pedikur

Tips Merawat Kaki Agar Mulus dan Terawat Seperti Di Spa

Posted on

Kaki adalah salah atu bagian tubuh yang penting dan harus kita rawat. Percuma jika yang diberi perawatan hanya wajah saja, tapi kaki masih terlihat dekil. Karena kaki tidak memiliki kelenjar minyak yang bisa melembabkan kulit. Sehingga kita harus memberi perawatan khusus untuk kaki secara teratur.

Jika kita tidak merawat kesehatan kaki, maka yang terjadi malah menimbulkan masalah pada daerah kaki. Seperti bau kaki, kulit kasar, kering, pecah-pecah, lecet atau iritasi. Maka dari itu kita harus memberikan perawatan khusus kepada daerah kaki.

Dari pada mahal-mahal untuk datang ke spa, kamu bisa memberi perawatan di rumah. Di bawah ini ada beberapa tips merawat kaki agar mulus dan terawat seperti di spa.

  1. Menghapus cat kuku

menghapus cat kuku

Langkah yang pertama adalah hapus cat kuku di kaki kamu. Pakailah pembersih cat kuku yang bebas aseton. Supaya kukumu tidak mudah patah. Karena pembersih cat kuku yang mengandung aseton akan menyebabkan kuku terlihat lebih kusam dan kasar.

  1. Selalu menggunting kuku ketika kuku sudah tumbuh

menggunting kuku

Kemudian rajin-rajinlah dalam menggunting kuku. Karena kuku kaki adalah tempatnya kotoran, jika tidak dibersihkan maka akan menimbulkan infeksi dan juga rentan patah. Jika kamu ingin terlihat kakimu lebih indah, maka potong pendeklah kuku kakimu.

  1. Selalu menggosok kaki dengan sabun

membersihkan dengan sabun

Jangan lupa ketika kamu mandi, bagian kaki juga harus dibersihkan dengan cara menggosok menggunakan sabun. Fungsinya untuk mengangkat bakteri dan kotoran yang menumpuk di kaki. Dan juga bersihkan kaki sampai pada celah-celah jari agar kaki benar-benar bersih dan bebas dari bakteri.

  1. Melakukan pedikur setiap minggu

pedikur

Rendamlah kakimu kedalam air hangat yang sudah dicampuri dengan garam kristal. Untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang ada di kakimu. Dan diamkan kakimu di dalam rendaman air garam selama 5-10 menit. Kemudian gosokkan telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengeksfloitasi sel kulit mati. Karena penyebab kaki kusam dan kapalan adalah sel kulit mati yang menumpuk pada telapak kaki. Kamu juga bisa sambil memijit-mijit kakimu dengan piitan yang lembut untuk memanjakan kulit kakimu.

  1. Membersihkan dengan lemon

membersihkan dengan lemon

Kamu bisa menggosokan potongan lemon ke kakimu dan kuku kaki. Karna lemon juga dapat membantu mengangkat kotoran yang menumpuk di kakimu.

  1. Selalu mencuci kaki setelah melepas alas kaki

mencuci kaki

Dengan mencuci kaki setelah memakai alas kaki, maka kakimu akan mendapatkan kelembapan dan terlihat lebih bersih. Karena setelah kamu memakai kaus kaki yang lama, kulit kakimu akan kering dan terlihat kusam. Nah kulit kering itulah yang menjadikan kaki pecah-pecah dan kusam.

  1. Oleskan moisturizer atau lotion setiap malam

memakai moisturizer atau lotion

Saatnya untuk melembabkan kakimu, caranya dengan selalu menggunakan moisturizer atau lotion pada kakimu sebelum tidur. Agar mencegah kulit kaki kering dan tumit pecah-pecah. Dan juga akan memberikan kekenyalan dan kehalusan pada kulit kaki. Sebelum menggunakan lotion atau moisturizer, cuci bersihlah kakimu terlebih dahulu. Jika kamu memiliki kaki yang mudah kering dan pecah-pecah, kamu bisa memakai kaos kaki setelah menggunakan lotion atau moisturizer.

  1. Menggunakan sunblock

Sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan, pastikan kakimu telah diberi sunblock. Supaya tidak belang akibat paparan sinar matahari. Jika kamu rutin memkai sunblock pada kakimu, maka akan terlihat lebih cerah dan bebas belang.

  1. Gunakan kaus kaki yang tepat

gunakan kaus kaki

Setiap kaus kaki itu pasti bebeda bahan. Karena ada kaus kaki yang tidak menyerap keringat dan kaki menjadi bau. Maka dari itu gunakanlah kaus kaki yang berbahan katun atau kain wol yang nyaman. Supaya kaki masih tetap bisa bernafas.

  1. Pilih sepatu yang tepat

memilih sepatu yang tepat

Kamu harus bisa memilih sepatu yang tepat, nyaman dan pas. Karena jika tidak memperhatikan sepatu, bisa saja kakimu menjadi bau. Kamu bisa menyemprotkan deodoran atau bedak aromatik di sepatumu, sebelum kamu memakainya. Dan juga simpanlah sepatu di tempat yang kering dan terkena sinar matahari supaya mencegah tumbuhnya bakteri.

  1. Memberi waktu istirahat pada kaki

memberi waktu istirahat

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk merawat kakimu. Istirahatkanlah kakimu yang sudah berjalan cukup lama. Karena berjalan cukup lama malah membuat kaki letih, mati rasa, dan nyeri pada tumit. Caranya kamu bisa duduk dan angkat kaki ke atasuntuk melancarkan peredaran darah yang ada pada bagian kaki.

Mudah bukan merawat kaki di rumah sendiri, tanpa harus membayar mahal-mahal di spa. Jadikanlah tips-tips di atas menjadi kebiasaanmu. Karena jika kamu terbiasa untuk merawat kakimu maka kakimu akan terlihat cerah, mulus dan terawat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk yang mau merubah kebiasaannya menjadi lebih baik lagi.