Tanaman Hidroponik

Tips Membuat Tanaman Hidroponik

Posted on

Di dunia ini tuhan kita sudah menciptakan beribu banyak kenikmatan yang tak terhingga, yang tidak dapat di hitung dengan jari. Namun, para manusia jarang sekali mensyukuri atas kenikmatan yang telah tuhan berikan kepadanya. Pada dasarnya, manusia itu hidup diiringi dengan berbagai kehidupan ciptaan yang lainya seperti tumbuhan, hewan, dan masih banyak lagi. Namun, kebanyakan manusia merusak habitat makhluk hidup yang ada di sekitaranya. Mulai dari pemburuan liar di hutan, penebangan liar, pembakaran, dan penyalahgunaan lahan yang berdampak pada ekosistem di muka bumi ini.

Tetapi, untungnya, dengan adanya gerakan reboisasi yang sedang di gembor-gemborkan di penjuru dunia ini atau biasa sering kita sebut dengan go green. Go green adalah sebuah apresiasi atas kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungann sekitar. Maka dari itu, banyak sekali orang-orang yang mendukung kegiatan go green ini.

Dengan adanya gerakan go green ini, lingkungan di sekitar kita akan diupayakan menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan mencoba memperbaiki ekosistem yang ada di bumu seperti sedia kala. Banyak sekali kegiatan yang di lakukan oleh go green ini, mulai dari penanaman pohon dengan bibit-bibit yang baru, yang nantinya akan di ambil dan di tanami lagi.

Namun, kita semua harus tahu, bahwa salah satu dampat yang di salah gunakan lahan lingkungan yaitu pembangunan pabrik, kantor-kantor besar, gedung-gedung yang tinggi, dan masih banyak lagi. Imbasnya itu akan berdampak lahan-lahan yang ada akan menjadi lebih sempi, bahkan kalo sampai di biarkan, lahan-lahan bisa habis digunakan sebagai gedung-gedung, atau  pabrik-pabrik.

Padahal, kita senidir sudah mengetahui, bahwa kehidupan di dunia ini, kita juga harus di selingi, atau diimbangi dengan lingkungan yang sehat, asri dan alami dengan cara di tanami tumbuh-tumbuhan yang hijau, yang mana dengan adanya pepohonan, akan menyerap polusi udara, atau CO 2 dan akan menghasilkan udara yang baru, atau udara yang segar O2.

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Organik

Namun, impian kita itu dapat terhalang karena sempit, dan terbatasnya lahan yang ada untuk menanam pepohonan. Nah, anda tidak perlu khawatir lagi, sekarang sudah banyak sekali cara yang efektif untuk menanam, atau berkebun di lingkungan yang minimalis, salah satunya adalah dengan cara menanam tanaman hidroponik. Tapi, apakah kalian tahu apakah tanaman hidroponik itu?

Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang mana media tanamnya berupa tanah, teknik menanam yang satu ini biasanya itu menggunakan media tanam air. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat di tanami menggunakan teknik ini, namun ada juga yang tidak dapat di tanam menggunakan media tanam ini.

Namun setelah di teliti, penanaman dengan menggunakan metode hidroponik ini dapat menghasilkan tanaman yang sehat, dan juga dapat menghasilkan udara yang sehat. Karena, tanaman hidroponik tidak memerlukan herbisida, atau pestisida yang beracun. Tanaman hidroponik juga tidak terlalu membutuhkan banyak air, dan tidak perlu melakukan penyiraman seperti tanaman yang di tanamn pada media tanah.

Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara menanam menggunakan metode hidroponik, di bawah ini saya akan menjelaskan bagaimana sih caranya menanam dengan metode hidroponik. Berikut adalah penjelasanya:

Cara Menanam Tanaman Dengan Metode Hidroponik

Teknik Menanam Tanaman Hidroponik
Teknik Menanam Tanaman Hidroponik

Sebelum kita menanam dengan metode hidroponik, anda harus menyiapkan beberapa peralatan, yaitu:

  1. Persiapkan Bibit

Yang pertama yaitu siapkanlah bibit yang ingin di tanam. Usahakan pilihlah bibit yang kualitasnya itu bagus, hal ini di karenakan agar kelak si tumbuhan tidak mudah mati dan layu. Atau, anda juga bisa menggunakan tanaman yang sudah tumbuh, dengan cara mengambilnya itu langsung bersama akar-akarnya, dengan syarat tanamanya itu harus yang masih berukuran kecil.

  1. Pesiapkan Media Tanam

Yang kedua adalah persiapkan media tanam. Media tanam yang dipilih yaitu media tanam yang mamu menyerap air, dan juga mampu menahan akar dengan baik. Umumnya itu, biasanya menggunakan arang, kapas, pecahan batu-bata, atau biasanya menggunakan busa. Kalau menurut saya, lebih baik menggunakan media yaitu berupa kapas, dan di tambah dengan pecahan batu bata. Karena media ini lebih simpel, dan tentunya tidak ribet.

  1. Persiapkan Media Penyerapan air

Yang ketiga yaitu siapkanlah media penyerapan air. Pilihlah sistem akar, atau sistem penyerapan air yang baik, seperti tali yang biasa digunakan di kompor gas. Pokoknya, medianya itu yang harus bisa menyerap air, hal ini bertujuan supaya tidak ada gumpalan air yang ada di akar, sehingga membuat akar tidak mudah busuk.

  1. Persiapkan Wadah

Setelah itu mempersiapkan wadah. Pilihlah wadah yang akan di gunakan untuk menanam. Kalau yang biasa saya praktekkan itu, saya menggunakan 1 buah botol minum air bekas, karena media tanam yang satu ini lebih mudah di dapatkan, dan juga lebih simpel.

Baca juga ini : Kumpulan Beberapa Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan

Nah, bagaimana, cukup mudah kan untuk mendapatkan bahan-bahan untuk membuat tanaman hidroponik. Jika kalian sudah mempersiapkan barang yang di atas tadi. Nah, berikut adalah cara menanam tanaman hidroponik:

  1. Gunting Botol

Tahap yang pertama yaitu menggunting botol. Potonglah botol air minum yang tadi sudah di siapkan menjadi 2 bagian, kira-kira potong di titik tengah botol tersebut. lalu, baliklah bagian atas botonya, kemudian sambungkanlah bagian botol yang satunya. Tetapi jangan sampai lupa, lubangilah dahulu botol bagian atasnya, itu nanti berguna untuk menaruh tanaman yang akan di tanam, kira-kira berilah 3 lubang, tetapi jangan terlalu besar.

  1. Pasang Tali

Setelah memasang kedua belahan botol tadi. Ambil tali yang sudah di siapkan tadi, lali masukan ke dalam mulut botol sampai kuat, jika tidak ada tali, anda bisa menggunakan atau menggantinya dengan kain bekas.

  1. Masukan Media Tanam

Setelah semua yang di atas tadi sudah siap, tahap selanjutnya yaitu memasukan media tanam berupa kapas. Masukanlah kapas secukupnya, lalu tancapkan tanaman yang akan kita tanam sampai kuat, kemudian, masukanlah tambahan pecahan batu-bata secukupnya.

  1. Isikan Air

Setelah semua sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah isikan air secukupnya pada bagian botol penampungan air, atau botol bagian bawah. Diusahakan airnya itu jangan sampai lebih dari 3 lubang yang sudah kita buat pada bagian penyangga tanaman tadi. Karena, terlalu banyak air juga tidak baik bagi tanaman tersebut.

  1. Rekatkan botol

Setelah rangkaian di atas sudah selesai. Maka sesi yang selanjutnya yaitu rekatkan botol tadi menggunakan lem, atau solatip. Tetapi, jika anda ingin menyiraminya dengan cara langsung dari bagian penampungan air, maka jangan merekatkan botol tersebut.

Nah, bagaimana, cukup simpel bukan untuk menanam dengan menggunakan media hidroponik. Kalau kita fikir-fikir, keuntungan dari menanam dengan metode ini jauh lebih besar, salah satunya yaitu dapat hemat tempat(lahan), hemat air, tidak sulit dalam perawatanya, dan tentunya lebih mudah menanamnya. Bagaimana, anda tertarik untuk menanamnya? Jika anda tertarik, tidak salahnya anda menggunakan tipas yang saya ajarkan di atas tadi.

Sekian artikel dari saya ini. semoga informasi di atas tadi dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari saya. Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.