10 Tips Menjadi Anak Sholih-Sholihah agar Orang Tua Bangga

Posted on

Assalamualaikum….

Menjadi anak sholih-sholihah, pada artikel saya kali ini akan membahas tentang menjadi anak sholih-sholihah. Sobat, pasti Anda sangat sering sekali mendengar kata-kata itu? Ya, anak sholih-sholihah adalah sebutan untuk anak yang baik,taat kepada orang tua, dan rajin beribadah. Namun, di jaman sekarang dan semakin bertambahnya tahun etika atau tata karma terhadap orang tua sudah semakin memudar, bahkan banyak anak sekarang yang tidak menghormat kepada kedua orang tuanya, berbicara pun masih kasar. Apakah hal tersebut patut untuk ditiru? Bagaimana dengan moral anak jaman sekarang?  Duniapun akan hancur jika dipimpin oleh generasi yang tidak bermoral.

Padahal perlu kita ketahui, betapa besar pengorbanan orang tua kepada kita? Berapa banyak kasih sayang yang diberikan kepada kita? Namun, kita masih saja egois, terlalu memikirkan diri kita sendiri, sehingga lupa kewajiban seorang anak kepada orang tua. Orang tua telah bersusah payah, sang ayah bekerja setiap hari pagi,siang,malam demi mencukupi kebutuhan hidup keluarga, sedangkan ibu, telah mengandung bahkan melahirkan dengan taruhan nyawa.

Apakah kita masih belum bisa memberikan cinta kita kepada kedua orang tua? Memberikan waktu sedikit kepadanya, padahal mereka tidak menuntut apapun dari kita, hanya satu hal yang diinginkannya, yaitu menjadi anak yang sholih-sholihah. Dengan kita menjadi anak yang sholih-sholihah orang tua akan bangga, berarti usaha mendidik anak selama ini tidak sia-sia, karena harta yang paling berharga dan menjadi investasi dunia dan akhirot adalah anak, dan anak juga akan menjadi amal jariyah bagi mereka.

Sobat, jika Anda sekarang sudah paham apa makna dari orang tua, dan makna menjadi anak sholih-sholihah, mari sekarang berubah, jika Anda yang pernah mengalami kurang taat kepada kedua orang tua kemudian membaca artikel ini mari sekarang Anda merubah sikap tercela itu, dan bagi Anda yang sudah taat tetapi ingin membaca artikel ini maka supaya berubah untuk menjadi lebih berbakti lagi. Namun, jika Anda yang bingung harus berbuat bagaimana? Tak perlu khawatir, saya akan memberikan tips menjadi anak sholih-sholihah agar orang tua bangga, mari simak artikel berikut ini!

anak sholeh
anak sholeh
  1. Senantiasa selalu hormat kepada kedua orang tua

Hormat yang dimaksud adalah bukan seperti hormat layaknya bendera merah putih, namun hormat disini adalah etatp selalu menghargai kedua orang tua jangan pernah membantah meskipun pernah kecewa bahkan marah sekalipun namun Anda tetap tunduk selalu kepada kedua orang tua.

  1. Jangan meninggikan intonasi suara bahkan membentak

Ketika Anda berkomunikasi dengan orang tua, mungkin saat itu ketika marah bahkan berteriak atau membentak, jangan sesekali Anda meninggikan suara Anda, dan jangan terlalu sering untuk menatap pandangannya. Karena orang tua sangat mulia, berusahalah selalu bersikap yang baik, ingat dosa yang akan menimpa jika Anda berbuat sikap tercela. Karena di dalam Alqur’an dijelaskan dalam surat Al Isra’ ( 23-24) “Supaya selalu berbuat baik kepada ibu-bapak, dan jika mereka berbuat salah sampai usia lanjut jangan sekali-kali berkata ah/perkataan jelek dan jangan sampai membentak keduanya, dan ucapkan dengan ucapan yang baik.”

  1. Jika mereka salah supaya mengingatkan yang baik jangan sampai menyalahkannya

Mungkin dalam kehidupan keluarga pasti ada suatu konflik baik antara anak dan orang tua ataupun yang lain-lain. Jika Anda melihat salah satu kedua orang tua melakukan kesalahan dan berusaha mengingatkannya, supaya berbicara yang baik,sopan dan merendahkan nada suara. Insyallah orang tua pasti menerima pendapat Anda karena orang tua yang bijak adalah mau menerima saran ataupun kritikan dari siapapun terutama dengan anaknya. Tetapj tidak semua orang tua bisa melakukan hal ini, karena sebagian masih menganggap bahwa mereka masih anak-anak tidak mengerti hal sebenarnya. Jadi, jika Anda ingin mengingatkan supaya dengan tutur kata yang halus, Anda juga berusaha melihat situasi terlebih dahulu dan upayakan sebelum berkata diiringi dengan permohonan maaf terlebih dahulu.

  1. Selalu meminta ridho dan doa kepada kedua orang tua

Jika Anda dalam keadaan apapun baik dalam perjalanan, kegiatan sekolah, atau perlombaan bahkan pertandingan supaya selalu meminta ridho dan doa kepada kedua orang tua, agar selalu dimudahkan dan dilancarkan. Karena ridho Allah terletak pada ridho kedua orang tua sebagaimana hadits diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amru radhiallahu anhuma, ia berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Ridha Allah terletak pada Ridho Orang tua, Murka Allah terletak pada murka Orang Tua”. (Hasan,at-Thirmidzi : 18999,HR al-Hakim 7249, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabiir : 14368, al-Bazzar :2394).

  1. Selalu membantu kedua orang tua tanpa diperintah

Jika Anda masih bertempat tingga bersama kedua orang tua, maka bersyukurlah jangan sampai menyia-nyiakannya, karena kasih sayang setiap waktu pasti Anda rasakan, karena saya saat ini sedang jauh dari orang tua karena menuntut ilmu, jadi ya cukup sedih, hanya mendengar suara ketika bertelpon atau melihat saat Video Call.

Maka Anda beruntunglah, dan selalu berusaha untuk membantu orang tua tanpa diperintah, karena pasti kita tahu, bahwa orang tua sedang kelelahan mencari nafkah, banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti memebersihkan rumah,mencuci,menyapu bahkan memasak sekalipun atau jika orang tua berdagang bisa Anda bantu juga dll. Mungkin dalam benak orang tua pasti merasa sangat senang jika memiliki anak yang rajin.

  1. Selalu berpamitan ketika ingin bepergian

JIka kedua orang tua Anda sering di rumah, upayakan Anda selalu berpamitan dan meminta izin, bik ketika sekolah, bepergian bekerja dll. Karena orang tua juga tak perlu merasa khawatir, asalkan ucapan Anda itu sesuai dengan tujuannya tidak membohonginya. Karena Allah juga Maha Mengetahui.

  1. Selalu mendahului mereka

Sikap lain juga bisa Anda lakukan yaitu, segala aktivitas baik ketika makan,minum,memberi tempat duduk dll. Selalu mendahulukan mereka. Namun sikap yang seperti ini sudah kita jarang jumpai terhadap anak muda saat ini.

  1. Menjaga perasaan atau hati mereka

Jika Anda bersama orang tua supaya selalu berhrti-hati dalam bersikap jangan sampai membuat kecewa,sedih atau hati terluka. Karena bagaimanapun juga sebenarnya orang tua itu sangat berhati lemah lembut tanpa kita sadari. Kita supaya selalu menaati perintahnya, menuruti semua keinginannya apapun itu asalkan yang positif karena orang tua pasti memeberikan yang terbaik terhadap anaknya tidak ada yang menjerumuskan yang jelek sedikitpun, hanya orang tua yang tidak memilki hati saja yang rela melakukan sifat tercela terhadap anaknya. Karena jika Andas sampai menyakiti hati orang tua, mereka sangat sedih dan ucapan buruk apapun bisa jadi mereka tuturkan, akibat perbuatan buruk kita. Jadi lebih berhati-hati jangan sampai mengecewakannya.

  1. Jangan memotong pembicaraan orang tua

Ketika Anda sedang diberitahu atau dinasehati dengan baik jangan sampai memotong pembicaraan mereka, ataupun ketika orang tua sedang berkomunikasi jangan ikut dan berada di tengah-tengah pembicaraan mereka, itu adalah sikap yang tidak baik, usahakan menunggu pembicaraan itu sampai selesai, kemudian Anda mengatakannya, usahakan berkata dengan tutur yang baik dan lembut, namun alangkah baiknya Anda diam tidak melawan pembicaraan tersebut.

  1. Selalu mendoakan kedua orang tua

anak mendoakan orang tua
anak mendoakan orang tua

Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui adalah, jangan lupa untuk selalu mendoakan kedua roang tua, karena anak yang sholih-sholihah adalah anak yang selalu mendoakan kedua orang tuanya agar selalu dalam hal kebaikan, bahkan jika Anda selalu mendoakan kedua orang tua, bisa menambah derajat surga orang tua nanti dan bisa menjadi amal jariyah. Apakah Anda ingin orang tua Anda bahagia? Maka doakan selalu ya.

Itulah beberapa tips menjadi anak sholih-sholihah, jika Anda ingin berubah, menjadi lebih baik dan membuat bangga kedua orang tua, maka lakukan sekarang,jangan sampai menunda-nunda, selagi masih ada kesempatan. Apakah Anda tidak ingin orang tua bahagia dunia akhirot? Pasti semua anak menginginkannya bahkan yang terbaik.

Sekian semoga bermanfaaat bagi Anda. Saya doakan agar menjadi anka sholih-sholihah dan orang tua merasa bahagia dengan kehadiran kita.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya..

Wassalamualaikum…