Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Wajib Baca, Inilah 10 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Posted on

Komputer saat ini memang bukan benda yang asing lagi bagi semua orang diseluruh dunia. Karena hampir semua orang sudah mengetahui seperti apa alat komputer itu dari segi bentuk ataupun maupun fungsi. Pengertian komputer menurut bahasa Negara yunani yaitu “Computare”  yang artinya meperhitungkan atau menggabungkan secara bersama-sama. Kata “Com” berarti menggabungkan dalam sebuah pikiran atau bisa secara mental, sedangkan “Putare” berarti memikiran perhitungan atau penggabungan. Dalam bahasa inggris “To Compute” yang artinya menghitung.

Charles Babbage
Charles Babbage

Bagaimana sudah jelas belum?atau masih bingung dengan penjelasan yang atas mendingan langsung saja simak ulasannya dibawah ini dengan teliti.

Baca Juga : Sosial Budaya

  1. Hamacher Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Hamacher, Vranesic, dan Zaky dalam wimatra dkk, pada tahun 2008 memberi sebuah pendapat bahwa komputer sudah didefinisikan sebagai alat mesin untuk menghitung elektronik yang cepat dan bisa dapat menerima informasi dari inout digital, dengan cara memproses suatu program yang disimpan di sebuah memorinya (Stored Program) dan dapat menghasilkan informasi dari output.

  1. American Standard Institute

Masih dalam bentuk buku yang disusun oleh wimatra, dkk pada tahun 2008, yang ciptakan oleh American Standard Institute bahwa kmputer pada dasarnya sebuah data yang dapat melakukan pehitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa ikut campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama dalam melakukan pemrosesan.

  1. Wimatra, dkk pada tahun 2008

Wimatra, dkk membuat kesimpulan yaitu tentang mengenai arti penting dari sebuah komputer. wimatra, dkk (2008) mengatakan bahawa yang dimaksud itu adalah sebuah komputer yang mempunyai sistem perangkat elektronik yang tujuannya untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian bisa dihasilkan dari sebuah informasi yang sangat bermanfaat.

Ditambahkan pula, bahwa suatu komputer harus mempunyai beberapa elemen-elemen yang penting untuk bisa bekerja dengan baik dan bermanfaat bagi pengguna komputer tersebut, yaitu dengan elemen brainware (User), hardware (Perangkat Keras Komputer) dan juga software (perangkat Lunak Kompute).

  1. Arif Susanto

Susanto pada tahun 2009 memberika penjelasan mengenai pengertian komputer, dia mengatakan komputer adalah sebuah sekelompok alat elektronik yang terdiri dari perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan sebuah informasi serta melaksanakan bekerja secara otomatis.

Disebutkan juga bahwa komputer berasal dari bahasa latin, mengapa disebut seperti itu karena berguna untuk menghitung. Pada awalnya, kata ini ditunjukan bagi mereka yang mempunyai pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik itu secara manual maupun dengan menggunakan alat bantu hitung.

  1. Robert H. Blissmer

Blissmer pernah mengatakan juga bahwa komputer adalah suatu alat program untuk menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan pengolahan serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

  1. William M. Fouri

William M Fouri menerbitkan sebuah  bukunya yang berjudul The Tool Of Bussines, di dalam bukunya dia mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah suatu pemroses data yang bisa melakukan perhitungan dengan cara cepat termasuk juga perhitungan arithmatika yang besar atau opersi logika, tanpa anda ikut campur tangan dengan manusia yang di operasikan selam dalam bentuk pemrosesan.

  1. Gordon B. Davis

Davis yang menciptakan sebuah buku yang diberi judul Introduction to The Computer dan didalam bukunya dia mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer adalah sebuah tipe khusus dari alat penghitungan uang yang mempunyai sifat tertentu yang sangat pasti.

  1. Elias M. Awad

Pendapat lainnya yang didapat oleh Awad yaitu yang dimaksud dengan sebuah komputer adalah alat untuk membantu menghitung dan mempunyai banyak kegunaan lainnya seperti bisa memperoses data yang kemudian diproses dahulu sebelum dibentuk data, baik itu secara digital atau secara analog itu sama saja.

  1. Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy, mengatakan bahwa apa yang dimaksud komputer itu adalah sebuah alat untuk mesin pemecah persoalan dan sebuah mesin pengolah data yang mana dapat menghasilkan sebuah informasi yang sedang  dibutuhkan oleh pengguna komputer tersebut.

  1. Larry Long dan Nancy Long

Larry long dan long mengatakan bahwa yang dimaksud dengan komputer itu adalah sebuah alat untuk menghitung elektronik yang dapat menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah dari program input, output, perhitunga, dan operasi-operasi logic.

Bagaimana sudah jelas kan, dari pendapat para ilmuwan yang diatas tadi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda semua. Apabila artikel saya ini adalah kesalahan dalam penulisan dan informasi saya minta maaf sebesar-besar atau juga bisa coment dibawah ini. Sekian terima kasih.

Gravatar Image
Seorang Pemuda Yang Ingin Sukses Di Masa Muda