seorang ibu
seorang ibu

10 Tips Menjadi Seorang Ibu yang Baik untuk Anak

Posted on

Menjadi seorang ibu itu pekerjaan yang mulia, ibu adalah sosok pahlawan untuk kita. Ibu bisa kita jadikan sebagai sahabat kita, dan teman curhat untuk kita. Ibu adalah orang yang paling hebat yang telah mengajarkan kita. Ibu juga sebagai peranan penting dalam perkembangan anak dan mental anak. Kalo bicara tentang ibu, ibu bisa ibaratkan sebagai malaikat yang nyata dalam kehidupan kita. Karena dengan kasih sayang dan kelembutanya lah yang mengajarkan kita tentang sosok seorang ibu.

Sabar merawat kita, lemah lembut menghadapi sikap kita dan masih banyak lagi itulah salah satu sifat seorang ibu. Menjadi seorang ibu rumah tangga, itu merupakan peranan yang sangat dibutuhkan. Walaupun ayah itu ikut serta dalam rumah tangga, namun ayah tidak bisa mengalahkan peran sebagai ibu. Kasih sayang, lemah lembut, kepekaan, kesabaran, itu semua yang tak pernah dimiliki oleh seorang ayah. Tugas ibu tidak hanya memasak untuk keluarga saja, namun juga mendidik anak untuk tumbuh dan berkembang.

Kedekatan anak kepada ayah, tidak bisa mengalahkan kedekatan anak dengan seorang ibu. Karakter dan sifat ibu ini sangat penting untuk anak, baik itu laki-laki ataupun perempuan. Terutama untuk laki-laki, ibu adalah cinta pertama dan cinta sejati. Ibu bisa mendidik anak untuk memiliki pribadi yang kasih sayang, lemah lembut, percaya diri, penyayang, penyabar dan bertanggung jawab.

Berikut Tips Menjadi Seorang Ibu Untuk Anak

Ibu-Rumah-Tangga
Ibu-Rumah-Tangga
  1. Mengajarkan kelemah lembutan

Seoarang anak yang tumbuh tanpa hadirnya seorang ibu, itu umumnya memiliki kepribadian yang keras, kurang peka kepeada dirinya sendiri, tidak peduli orang lain bahkan lingkungan sekitar. Ibu ajarkanlah sifat lemah lembut terhadap anak, tanpa harus menghilangkan ketegasannya.

  1. Mengajarkan kesabaran dan ketegaran

Mengajarkan kesabaran dan ketegaran kepada anak ini sangatlah penting sekali, kesabaran dan ketegaran yang ditunjukan oleh ibu ini dapat menjadi contoh bagi anak-anaknya. Ketika ibu bersikap tegar dan sabar, itulah yang akan mengajarkan kepada anak. Secara langsung atau tidak langsung, ini juga bertujuan agar anak lebih bisa mengatasi permasalahan yang akan dihadapinnya kelak ketika sudah dewasa.

  1. Menjadi penyemangat untuk anak

Setiap anak biasanya memilki permasalahan dan tantangan, ibu yang peka dengan situasi dia akan merasakan apa yang anak rasakan. Dan berfikir positif dan memberikan kata-kata yang menjadi motivasi dan penyemangat yang tinggi, bahwa segala permasalahan dan tantangan itu ada jalan keluarnya.

  1. Menjadi ibu yang pemberani

Menjadi seorang ibu, juga harus mempunyai sifat yang berani dalam melakukan aktivitas. Ibu mampu menggantikan posisi ayah, namun ayah belum tentu bisa mengggantikan posisi seorang ibu. Contohnya seperti ketika turun hujan, ibu berperan dan berinisiatif untuk menambal bocor turah hujan. Sepertinya itu hal sepele, namun di mata seorang anak itu adalah seorang ibu yang pemberani dan hebat.

  1. Menjadi penasehat yang baik untuk anak

Ketika anak mengambil keputusan, ada kalanya anak akan merasakan bimbang dan bingung. Peran ibu disaat kondisi seperti itu sangat dibutuhkan. Memberikan nasehat dan masukan yang dia perlukan. Dan ibu hendaklah membantu anak untuk percaya diri dan mampu untuk mengetahui dampak baik dan buruknya di setiap keputusan yang akan dia ambil. Selalu menyakinkan bahwa keputusan yang diambil itu adalah keputusan yang baik untuknya.

  1. Menjadi perekat untuk anak

Didalam urusan rumah tangga, biasanya terjadi permasalahan sesama anggota keluarga. Ini sudah hal yang wajar dan lumrah dalam keluarga. Ibu adalah salah satu orang yang harus mengalah dan berdiri pada posisi yang netral. Ibu akan menjadi seorang penengah dan meredahkan urusan keluarga antara anak dengan ayah atau dengan yang lainnya. Secara tidak langsung, ibu adalah perekat untuk mempersatukan seluruh anggota keluarga. Tujuannya agar keluarga bisa kembali harmonis dan bekerja sama dengan baik.

  1. Memiliki sifat memaafkan

Menjadi seorang ibu memiliki kesabaran yang sangat banyak, sebenernya menjadi seorang ibu pasti akan memaafkan semua kesalahan anaknya, maksudnya setiap anak secara sadar atau tidak pernah menyakiti hati seorang ibu, sikap yang ditunjukan ibu adalah sikap yang mudah memaafkan. Mengingatkan anak boleh, namun hendaknya jangan suka mengungkit kesalahan anak. Jadi ibu harus bisa menunjukan sikap pemaaf kepada anak, dan mampu menjadi ibu yang baik untuk anak.

  1. Mendidik anak dengan baik

Belajar dan di didik oleh guru disekolah saja itu tidak cukup, namun dibalik keberhasilan seorang anak terdapat usaha ibu didalamnya. Memilih sekolah yang baik dan bagus untuk seorang anak untuk perkembanganya itu tidak salah, namun bukan berarti ibu menyerahkan tugas mendidik anak sepenuhnya kepada pihak sekolah.

Oleh sebab itu, ibu seharusnya menanamkan sifat yang baik kepada anak. Seperti mengucapkan terima kasih karena telah dibantu, atau juga sikap memaafkan jika mempunyai salah. Hal seperti itulah yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak kecil. Dengan dengan seperti itu, karakter dan sifat anak akan terbentuk sejak kecil.

  1. Mendukung anak

Setiap anak pasti memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda-beda, seperti akademis, seni musik, seni lukis, olahraga dan sebagainya. Ibu hendaknya menemani anak saat latihan atau belajar. Dan terus mendukung dan penyemangat bagi anak. Agar anak lebih termotivasi dan percaya diri untuk menjadi yang lebih baik lagi.

  1. Jangan mengejek anak baik fisik atau karakter

Menumbuhkan kepercayaan diri terhadap anak ini dengan cara tidak mengejek anak ketika dia salah. Walaupun hanya berniat sebagai candaan . pada kondisi seperti itu, anak belum tau komunikasi yang benar, ejekan yang telah di ucapkan ibu membuat anak merasa hal itu adalah benar. Dari pada mengejek, alangkah baiknya memberi tahu anak bahwa yang dilakukakn adalah perbuatan yang salah dan berikanlah semangat agar dia tidak mengulangi kesalahannya.

Berikut diatas adalah tips seorang ibuk dalam menghadapi sifat dan tingkah laku anak, semoga bermanfaat dan terima kasih.