Bawang Merah
Bawang Merah

Tips, Cara Menanam Bawang Merah Yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Menanam Bawang Merah – Jika anda suka berjalan-jalan di kawasan brebes jawa tengah, pastinya anda sering melihat hamparan lading yang luas di sepanjang jalan pantura. Nah, brebes termsauk sentra budidaya bawang merah terbesar di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak anda untuk membahas tentang bagaimana sih caranya menanam bawang merah. Berikut adalah penjelasanya.

Bawang merah merupakan jenis tanaman holtikultura musiman yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Bagi kalian yang ingin menanam atau bertani bawang merah, keputusan anda sangatlah tepat. Namun, anda harus tahu bagaimana cara menanamnya. Cara menanam bawang merah benar-benar sangat di anjurkan, agar hasil panen yang di dapat itu dapat melimpah, dan bisa memakmurkan petani.

Baca juga : 7 Tanaman Hias Air Yang Cantik dan Indah

Jelas saja, bawang merah termasuk kedalam komoditi yang harganya itu tidak stabil. Kadang-kadang harga dari bawang merah itu bisa naik drastis, dan kadang-kadang bisa turun drastic pula. Hal ini juga di perparah dengan kebijakan impor pemerintah yang semakin membuat harga bawang merah local itu menjadi jatuh di pasaran. Tentu hal itu sangatlah merugikan, padahal Negara kita mempunyai lahan yang sangat luas untuk menanam berbagai macam tanaman, salah satunya yaitu bawang merah. Namun, kita itu harusnya mengekspor barang-barang kita keluar negeri, bukanya malah kita yang mengimpor barang-barang luar negeri ke negeri kita.

Sebelum kmengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara menanam bawang merah yang baik dan benar, anda harus tahu dahulu beberapa syarat supaya bawang merah bisa tumbuh subur, yaitu:

  • Habitat lahan yang cocok untuk menanam bawang merah yaitu di daratan rendah dengan ketinggian 0-800 meter di atas permukaan laut.
  • Suhu yang tepat, atau cocok untuk menanam bawang merah yaitu sekitar 27-32 derajat celcius, sehingga bawang merah membutuhkan sinar matahari yang lebih dari 12 jam setiap harinya.
  • PH tanah untuk media tanam bawang merah yaitu sekitar 6-7 Ph.
  • Umunya, menanam bawang merah itu paling cocok pada lahan sawah, maupun lahan tegalan. Mempunyai tekstur sedang, hingga liat.
  • Kelembapan tanah yang baik untuk menanam bawang yaitu sekitar 60-70%.
  • Jenis tanah yang baik untuk menanam bawang merah yaitu jenis tanah latosol. Tanah glei humus, maupun tanah alluvial.

Setelah kita mengetahui syarat-syarat untuk menanam bawang merah, dan anda sudah menemukan lahan yang cocok sesuai yang di atas tadi, maka langkah selanjutnya dalam menanam bawang merah yang baik dan benar adalah:

  1. Pengolahan tanah

    Pengolahan tanah
    Pengolahan tanah
  • Langkah pertama adalah gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul dan di diamkan selama 1 minggu, agar racun yang ada di dalam tanah terbawa oleh angin, dan menguap terpapar sinar matahari.
  • Apabila tanah tempat untuk meannam bawang merah tersebut mempunyai kadar keasaman kurang dari 6-7, berikanlah kapur dolomite dengan dosis 1 ton/1 hektar lahan. Kemudian diamkan tanah tersebut selama 2 minggu setelah proses pengapuran sebelum musim tanam tiba.
  • Setelah itu, buatlah bedengan pada lahan dengan lebar sekitar 1 meter. Tingginya itu 30 cm, dengan panjang sesuai dengan luas lahanya.
  • Berikan jarak antar bedengan, kira-kira setengah meter, jarak tersebut dapat di fungsikan sebagai parit untuk jalan air hujan dengan kedalaman 30 cm.
  • Setelah itu cangkul dan gemburkan bedengan sedalam 20 cm, ratakan bentuk bedengan, tidak melengkung seperti bedengan pada umumnya.
  • Setelah itu, tambahkan pupuk kandang secukupnya, tebarkan di atas bedengan, kemudian aduklah dengan tanah, tujuanya agar pupuk bisa merata, dan bercampur dengan tanah bedengan.
  • Lalu diamkan bedengan yang sudah di beri pupuk selama kurang lebih 1 minggu sebelum di tanami bibit bawang merah.
  1. Pemilihan Bibit Bawang Merah

Pemilihan Bibit Bawang Merah
Pemilihan Bibit Bawang Merah

Tahap selanjutnya dalam cara menanam bawang merah yaitu pemilihan bibit unggul. Hal ini sangatlah penting, sebab bibit unggulan sangatlah menentukan hasil panen bawang merah anda. jika usia dari bibit bawang merah anda kurang dari 2 bulan, maka lakukanlah pemotongan bagian ujung umbi, kurang lebih sekitar setengah cm. fungsi dari pemotongan ini yaitu untuk mempercepat tumbuhnya tunas pada tanaman bawang merah anda.

Jangan lupa baca : Daftar Harga Tanaman Hias Termahal

  1. Penanaman Bawang Merah

    Penanaman Bawang Merah
    Penanaman Bawang Merah

Cara menanam bawang merah yang baik dan benar yaitu dengan membenamkan seluruh bagian umbinya kedalam tanah. Untuk jarak tanam antar umbi yaitu sekitar 20cm X 20cm, ini untuk kalian yang menanam di musim hujan. Jikalau kalian menanamnya pada musim kemarau, mka jarak tanamnya itu dibuat lebih rapat, kira-kira 15cm X 15cm. cara menanam bawang merah itu bertujuan supaya umbi bawang bisa tumbuh secara optimal.

  1. Penyiraman tanaman

    Penyiraman tanaman bawang merah
    Penyiraman tanaman bawang merah

Tahap selanjutnya adalah penyiraman bawang merah. Pada tanaman bawang merah yang berusia 0-10 hari, harus rutin dalam penyiramanya, setiap pagi dan sore. Baru, setelah umurnya lebih dari 10 hari, intensitas penyiraman dapat di kurangi, hingga cukup satu hari saja, yaitu pada sore hari saja, atau di pagi hari saja.

  1. Pemupukan Lanjutan

    Masa Panen Bawang Merah
    Masa Panen Bawang Merah

Langkah selanjutnya adalah melakukan pemupukan lanjutan. Hal ini di lakukan supaya ketersediaan unsur hara yang di butuhkan tanaman bawang merah agar tetap stabil. Pemupukan suuslan dapat di mulai saat tanaman menginjak umur 2 minggu, dengan dosis pupuk yaitu pupuk urea 90 kg, ZA 200 kg, dan pupuk KCI 110 kg, per satu hektar lahanya.

  1. Masa Panen Bawang Merah

Dan, tahap terakhir adalah masa panen bawang merah. Bawang merah yang sudah siap panen biasnaya 70% daunya itu sudah mulai rebah atau menunduk ke bawah. Atau, bisa juga dengan menghitung masa tanamnya. Ketika sudah usia 70 hari, maka bawang merah sudah siap di panen.

Wajib baca : Cara Mencangkok Tanaman Yang Baik dan Benar

Rata-rata hasil panen normal bawang merah untuk 1 hektar lahan itu, biasanya menghasilkan bawang merah sekitar 5-12 ton. Tergantung kondisi lahan, iklim, dan cuaca daerah itu sendiri. Setelah di panen, keringkanlah bawang merah di bawa sinar matahari selama 1-2 minggu. Ini bertujuan untuk mendapatkan bawang merah yang memiliki kadar air sekitar 80%, sesuai dengan permintaan pasar.

Nah, itulah informasi dari saya mengenai tips cara menanam bawang merah yang baik dan juga benar. Bagi anda yang masih penasaran, dan ingin tahu secara langsung, anda bisa langsung datang ke kotanya, yaitu kota brebes sebagai sentra kkota bawang terbesar yang ada di Indonesia. Sekian artikel dari saya, berilah saran ata komentar pada kolom yang ada di bawah. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Gravatar Image
Seorang pemuda yang ingin sukses di masa depan,suka mengetik, suka bermain di dunia internet, dan ingin menjadi seorang gamers.