pendaki gunung

Tips Simple Untuk Para Cewek yang Mau Mendaki Gunung

Posted on

Mendaki gunung adalah olahraga yang sekarang sedang hits. Karena dengan pemandangan yang keren dan begitu indah, mendaki gunung menjadi olahraga yang banyak diminati. Mungkin menjadi hal yang biasa bagi orang yang cinta dengan alam.

Sebenarnya olahraga mendaki gunung merupakan olahraga yang berat dan menguras keringat. Jadi sebelum kamu ingin mendaki gunung supaya mempersiapkannya dengan matang. Khususnya untuk cewek, karena cewek memang sedikit agak ribet ya! Nah, di bawah ini sudah ada tips simple untuk para cewek yang mau mendaki gunung.

  1. Usahakan beberapa hari sebelum mendaki supaya olahraga ringan

olahraga

Untuk kamu yang jarang olahraga tapi mau mendaki gunung, disarankan untuk melatih otot-otot terlebih dahulu agar tidak tegang dan kaget, minimal semingu lah. Seperti olahraga ringan yaitu jogging, senam atau berenang. Supaya kamu bisa mengatur nafas dan bisa lebih kuat saat mendaki. Karena mendaki gunung butuh energi yang extra lho.

  1. Meyakinkan diri dan tidak ada pemikiran yang negatif

tidak berpikir negatif

Kamu harus yakin bahwa kamu itu mampu untuk mendaki gunung. Jangan berfikir yang negatif, seperti pertanyaan yang negatif contohnya nanti gak bisa sholat dong?, bagaimana kalau mau buang air? Dan pertanyaan – pertanyaan negatif lainnya. Kamu hanya perlu menyelesaikan perjalananmu menuju puncaknya gunung. Jika ada masalah di pertengahan perjalanan, usahakan untuk di selesaikan bersama tim kamu dengan baik. Jika bisa menyelesaikannya maka perjalananmu akan lancar.

  1. Mempersiapkan peralatan untuk mendaki

peralatan mendaki

Mungkin bagi kamu yang belum pernah mendaki akan bertanya-tanya apa saja yang harus dibawa saat mendaki gunung?. Peralatan mendaki itu terbagi menjadi dua bagian, yaitu peralatan pribadi dan kelompok.

Peralatan pribadi itu contohnya seperti make-up, baju ganti, obat, tisu basah dan tisu kering, sleeping bag, minuman dan makanan ringan, dan juga survival kit. Sedangkan peralatan kelompok seperti tenda, P3K, makanan berat, alat memasak, dan matras. Semua peralatan ini dipersiapkan untuk keselamatan dan kenyamanan mu.

  1. Sertakan teman lelaki yang kamu percayai

Jangan malu untuk mengajak teman lelaki yang kamu percayai untuk memandu perjalananmu. Karena dengan adanya teman lelaki juga akan membawa suasana menjadi lebih seru dan juga kamu akan merasa tetap terjaga. Lebih baik lagi bila kamu memilih teman lelakimu yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung.

  1. Memakai pakaian yang menyerap keringat dan mampu menghalau udara dingin

pakaian mendaki

Ternyata pakaian untuk mendaki gunung tiak sembarangan lho. Kamu harus bisa memilih pakaian untuk mendaki. Yaitu pakaian yang khusus untuk mendaki gunung. Pakaian yang menyerap keringat dan mampu untuk menghalau udara dingin. Karena di saat awal kamu mendaki gunung kamu akan merasakan udara yang dingin sehingga kamu akan memutuskan memakai jaket.

Padahal kalau kamu langsung memakai jaket nanti kamu akan merasa sangat berkeringat setelah berjalan dan akhirnya kamu akan menjadi ribet sendiri akan pakaian kamu. Maka di sarankan untuk memakai baju yang tidak terlalu tipis tapi menyerap keringat.

Kenakanlah pakaian dengan lengan yang panjang untuk menghindari tergores-gores ranting pohon ketika masuk hutan. Dan jangan kenakan celana levis karena akan membuat aliran darah terhambat dan akibatnya menjadikan kakimu mudah pegal-pegal.

  1. Selalu memakai sunblock selama pendakian

Kita tidak mengetahui cuaca yang ada di gunung seperti apa. Kadang panas, dingin, atau kering, dll. Maka dari itu disarankan supaya selau memakai sunblock. Apalagi kalau kamu yang kulitnya sensitif, wajib untuk selalu memakai sunblock, minimal SPF 30 untuk mencegah kulitmu terbakar. Sebaiknya kamu menaruh sunblock ini di bagian tas yang mudah untuk dijangkau. Supaya tidak sulit untuk mencarinya.

  1. Jangan lupa membawa slayer

slayer

Slayer merupakan barang yang wajib kamu bawa. Karena slayer memiliki banyak kemanfaatan saat mendaki gunung. Bisa di gunakan sebagai pelindung leher saat udara dingin, bisa digunakan untuk peutup kepala ketika cuaca keadaan panas dan juga sebagai penutup mata jika ada debu yang beterbangan. Slayer juga akan membantu temanmu supaya lebih mudah dikenali hanya dengan memakai slayer di kepalamu.

  1. Memakai sarung tangan juga penting

Pemakaian sarung tangan ternyata juga sangat bermanfaat. Sarung tangan membuat kita menjadi lebih aman. Karena kadang kamu harus bejalan merangkak karena tanjakannya cukup curam. Sarung tangan juga sebagai penghangat saat malam hari atau saat bercuaca dingin.

  1. Membawa pembalut

Karena kita cewek kita juga harus membawa benda yang satu ini lho. Karena menstruasi bisa saja terjadi dengan tiba-tiba atau karena kecapekan. Dan juga membawa obat penyeri haidnya. Nah, jika kamu sedang keadaan haid, pastikan di tasmu membawa plastik kecil untuk membungkus bekas pembalutmu. Disarankan jangan sampai kamu meninggalkan bekas pembalutmu di atas gunung.

  1. Ketika kamu kelelahan, jangan sungkan untuk bilang pada tim mu

Tenaga cewek dengan cowok itu berbeda, karena kaki cowok itu lebih panjang dan kaki cewek tidak sepanjang itu, jadi wajar saja kalau cewek lebih mudah untuk merasa lelah. Jika kamu sudah merasa capek dan belum kuat untuk melanjutkan perjalanan, kamu jangan sungkan untuk berkata pada tim kamu. Karena mereka pasti akan mengerti dan akan membantumu. Kamu bisa istirahat sebentar sambil memakan snack bersama, sambil menunggu kelelahanmu hilang.

Ada sedikit saran nih untuk kamu yang mau mendaki gunung. Jika kamu mau buang air kecil atau besar, mungkin menjadi hal yang membingungkan. Karena di atas gunung tidak mungkin ada toilet. Nah, jangan khawatir kamu hanya harus mencari semak-semak dan membawa tisu basah untuk mensucikan. Bawa teman cewek juga untuk berjaga-jaga.