot RAM pada motherboard.
  • Setelah sudah pas maka tekan disetiap ujung RAM sehingga tuas itu dapat mengunci RAM/memori, biasanya dalam mengunci RAM/memori ditandai dengan bunyi “Klik”.
  • Terakhir pastikan kalau memory RAM tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar.
  1. Cara Memasang Power Supply Unit (PSU) Yang Berada Pada Casing

Cara Memasang Power Supply Unit (PSU) Yang Berada Pada Casing
Cara Memasang Power Supply Unit (PSU) Yang Berada Pada Casing

Sebelum anda membeli casing biasanya itu sudah terpasang power supply sendiri, tapi jika casing anda belum terpasang  berikut inilah cara memasangnya :

  • Pertama pasangkan PSU di bagian atas dan pojok casing atau biasanya ada juga yang meletakannya di bawah, tapi itu tergantung model casing apa yang anda pakai sekarang ini.
  • Kemudian anda sesuaikan dengan lubang sekrup pada PSU dengan lubang sekrup casing.
  • Selanjutnya kunci PSU tersebut dengan menggunakan skrup yang ada pada obeng.
  • Terakhir pastikan PSU tersebut sudah terpasang dengan banar dan banar agar tidak mudah goyang.
  1. Cara Memasang Harddisk Dan CD atau DVR-RW

Cara Memasang Harddisk Dan CD atau DVR-RW
Cara Memasang Harddisk Dan CD atau DVR-RW
  • Pertama letakkan casing dalam keadaan sedang berdiri, lalu pasang harddisk pada casing tersebut dan kunci dengan menggunakan baut atau obeng plus.
  • Kemudian pasang CD atau DVR-RW dibagian atas dari depan casing, kalau sudah dipasang kunci dengan menggunakan sekrup yang tujuannya agar tidak gerak.
  • Terakhir pasang masing-masing kabel ke harddisk dan CD/DVD RW.

Catatan: dalam melakukan pemasangan kabel anda perlu pastikan jenis port serial dari harddisk dan CD/DVD RW itu sendiri, apakah menggunakan jenis ATA atau SATA. Untuk kabel power diambil dari PSU sedangkan untuk data itu dipasangkan ke motherboard.

  1. Cara Memasang Motherboard Ke Casing

Cara Memasang Motherboard Ke Casing
Cara Memasang Motherboard Ke Casing
  • Pertama perhatikan lubang skrup yang berada di casing dan lubang sekrup pada motherboard.
  • Selanjutnya letakan motherboard ke dalam casing dengan mencocokan apakah lubang sekrup sudah cocok dengan motherboard dan casing.
  • Terakhir kunci kembali dengan menggunakan sekrup atau obeng (+).
  1. Cara Memasang Kabel-Kabel Komputer

Setelah semua komponen-komponen telah terpasang dengan baik dan benar, maka langkah-langkah yang dilakukan sekarang adalah merakit kabel-kabel komputer baik itu kabel I/O, kabel CD ROM, kabel power CPU,  kabel harddisk dan kabel lainnya.

Cara Memasang Kabel-Kabel Komputer
Cara Memasang Kabel-Kabel Komputer

jika anda ingin memasang kabel-kabel didalam komputer sebaiknya anda juga perlu memperhatikan benar-benar dan teliti. Seperti langkah yang satu ini, karena ini merupakan salah satu langkah yang paling ampuh untuk membangun sebuah komputer rakitan, karena jika kabel yang anda hubungkan itu salah maka akan berakibat fatal bahkan bisa merusak bagian-bagian komponen lainnya yang berada dalam komputer anda sendiri. Tapi jangan khawatir, setiap kabel itu sudah ataur dan sudah disesuaikan tempat.  Jadi tidak perlu khawatir lagi, jadi anda hanya perlu mencocokannya saja dengan colokannya. Berikut ini beberapa gambar untuk merakit kabel-kabel komputer.

  1. Cara Memasang VGA Card

Cara Memasang VGA Card
Cara Memasang VGA Card

Khusus langkah ini hanya perlu optional saja, jadi tidak memasang komponen satu ini juga tidak apa-apa. Karena daam sebuah motherboard sendiri sudah memiliki vga internal. Tapi jika anda ingin memasang nya berikut cara memasang vga motherboard:

  • Pertama perhatikan baik-baik slot untuk memasang vga, jika sudah pas buka penguncinya.
  • Kemudian pasangkan vga itu dengan baik dan benar agar tidak mudah lepas.
  • Setelah semua sudah terpasang dengan baik, lalu kuncilah kembali vga dengan kunci yang ada di slot vga.

Baca Juga : Buktikan Nomer 6 Paling Seram, Inilah 11 Binatang Aneh Di Dunia

  1. Tahap Terakhir Dalam Cara Merakit Komputer

Kalau semua langkah-langkah di atas tadi sudah selesai, lalu tutup dengan casing dan beri skrup agar casing itu tidak mudah lepas. Kemudian hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

  1. Langkah Pengecekan Dalam Merakit Komputer (PC)

Setelah anda sudah selesai merakit komputer, yang perlu kita perhatikan yaitu pemeriksaan atau pengetas hasil dari rakitan tadi apakah komputer rakitan kita sudah benar atau belum, dengan cara program BIOS. Berikut cara-caranya antara lain:

  • Nyalakan komputer dan monitor, lihat apakah layar monitor sudah terlihat gambar dan juga denganrkan suara pada speker.
  • Nah dengan adanya program fost dari bios ini maka akan otomatis mendeteksi hardware yang tujuannya apakah sudah terpasang pada komputer atau belum.
  • Kemudian lakukan setting untuk menilai dari kapasitas harddisk dan boot sequence.
  • Kalau sudah simpan hasil settingan itu, lalu exit dari setup BIOS, maka komputer anda akan meload ke system operasi dengan urutan pencarian yang telah di sesuaikan dengan settingan boot sequence pada BIOS.
  • Terakhir masukan CD bootable yang sudah berisi sistem operasi pada drive pencarian.
  1. Solusi Jika Terjadi Kesalahan Dari Hasil Merakit Komputer

Jika dari hasil pengecekan tadi ada kesalahan-kesalahan yang membuat komputer anda tidak bisa nyala atau tiba-tiba mati, dll. Itu jangan khawatir saya akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi nya yaitu:

  • Hidupkan komputer, apabila komputer dan monitor anda tidak hidup atau tidak nyala, dengan cara periksa kabel daya pada colokan listrik apakah sudah terhubung atau belum.
  • Apabila anda sedang menyalakan komputer, dan tampilan layar monitor ngeblank atau berwarna hitam, anda bisa pastikan apakah CPU anda terdengar bunyi beep, jika tidak terdengar maka anda tempatkan sesuai dengan RAM/memori pada soket.
  • Apabila cara adapter tidak terdeteksi dengan komputer, maka periksalah penempatan cara adapter apakah sudah pas apa belum keslotanya.
  • Dan apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksalah konektornya apakah sudah terhubung apa belum.

Mungkin itulah langkah-langkah cara merakit komputer (PC) sendiri yang dapat saya berikan untuk anda semua. Jika ada kata yang belum anda pahami anda bisa komentar dibawah ini, mungkin saya bisa membantunya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda