monokrom

Tips Memilih Baju Muslim Sesuai Dengan Postur Tubuh

Posted on

Penampilan adalah salaah satu hal yang sangat penting bagi para wanita. Apalagi yang memakai hijab. Dan sekarang ada banyak busana fashion yang baru dan trendy. Dengan beragam model dan desain yang bagus kita dapat memilih busana yang tepat, mudah dan tidak ribet.

Kita sebagai wanita mungkin punya rasa minder jika menggunakan pakaian yang gak cocok atau kekecilan bahkan kebesaran. Tapi jangan khawatir, karena tips di bawah ini akan  membahas tentang cara memilih pakaian yang cocok sesuai dengan postur tubuh kalian masing-masing.

Tips memilih pakaian yang cocok untuk tubuh gemuk

  1. Berwarna hitam

Warna hitam adalah warna yang netral. Dan dengan warna ini sangat ideal untuk wanita yang gemuk. Karena warna hitam akan memberikan kesan tubuh menjadi terlihat lebih kecil. Disarankan jika ingin memakai baju yang berwarna hitam, padukanlah dengan warna hijab yang sedikit lebih terang. Supaya terkesan lebih hidup. Dan juga tambahkan sedikit aksesoris agar terlihat menawan.

  1. Memakai tambahan luaran
coat

Memakai tambahan luaran seperti blazer, rompi panjang, coat, cardigan atau jaket denim, akan menjadikan anda terlihat lebih manis dan juga bermanfaat untuk menutupi lekukan tubuh yang menonjol. Sehingga dengan memakai tambahan luaran akan terlihat lebih rapi dan elegan.

Pilihlah tambahan luaran yang bahannya tipis dan motif yang simple, agar tubuh anda tidak terlihat lebih tebal. Dan juga pilihlah tambahan luaran yang pas di tubuh anda. Jangan sampai terlihat kebesaran ataupun kekecilan.

  1. Memakai maxi dress
maxi dress

Maxi dress bisa anda gunakan ketika anda ingin menghadiri acara penting. Dengan memakai maxi dress tubuhmu akan terlihat lebih ramping. Kamu bisa memilih berbagai macam maxi dress seperti gamis, abaya, atau kaftan. Maxy dress juga sekarang sudah menjadi busana yang trendy bagi orang yang mempunyai tubuh gemuk. Kamu bisa menambahkan blazer atau jaket denim supaya semakin terlihat modis dan elegan.

  1. Memperhatikan motif pakaian
vertikal

Jika kamu ingin memakai baju yang bermotif garis, pilihlah garis yang vertikal supaya tubuhmu terlihat lebih inggi dan ramping. Jika kamu memakai garis yang hoorizontal maka tubuhmu akan terkesan lebih lebar.

Dan hindarilah pola motif yang ramai, karena orang yang melihat juga akan pusing. Dan jika memakai baju motif usahakan jangan pakai yang ukurannya lebih besar karena akan membuat tubuhmu terlihat semakin berisi. Carilah pola motif yang cocok untuk tubuhmu dan warna kulitmu.

  1. Mengganti celana dengan rok

Lebih baik jika kamu mengganti celana jeans dengan rok. Karena jika memakai celana jeans, bentuk kakimu akan jelas-jelas terlihat besar. Nah, dengan mengganti celana jeans dengan rok maka akan menutupi bagian kaki yang besar. Tapi hindari juga rok yang sangat lebar, karena akan membuatmu semakin terlihat besar. Jika ingin memakai rok yang lebar usahan dengan bahan jersey atau siffon.

Tips memilih pakaian yang cocok untuk tubuh pendek

  1. Berwarna gelap

Pakaian dengan warna yang gelap akan memperlihatkan tubuh anda menjadi lebih ramping. Dan juga akan  terkesan elegan. Jika kamu memilih warna hitam maka akan menciptakan siluet yang tegap dan tinggi.

  1. Memakai warna monokrom
monokrom

Pilihlah busana dengan warna yang monokrom. Yaitu warna yang masih memiliki keterikatan. Karena dengan warna yang senada akan memberikan kesan pada tubuhmu menjadi lebih panjang dan tinggi. Jika memakai banyak warna justru akan menghilangkan kesan tinggi dari tubuh mungilmu. Maka pilihlah warna dari atasan sampai bawahan yang senada agar tubuhmu telihat lebih panjang dan elegan.

  1. Memakai pakaian yang bergaris vertikal

Selain untuk terlihat lebih ramping, pola vertikal ini juga akan memberikan kesan pada tubuh anda menjadi lebih tinggi dan panjang. Disarankan, jika kamu memakai pola vertikal pada bajumu, maka celananya jangan ikut berpola vertikal. Karena warnanya akan tabrakan. Tapi pilihlah salah satu, baju atau celana yang akan berpola vertikal.

  1. Hindari banyak motif

Dengan memakai baju yang memiliki banyak motif maka akan memberikan kesan pada tubuhmu menjadi lebih kontras dengan tubuhmu. Ini akan mengakibatkan tubuhmu terlihat lebih pendek. Biasanya busana yang banyak motifnya itu ada pada busana gamis.

  1. Gunakan ikat pinggang tipis

Jika kamu memakai ikat pinggang yang besar maka seolah-olah tubuhmu akan terlihat penuh karena ikat pinggang yang besar. Gunakanlah ikat pinggang yang kecil sehingga tidak akan membuat tubuh anda terlihat penuh oleh ikat pinggang.

  1. Hindari dari celana yang ngatung

 

Bepakaian dengan bercelana yang ngatung itu harus dihindari. Karena postur tubuhmu yang pendek akan terkesan lebih pendek lagi. Dan juga seakan-akan kaki terlihat lebih tebal. Sedangkan celana panjang hingga menutupi mata kaki akan memberikan kesan kakimu lebih panjang.

  1. Gunakan style high waist
high waist

Dengan menggunakan celana atau rok bermodel high waisted akan memberikan kesan kakimu lebih panjang dan pinggangmu lebih ke atas serta menunjukkan bahwa anda memiliki tubuh yang lebuh tinggi daripada yang sebenarnya.

  1. Gunakan high-Heels
high heels

Menggunakan high-heels adalah yang terpenting untuk kamu yang  bertubuh pendek. Karena dengan kamu memakai high-heels di kakimu, kamu akan terlihat lebih tinggi dari biasanya. Tapi menggunakan high-heelsnya yang nyaman untuk kaki kamu. Bisa juga kamu memakai sepatu yang sudah ada high-heelsnya agar terlihat lebih keren. Yang harus diingat adalah walaupun kamu menyukai high-heels, kamu juga jangan terlalu berlebihan dalam pemakaiannya. Karena tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Tips memilih pakaian yang cocok untuk tubuh kurus

  1. Pakaian yang melebar
gamis lebar

Pilihlah pakaian yang modelnya lebih lebar. Pilihlah gamis yang bagian bawahnya melebar kesamping atau biasa disebut dengan nge-clock. Dengan memakai gamis yang lebar maka akan memberkan kesan pada tubuhmu menjadi lebih berisi.

  1. Pilihlah pakaian yang bermotif

Dengan banyaknya motif yang ada di pakaianmu, maka akan memberikan kesan tubuhmu menjadi lebih berisi. Karena dengan motif dan corak yang ada pada pakaian kamu bisa menyamarkan postur tubuhmu yang kurus.

  1. Pilihlah bahan yang pas

Ternyata bahan juga berpengruh dalam penampilan lho. Pilihlah gamis yang bahannya tidak terlalu lentur. Gamis yang bahannya kaku atau mengembung akan memberikan efek pada tubuhmu menjadi lebih berisi.

nah, itulah beberapa tips memilih pakaian yang sesuai dengan postur tubuh. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu yang masih bingung memilih pakaian yang mana yang cocok untuk bentuk tubuhmu.