wisata di olo

Tempat Wisata Di Solo

Posted on

Tempat wisata di solo ini banyak orang yng mengunjunginya, karena wisata ini lah yang terindah di kota solo, yang mana kota ini di sebut kota surakarta, kota ini merupkan salah satu kota yang ada di jawa tengah bagian selatan.  Dulu surakarta ialah sebuah karesidenan, dengan wilayah yang meliputi surakarta, boyolali, sukoharjo, sragen dan klaten.

Langsung saja kita tampilkan daftar tempat wisata di kota Solo yang sudah banyak orang yang mengunjunginya:

    1. Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat

Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat
Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat

Dahulu keraton ini merupakan bagian dari kerajaan mataram, namun karena permasalahan politis ini dengan belanda akhirnya itu kerajaan mataram ini akan di pecah menjadi 2 bagian yaitu kasunan Surakarta yang akan di pimpin oleh Pakubuwono III dan yang ke 2 yaitu Kasultanan Yogyakarta yang akan di pimpin oleh Pangeran Mangkubumi.

Di dalam keraton ini banyak lah peninggalan peninggalan kerajaan kerajaan sebelumnya itu. Pengunjung ini bisa dapat melihat berbagai jenis koleksi di dalam istana. Selain itu di keraton iini juga sering kali di selenggarakan upacara adat pada hari hari yang telah di tentukan, contohnya itu adalah maulid nabi dan arak kebo kyai slamet saat pada malam ke 1 suro.

  1. musium Radya Pustaka

musium Radya Pustaka
musium Radya Pustaka

Musium ini terdapat di dekat komplek Taman Sriwedari Solo. Musium ini ialah salah satu musium yang paling tertua di indonesia. Dari musium ini banyak lah peningalan peninggalan benda yang berhubungan dengan kota solo dan peninggalan keraton mataram.

Salah satu penyimpanan yang sangat lah terkenal adalh penyimpanan yang berupa porselen yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaperte kepada Sri Susuhunan Paku Buwono. Namun sayang nya itu musium ini pernah sekali mengalami certa yang paling buruk yaitu berupa pencurian benda benda peninggalan yang di lakukan oleh keluarga Kerajaan Surakarta.

Kemudian kasus ini telah di aman kan oleh polisi. Hal ini menunjukan betapa kurangnya kita menghargai sejarah negeri kita ini. Seharusnya itu kita selalu menjaga barang barang peninggalan peninggalan sejarah yang ada saat ini agar kita selalu mengenang sejarah bangsa kita sendiri.

  1. musium Batik Danar Hadi Solo

musium Batik Danar Hadi Solo
musium Batik Danar Hadi Solo

Jika kalian semua dari luar kota dan sedangkan kalian mau berkunjung untuk wisata ke kota solo ini akan menampakannya kurang lengkap apabila kalian semua belum membeli batik Danar Hadi sebagai oleh oleh kalian.

Danar Hadi ini juga membuat sebuah musium tentang batik ini yaitu musium batik Danar Hadi. Di musium ini pengunjung bisa dapat melihat koleksi koleksi mpotif batik berbagai macam macam batik dari seluruh nusantara yang ada.

  1. istana Pura Mangkunegaran

istana Pura Mangkunegaran
istana Pura Mangkunegaran

Setelah kerajaan mataram di pecah oleh para belanda itu akan menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta, ternya itu krisis sekali yang di hadapi kerajaan Mataran ini belum berakhir.

Setelah 2 tahun di jajah Kesultanan Surakarta ini di pecah juga menjadi 2 yaitU Ke sunanan Surakarta dan Mangkunegaran. Pemecahan ini bisa melalui perjanjian salatiga pada tahun 1755.

Yang mana saat ini pura Mangkunegaran itu bisa dapat di kunjungi oleh para wisatawan yang mau melihat koleksi koleksi peninggalan peninggalan zaman dahulu, khususnya ini berupa benda benda sejarah yang berhubungan dengan kerajaan kerajaan Mangkunegaran.

Selain  itu Pura Mangkunegaran ini bisa di jadikan tempat upacara adat dan tarian Beksan. Wisata sejarah ini menjadi salah satu tempat daya tarik bagi para wisatawan karena musium ini memiliki bangunan bangunan yang sangat lah unik.

Sekian informasi dari kami yang mengenai tentang wisata dari solo ada kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya, sekian dan terima kasih.