Wajib Baca! Cara Mudah Membaca Perasaan Seseorang dengan Melihat Ekspresi Wajah

Posted on

Membaca ekspresi wajah seseorang, Terkadang, banyak hal yang sering terjadi dalam masalah kehidupan baik senang, sedih, ataupun marah. Namun hal tersebut hanya bersifat universal yang memang dialami semua orang. Namun, jika kita berbicara dengan seseorang apa yang terjadi, bisa saja seseorang hanya menjawab dengan kebohongan untuk menutupi masalah yang dialaminya.

cara membaca ekspresi wajah
cara membaca ekspresi wajah

Namun, dengan mengetahui perasaan seseorang melalui ekspresi wajah kita menjadi tahu apa perasaan yang sedang dialaminya tanpa menanyakannya secara langsung. Hanya dengan memandang ekspresi wajah, kita menjadi lebih mengerti. Dalam berkomunikasi pun kita bisa lebih berhati-hati sesuai dengan ekspresi wajahnya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengetahui perasaan seseorang melalui ekspresi wajah. Cara ini juga sangat penting dalam mempelajari cara membaca gesture seseorang, terutama bagi kamu yang ingin lebih mendalami ilmu psikologi.

Sebenarnya, rahasia untuk membaca perasaan melalui ekspresi wajah seseorang sudah dikenal dalam ilmu psiklogi sejak lama dan banyak orang yang telah menggunakan ilmu ini untuk mengetahui lebih lanjut dengan karakter seseorang. Ada beberapa ekspresi mimik wajah yang bisa kamu ketahui dan makna dibaliknya dalam analisis menurut leadingpersonality. Nah, jika kamu ingin mengetahui dan membaca artikel ini lebih lanjut mari simak berikut ini!

mengetahui perasaan orang dengan ekspresi wajah
mengetahui perasaan orang dengan ekspresi wajah
  1. Mengetahui ekspresi melalui senyuman

Ternyata ekspresi senyuman juga bermacam-macam bentuknya, ada yang mengatakan senyuman palsu. Ya, senyuman palsu sebenarnya memang ada, cara mengetahuinya adalah tidak melibatkan otot-otot disekitar mata, hanya senyum di mulut, hal ini menandakan bahwa bukan ekspresi kebahagiaan yang sebenarnya.

Sedangkan senyuman yang menandakan kebahagiaan adalah sudut mulut yang tertarik ke atas dan ke belakang kemudian memperlihatkan beberapa gigi dan terdapat kerut garis luar hidung ke sudut luar bibir, pipi pun terangkat dan kelopak mata bawah tertarik atau berkerut.

  1. Senyum dengan setengah sebenarnya dan satu sudut mulut terangkat

Ketika kamu melihat seseorang melalui ekspresi wajah dengan senyuman setengah sebenarnya menyeringai dan satu sudut mulut terangkat menandakan bahwa seseorang menunjukkan kebencian ataupun kehinaan terhadap yang dipandangnya.

  1. Terlalu sering mengedipkan mata

Satu hal yang perlu kamu ketahui adalah jika kamu menemukan seseorang yang sedang berkomunikasi denganmu namun sering mengedipkan mata, pertanda bahwa seseorang sedang berbohong denganmu. Pasti ada suatu hal yang disembunyikan darimu.

  1. Melihat dari sisi alis bagian dalam menyatu dan condong ke bawah

Jika kamu melihat alis bagian dalam menyatu dan condong ke bawah kemudian bibir menyempit dan pandangan tajam hal ini menandakan bisa jadi bahwa seseorang sedang marah atau jengkel. Karena sesutau yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Nah, jika kamu menemui seseorang sedang seperti ini supaya berhati-hati agar kamu tidak menjadi pelampiasannya ya.

  1. Mata kehilangan fokus dan kelopak mata atas terkulai

Hal selanjutnya yang kamu perlu ketahui adalah kamu bisa melihat ekspresi wajah seseorang sedang sedih akibat kecewa atau kehilangan sesuatu. Yaitu dengan cara melihat mata sedang kehilangan fokus,kelopak mata atas terkulai dan bibir tertarik kearah bawah. Kamu bisa menghiburnya atau menasehati agar sesorang tidak merasa sedih.

  1. Pupil membesar

Ketika kamu sedang berbincang dengan seseorang kemudian melihat ukuran mata pupil membesar tandanya seseorang menunjukkan ketertarikan,semangat, bahagia dan moodnya sedang membaik.

  1. Bibir sedikit terbuka

Ketika kamu menemukan seseorang ketika berbicara dengan bibir tampak sedikit berbuka tandanya dia sedang memperhatikan ataupun tertarik dengan lawan bicara, namun kamu tetap menjaga kesopanan dalam berbicara. Tapi tidak semua orang seperti itu, saat kamu berada dalam perkumpulan tidak semua orang dapat mengungkapkan perasaan mereka melalui ekspresi wajah.

  1. Gerakan menaikkan salah satu sudut bibir

Ketika kamu menjumpai orang yang sombong atau menganggap remeh terhadap orang lain kamu bisa menilainya melalui ekspresi mimik wajah, ketika seseorang sedang menaikkan salah satu sudut bibir, itu menandakan orang sangat menganggap remeh terhadap orang lain.

  1. Sering menutup mata baik saat berkomunikasi atau diskusi kelompok

Ketika kamu menjumpai seseorang sedang menutup mata tetapi bukan berkedip berarti seseorang itu sedang membayangkan atau berusaha mengingat-ngingat sesuatu.

  1. Batang hidung berkerut dang bibir atas naik

Ketika kamu sedang menjumpai seseorang saat batang hidung berkerut dan bibir atas naik, bisa jadi orang tersebut sedang keadaan muak, hal ini muncul karena melihat sesuatu yang tidak sesuai dengan tempatnya, mendengar hal-hal menjijikkan atau aneh.

Itulah tadi beberapa ekspresi mimik wajah seseorang yang perlu kamu ketahui,kini kamu bisa mengetahui perasaan yang terjadi melalui ekspresi mereka dan kapan saat kamu harus menghiburnya,menasehati atau lebih berhati-hati dalam berkomunikasi.

Namun, hal yang terpenting untuk kamu ketahui ekspresi mereka adalah dengan ekspresi makro atau mikro.

  1. Ekspresi makro

Tipe ekspresi ini menampilkan wajah sesuai dengan perasaannya dan biasanya bertahan sampai selama 0,5 sampai 4 detik dan melibatkan seluruh wajah.

Tipe ini dibuat saat sendirian,keluarga,teman,atau sahabat. Biasanya ekspresi ini juga lebih lama daripada ekspresi mikro karena nyaman dengan lingkungan dan tidak harus menyembunyikan emosi. Ekspresi ini relatif mudah dilihat dan kamu juga tahu apa yang dicari dari diri seseorang.

  1. Ekspresi mikro

Ekspresi ini versi singkatnya dari ekspresi wajah emosional dan muncul atau hilang dalam beberapa sepersekian detik. Ekspresi ini terjadi lebih cepat mungkin jika kamu berkedip kamu juga melewatkannya.

Ekspresi mikro ini salah satu tanda emosi tersembunyi, sebenarnya tidak ditutupi namun prosesnya yang lebih cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa eskpresi ini terjadi karena tidak dapat dikontrol sepenuhnya, meskipun sudah berusaha mengontrol emosi.

Terdapat 2 jalur netral di otak sehingga memediasi mimik wajah yaitu saling menarik di wajah ketika seseorang berada situasi emosional yang intens, namun berusaha menyembunyikan perasaannya.

Itulah beberapa ekspresi wajah, apakah sekarang kamu sudah mengetahuinya? Kamu bisa mencoba hal tersebut ketika bertemu dengan seseorang. Sekian, semoga bermanfaat..